5 Tips Menjadi Istri Saleh, Auto Disayang Suami Tercinta

0
2

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Membangun bahtera rumah tangga membutuhkan keseimbangan dari kedua belah pihak, baik itu suami dan istri. Kedua pasangan harus memiliki sifat yang mengayomi dan menjalankan kaidah agama dan sosial.

Bagi istri, mencapai titik puncak kesalehan adalah cara menciptakan rumah tangga yang harmonis dan ideal. Namun, menjadi saleh tentu butuh pembelajaran dan tidak bisa dilakukan dalam waktu satu malam.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips menjadi istri saleh yang bisa dipelajari. Dengan  begitu akan tercipta rumah tangga yang ideal dan harmonis. 

1. Menghormati Suami

Tips-Menjadi-Istri-Saleh

Tips menjadi istri pertama yang harus dilakukan setiap istri adalah menghormati suaminya. Ketahuilah bahwa suami merupakan sosok imam atau kepala keluarga dalam rumah tangga yang akan menuntun dan membimbing istri dan anak-anak. Menghormati suami bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • menghormati keputusan yang diambil oleh suami
  • menghargai perbedaan pendapat
  • mendengarkan keluh kesah suami
  • mensyukuri pendapatan suami
  • membantu pekerjaan suami
  • membangun keterbukaan dengan suami melalui komunikasi yang baik.

2. Melayani Suami

Tips-Menjadi-Istri-Saleh

Tips menjadi istri baik yang kedua adalah melayani suami. Hal ini berarti istri perlu memberikan pelayanan terbaik bagi suami yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  • membersihkan rumah dengan rapih
  • menjaga dan merawat anak bersama dengan suami 
  • memenuhi kebutuhan biologis dengan berhubungan intim
  • bersenang-senang dengan suami seperti melakukan liburan
  • berbicara dengan lemah lembut penuh kesopanan

3. Menjaga Rahasia

tips-menjadi-istri-saleh

Suami juga adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi istri agar menutup aib suami.

Jika terjadi konflik dalam rumah tangga, sebaiknya diselesaikan dengan komunikasi dan disimpan berdua saja. Jangan sampai istri tidak menjaga omongan kepada saudara, orang tua, hingga tetangga tentang permasalahan rumah tangga. Lagipula, urusan rumah tangga adalah ranah privasi yang kurang pantas jika dibicarakan dengan orang lain.

4. Menutup Aurat

Tips-Menjadi-Istri-Saleh

Tips menjadi istri saleh selanjutnya adalah menutup aurat. Dalam agama Islam, salah satu ajaran agar bisa menjadi istri saleh adalah menutup aurat. Sejatinya aurat istri hanya boleh dilihat oleh suami. Apalagi saat sedang keluar rumah, tutuplah aurat dengan baik supaya jalan menuju kesalehan terbuka dengan baik.

5. Menjauhi Laki-Laki Lain

Tips-Menjadi-Istri-Saleh

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, istri yang saleh sebaiknya menjaga jarak dengan laki-laki lain yang bukan muhrimnya. Jangan sampai istri berdua dengan lelaki yang bukan muhrim di tempat umum maupun di tempat sepi. Hukum ini tercantum dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Tidaklah seorang wanita itu berkhalwat dengan seorang laki-laki, kecuali setan menjadi pihak ketiganya,” (HR. Ahmad).

Nah, itu beberapa tips menjadi istri saleh yang bisa kamu pelajari dan amalkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantumu dalam membangun mahligai rumah tangga yang harmonis ya, Ladies.

Baca Juga:

5 Kewajiban Suami Terhadap Istri yang Harus Dipenuhi, Wajib Tahu

Kumpulan Ucapan Pernikahan Simple untuk Pengantin Baru 

Ladies Wajib Tahu, Ini 7 Posisi Seks Kamasutra yang Disukai Pria