6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bisa Dicoba di Rumah

0
6

Penulis: Sabrina | Editor: Agnes

Bekas luka terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan alami setelah cedera. Ketika lapisan kedua kulit mengalami kerusakan, tubuh akan membentuk serat kolagen untuk menutup luka. 

Ada banyak penyebab munculnya bekas luka, mulai dari terjatuh, tergores, terkena benda tajam, mengalami sakit kulit, hingga iritasi. Sayangnya, bekas luka ini dapat mengganggu penampilan, Ladies.

Namun tidak perlu khawatir karena kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu memudarkan bekas luka. Lantas, apa sajakah bahan-bahan alami untuk menghilangkan bekas luka tersebut? So, keep scrolling, Ladies!

1. Minyak Atsiri

Cara-Menghilangkan-Bekas-Luka-Secara-Alami

Minyak atsiri adalah kumpulan minyak esensial yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Minyak ini mengandung vitamin dan anti-inflamasi yang baik untuk menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Dengan kulit yang ternutrisi, membuat pertumbuhan sel-sel kulit lebih sehat sehingga dapat membantu memudarkan bekas luka.

Nah, Ladies dapat menghilangkan menggunakan salah satu atau beberapa jenis minyak atsiri tergantung pada jenis luka yang dialami. Untuk penggunaannya, kamu dapat mencampur minyak alpukat (avocado oil) dengan minyak mawar (rose oil) dengan perbandingan 1:1.

Setelah tercapur, kamu dapat mengoleskan minyak tersebut pada bekas luka. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya, Ladies.

2. Shea Butter

Cara-Menghilangkan-Bekas-Luka-Secara-Alami

Bahan alami untuk menghilangkan bekas selanjutnya adalah shea butter. Kandungan asam lemak alami dan vitamin membuat shea butter efektif melembutkan, menutrisi, hingga melembapkan kulit. Shea butter juga memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

Ladies cukup oleskan shea butter setiap hari ke area kulit yang ada bekas lukanya. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya setiap hari. Kombinasikan juga dengan penggunaan body sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, Ladies. 

3. Bubuk Kunyit

Cara-Menghilangkan-Bekas-Luka-Secara-Alami

Kunyit sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat. Ini karena kunyit mengandung zat curcumin, yaitu senyawa anti-inflamasi yang membantu mengurangi produksi melanin berlebih yang membuat bekas luka jadi lebih gelap.

Selain mempercepat penyembuhan, menggunakan bubuk kunyit dapat mengahluskan kulit, membgangat sel kulit, mati adn menutrisi kulit. Untuk menggunakannya, Ladies cukup campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan 1 sendok makan madu murni. Oleskan pada bekas luka dan diamkan selama sekitar 20 menit. Bilas secara menyeluruh dengan air dingin.

4. Lidah Buaya

Cara-Menghilangkan-Bekas-Luka-Secara-Alami

Rekomendasi bahan alami untuk menghilangkan bekas luka lainnya adalah lidah buaya. Bahan alami ini mengandung anti-mikroba dan kaya akan vitamin. Tidak hanya itu, lidah buaya mengandung anti-inflamasi yang membantu meirngankan iritasi kulit.

Untuk cara menggunakan lidah buaya kamu dapat membelah lidah buaya, ambil bagian dagingnya yang berbentuk gel lalu haluskan. Kemudian oleskan pada bekas luka dan diamkan seitar 20 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air hingga bersih. Gunakan ramuan ini secara rutin ya, Ladies. 

5. Minyak Kelapa

Cara-Menghilangkan-Bekas-Luka-Secara-Alami

Studi menemukan bahwa minyak kelapa efektif membantu mencegah dan mengobati ruam, seperti dermatitis atopik. Penelitian lain tentang minyak kelapa juga menemukan bahwa minyak memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Khasiat tersebut berkat asam lemak omega yang terkandung dalam minyak kelapa murni. Selain itu, minyak kelapa ini juga dapat melembapkan dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Cara menggunakannya pun mudah yaitu dengan mengoleskannya pada bekas luka secara ruitn. 

6. Putih Telur

Cara-Menghilangkan-Bekas-Luka-Secara-Alami

Protein dalam putih telur membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Selain itu, putih telur juga diklaim dapat mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti jerawat, jaringan parut, flek hitam, kulit kering, kulit berminyak, dan tanda-tanda penuaan.

Untuk menggunakannya, kamu prlu mengompres kulit yang terdapat bekas luka. Setelah itu, oleskan putih telur lalu diamkan selama 30 menit. Jika sudah kering bilas dengan air mengalir.

Itu tadi cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami dari rumah. Ladies tinggal pilih saja bahan yang paling mudah didapatkan. Untuk hasil maksimal, penggunaan bahan-bahan tersebut harus dilakukan secara rutin.

Baca Juga:

Ampuh Banget! Ini 4 Body Lotion untuk Menghilangkan Bekas Luka

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Propolis bagi Kesehatan dan Kecantikan!

7 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Atasi Jerawat!