5 Tarian Tradisional Jawa Timur dengan Ciri Khasnya, Unik Banget

0
93

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan seni dan budaya. Mulai dari pakaian adat, rumah adat, hingga tarian tradisional khas Jawa Timur masih bisa kita lihat hingga saat ini.

Bahkan keunikan budaya Jawa Timur terkenal hingga mancanegara, khususnya tarian tradisional Jawa Timur. Lalu apa saja tarian tradisional khas daerah ini? Berikut penjelasannya, Ladies!

1. Tari Reog Ponorogo

tarian-tradisional-jawa-timur

Tarian Reog Ponorogo memiliki popularitas yang tinggi di kalangan masyarakat lokal maupun internasional. Tarian ini masih kental dengan hal-hal mistis dan kerap dipentaskan dalam berbagai upacara adat atau acara pernikahan. 

Ada dua hingga tiga tarian yang biasa ditampilkan dan penari utamanya memakaintopeng berkepala singa. Uniknya, topeng tersebut memiliki berat hingga 60 kilogram. Tak heran, jika tarian ini begitu mempesona bagi banyak orang.

2. Tari Gandrung

tarian-tradisional-jawa-timur

Tarian Gandrung berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Zaman dahulu, tarian ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat usai masa panen datang.

Pertunjukan ini diiringi dengan musik khas yang merupakan perpaduan antara budaya Bali dan Jawa. Biasanya tarian ini juga sering ditampilkan dalam acara khitanan, tujuh belasan, acara resmi, perkawinan, dan pethik laut. 

3. Tari Remo 

tarian-tradisional-jawa-timur

Selanjutnya, Jawa Timur juga memiliki tarian bernama Tari Remo yang pertama kali diciptakan oleh seniman jalanan asal Jombang. Tarian ini memainkan gerakan kaki dengan menghentak dan tatapan mata tajam. 

Biasanya tarian ini dilakukan untuk menyambut tamu dalam acara formal maupun non formal. Tarian ini memiliki menggambarkan seorang pangeran yang kuat serta gagah perkasa. 

4. Tarian Wayang Topeng 

tarian-tradisional-jawa-timur

Selanjutnya adalah Tari Wayang Topeng yang termasuk tarian tertua dan bersejarah. Tarian ini sudah ada di tanah Jawa Timur sejak abad ke-8 Masehi. Seni ini termasuk dalam daftar warisan budaya yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Dalam penyajiannya, para penari biasanya membawakan lakon-lakon panji. 

Pembukaan dalam tarian ini juga menyajikan Tari Beskalan Lanang (Topeng Bangtih). Selanjutnya ada Jejer Jawa, saat Perang Gagal, Adengan pada Gunungsari-Patrajaya, Jejer Sabrang, kisah Perang Brubuh, dan Bubaran yang ditampikan secara berturut-turut.

5. Tari Muang Sangkal

tarian-tradisional-jawa-timur

Tari tradisional Jawa Timur selanjutnya adalah Tari Muang Sangkal yang berasal dari daerah Sumenep, Madura. Tarian ini pertama kali diciptakan oleh Bapak Taufikurrachman pada tahun 1972 dan menjadi ikon kota ini hingga sekarang. Bahkan tarian ini sering tampil di kancah internasional, loh.

Muang Sangkal merupakan istilah dari gabungan dua kata dalam bahasa Madura yaitu muang yang berarti ‘membuang’ dan sangkal yaitu ‘kesialan.’ Sehingga Tari Muang Sangkal berfungsi untuk mengusir malapetaka dan membuang sial. 

Ladies, itulah lima tarian khas Jawa Timur yang unik dan terkenal hingga kancah internasional. Semoga informasi ini dapat menambah rasa cinta kita kepada budaya dan melestarikannya agar tidak punah.

Baca Juga:

6 Jenis Tari Tradisional Aceh dan Fakta Menarik Dibalik Ceritanya

Intip Indahnya 5 Rumah Adat Sumatera Utara Berikut Ini Yuk!

5 Ciri Khas dan Filosofi Pakaian Adat Betawi, Unik dan Penuh Warna