6 Cara Menghemat Kuota Internet Biar Lebih Awet, Yuk Dicoba!

0
108

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Lagi butuh internetan, eh kuota internet atau kuota paket data malah abis. Pernah mengalami hal serupa, Ladies? 

Kuota internet adalah salah satu hal vital yang paling sering kita gunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Agar penggunaannya tidak boros dan menguras kantong, yuk lakukan cara menghemat kuota internet biar lebih awet ini.

1. Batasi Penggunaan Paket Data

Hp jaman sekarang sudah serba canggih dan memudahkan kita buat menghemat daya baterai dan kuota internet. Apalagi untuk hp Android, bisa langsung buka menu Settings, pilih Data usage, klik Cellular data, lalu ketuk Set cellular data limit untuk mulai mengaktifkan pembatasan kuota.

2. Hentikan Aplikasi yang Bergulir di Background

cara menghemat kuota internet

Tahukah kamu jika dengan hanya menutup aplikasi, ternyata aplikasi itu masih berjalan di background? Sebenarnya, hal ini membantu kita untuk mengakses kembali aplikasi itu lebih cepat serta mendapatkan notifikasi secara real-time. Tapi sayangnya, makan kuota internet banget.

Untuk menghentikan aplikasi tetap berjalan di background, pergi ke Settings, pilih Data usage, lalu klik di aplikasi yang mau kamu restrict. Setelah itu, klik Restrict app background data. Beres, deh.

3. Ubah Mode Maps ke Offline

Siapa sih yang enggak bergantung sama maps? Ada banyak aplikasi penunjuk jalan yang bisa digunakan, seperti Waze, Maps bawaan dari iPhone, maupun Google Maps. Untuk pengguna Google Maps, ada kabar baiknya nih, maps bisa diubah ke mode offline!

Bagi pengguna Android, caranya adalah klik Search Bar di aplikasi Google Maps. Scroll ke bawah sampai ketemu Save map to use offline. Sedangkan pengguna iOS, langkahnya lebih simpel, yaitu aktifkan flight mode, maka maps akan otomatis berubah jadi offline.

4. Pilih Browser yang Lebih Hemat Daya

Memilih browser untuk browsing juga harus pilih-pilih. Ini karena browser bawaan biasanya lebih banyak menyedot kuota internet.

Tenang, jangan khawatir. Ada Opera Mini, browser yang terkenal menghemat kuota karena mampu mengompres website yang kita kunjungi. Opera Mini juga punya fitur data-saving video boost yang memaksimalkan kualitas gambar tanpa menguras kuota internet berlebihan.

5. Matikan Fitur Auto Download atau Auto Update

Tanpa disadari, banyak aplikasi di hp kita yang secara otomatis mengaktifkan fitur auto download untuk setiap pembaruan. Kita bisa menonaktifkannya dengan cara masuk ke Play Store dan pilih menu Settings, lalu klik Auto-update apps, dan pilih Auto-update apps over WiFi Only.

6. Matikan Data saat Tidak Digunakan

Saat kita tidur atau beristirahat, ada baiknya untuk mematikan paket data agar menghemat kuota internet. Jika sedang berada di tempat yang menyediakan WiFi, matikan data atau aktifkan flight mode dan nyalakan WiFi.

Untuk menghemat kuota memang harus dilakukan sepenuh hati agar penghematannya lebih terasa. Oleh karena itu, lakukan cara menghemat kuota internet biar lebih awet ini dengan baik ya, Ladies.

Baca Juga:

Ini Dia Penyebab Jaringan 4G Lemot dan Cara Mengatasinya

Cocok Buat Hiburan! Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Karaoke Terbaik

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik dengan Budget Terjangkau