5 Wisata Alam Temanggung, Hilangkan Penat dengan Suasana Asri

0
141

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Temanggung memiliki letak geografis yang strategis sebagai wisata alam. Panoramanya yang asri, sejuk, dan mempesona membuat kota ini dikenal sebagai salah satu daerah rujukan bagi para wisatawan lokal bahkan hingga mancanegara.

Daya tarik Temanggung menjadi pilihan yang tempat untuk kita menghabiskan waktu liburan bersama teman, keluarga, dan pasangan. Jika ingin menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari, berikut 5 rekomendasi wisata yang tempat untuk dikunjungi:

1. Embung Kledung

Objek wisata ini dibangun sebagai niatan untuk menjaga persediaan air untuk sektor perkebunan dan pertanian. Embung Kledung berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Parakan, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Setelah selesai dibangun, kawasan ini ternyata memiliki potensi keindahan alam yang cocok sebagai salah satu objek wisata. Daerah dengan luas 83 meter itu menjadi spot paling nyaman bagi warga sekitar menikmati waktu bersama keluarga hanya dengan membayar Rp 5.000 saja, Ladies.

2. Wisata Alam Posong

Selanjutnya, wisata Alam Posong juga bisa dijadikan salah satu destinasi untuk menenangkan pikiran kita, loh. Tempat ini menyajikan keindahan tujuh gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Sindoro, Telomulyo, Merapi, Muria, Ungaran, dan Sumbing. Kita hanya perlu membayar tiket Rp 20.000 saja.

Menurut legenda, daerah ini sebagai pos Pangeran Diponegoro untuk mengelabuhi tentara Belanda di saat jaman penjajahan. Kini keindahan alamnya tampak jelas di ketinggian 2.000 mdpl. Tak heran, jika daerah ini menjadi wisata paling hits sebab keindahannya tak terkalahkan.

3. Hutan Pinus Sigrowong

Menikmati keindahan pemandangan dari pohon pinus yang asri dan aroma khas yang menyegarkan pikiran menjadi pesona dari Hutan Pinus Sigrowong. Selain itu, ada pula Gua disekitar daerah ini yang memiliki kedalaman sekitar 7 meter. Tempat ini berada di Kandangan Rowo Seneng, Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. 

Konon gua tersebut kerap kali menjadi tempat persembunyian saat agresi militer Belanda sedang berlangsung. Daya pikat lainnya dari Hutan Pinus Sigrowong yaitu dilengkapi dengan arena trek affroad yang beberapa kali dijadikan vanue untuk acaara nasional.

4. Gunung Kendil

Untuk mengobati rasa letih, Gunung Kendil menjadi pilihan paling tepat untuk melakukan pendakian bagi para pemula. Hal ini karena gunung ini memiliki jalur yang tak terlalu tinggi dan mudah dijangkau.

Meski demikian, panorama Gunung Kendil menjadi spot paling favorit untuk melakukan aktivitas lainnya seperti camping. Untuk harga tiket masuk, kita hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang dan tempat ini selalu buka selama 24 jam setiap harinya.

5. Curug Lawe

Tempat wisata yang bisa kita kunjungi berikutnya yaitu Curug Lawe. Objek wisata air terjun ini cukup populer sebab berada di daerah strategis yaitu di kawasan hutan lindung Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung. Kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 aja, loh.

Dengan budget yang ekonomis, kita bisa menikmati keindahan air terjun yang tampak jatuh bagaikan benang-benang putih. Selain itu, suasananya yang menyejukkan membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama. Lokasi wisata ini berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. 

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata alam Temanggung yang paling hits. Tentunya masih banyak lagi tempat wisata tersembunyi lainnya yang memukau para pengunjung untuk terus mendatanginnya. Jika memiliki waktu luang, sebaiknya kita habiskan momen liburan di wilayah ini saja.

Baca Juga:

10 Daerah Wisata Majalengka, Dijamin Pemandangan Keren dan Mempesona

Yuk Intip 9 Negara Islam yang Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia

Mau Traveling? Inilah 10 Destinasi Wisata Indonesia Seindah Bali