6 Cara Efektif Menghilangkan Kutu Beras, Wajib Banget Dicoba!

0
30

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Kutu beras membuat kualitas beras berkurang sehingga tidak lezat lagi. Kutu ini umumnya bersarang pada beras yang sudah disimpan dalam kurun waktu yang lama. Kutu beras berasal dari sebuk halus yang biasa dikenal sebagai tepung beras.

Tepung itulah yang akan melahirkan telur kumbang beras yang berkembang menjadi kutu. Jika kutu beras bersarang dalam beras, sebaiknya kita coba mencari cara menghilangkan hama tersebut. 

Nah, kali ini Ladies Corner akan membahas beberapa cara menghilangkan kutu beras. So, langsung aja simak sampai habis, Ladies.

1. Menggunakan Daun Salam

Cara-Menghilangkan-Kutu-Beras

Untuk menghilangkan kutu beras secara alami, kita bisa menggunakan daun salam. Dain ini memiliki aroma kuat yang tidak disukai kutu. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu meletakkan beberapa lembar daun salam kering ke dalam tempat penyimpan beras. Kutu beras pun akan sirna, Ladies.

2. Menggunakan Cabai Merah Kering

Cara-Menghilangkan-Kutu-Beras

Cara paling mudah dan efektif berikutnya yaitu menggunakan cabai merah kering yang bisa mengusir hama tersebut. Pertama, kita hanya perlu memasukkan beberapa cabai merah kering di tempat penyimpanan beras. Selanjutnya tunggu hingga semalaman sampai kutu benar-benar hilang.

3. Menggunakan Bawang Putih

Cara-Menghilangkan-Kutu-Beras

Selain daun salam dan cabai merah kering, bawang putih juga bisa dijadikan senjata ampuh untuk mengusir kutu beras. Namun, banyak orang menganggap bahwa cara ini cukup berisiko.

Hal ini lantaran bawang putih mampu merubah rasa dan tekstur beras. Tapi, jika Ladies ingin mencoba cara ini, kita perlu meletakkan beberapa irisan bawang putih di atas permukaan beras.

4. Menggunakan Daun Jeruk Nipis

Cara-Menghilangkan-Kutu-Beras

Selanjutnya, Ladies dapat mengusir kutu beras menggunakan daun jeruk nipis. Hal ini karena aroma jeruk nipis tidak disukai kutu beras. Caranya, kita hanya perlu meletakkan daun jeruk nipis pada tempat penyimpanan beras dan tunggu beberapa jam sampai kutu benar-benar pergi.

5. Menggunakan Kayu Manis 

Cara-Menghilangkan-Kutu-Beras

Kayu manis memiliki aroma yang khas sehingga dinilai dapat membantu menghilangkan kutu beras yang mengganggu. Kita hanya perlu mengambil beberapa kulit kayu manis, lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras dan biarkan beberapa jam hingga kutu benar-benar keluar. 

6. Menjemur di bawah Sinar Matahari

Cara-Menghilangkan-Kutu-Beras

Cara terakhir menghilangkan kutu adalah dengan menjemur beras di bawah sinar matahari. Kutu beras merupakan hama yang anti dengan suhu panas, sehingga kutu akan menghindari paparan cahaya matahari.

Kita hanya perlu meletakkan beras di wadah terbuka dan menjemurnya selama beberapa jam. Setelah kutu hilang, simpan beras di dalam wadah tertutup ya, Ladies.

Itulah enam cara efektif menghilangkan kutu beras. So, langsung saja dicoba di rumah, Ladies.

Baca Juga:

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Wajib Kamu Coba 

Kenali Jenis dan Cara Menghilangkan Komedo yang Efektif

6 Cara Menghemat Kuota Internet Biar Lebih Awet, Yuk Dicoba!