5 Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Alami, Ampuh Redakan Nyeri

0
130

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Kalau sedang sakit gusi dan gigi, rasanya tuh menderita banget ya, Ladies. Saking nyerinya, rasa sakitnya bahkan bisa membuat aktivitas kita terhambat. Oleh sebab itu, rasa tidak nyaman akibat sakit gusi dan gigi harus segera ditangani sebelum makin memburuk.

Nah, untuk meredakan gusi bengkak dan sakit gigi, kita bisa menggunakan bahan alami, loh. Berikut ini rekomendasi obat alami untuk atasi gusi bengkak dan sakit gigi. 

1. Air Garam

Air garam dipercaya efektif sebagai pertolongan pertama bagi sakit gigi. Air garam adalah disinfektan alami yang efektif menyembuhkan luka-luka di mulut, termasuk peradangan. Itu sebabnya orang tua zaman dahulu kerap berkumur dengan air garam saat sakit gigi.

Untuk menggunakannya, sediakan satu gelas air hangat dan campurkan dengan satu setengah sendok garam ke dalamnya. Berkumurlah sekali hingga dua kali sehari untuk penyembuhan. Namun, jika rasa nyeri tak kunjung berkurang, segeralah periksa ke dokter ya.

2. Bawang Putih

Selain air garam, bawang putih juga obat alternatif alami untuk sakit gusi dan gigi. Bawang putih mengandung allicin yang berperan sebagai antibakteri dan antimikroba. Dua bahan ini ampuh membunuh berbagai mikroorganisme penyebab sakit gigi.

Kita dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung atau meletakkannya di area gigi atau gusi yang sakit. Jika tidak suka dengan bau dan rasanya, kita bisa menghaluskan bawang putih terlebih dahulu. Baru setelah itu kita tempelkan di gigi yang sakit.

3. Ibuprofen

Ibuprofen termasuk jenis obat NSAD (obat antiinflamasi nonsteroid) yang dapat kita minum ketika sakit gusi ataupun gigi. Obat ini tidak boleh dikonsumsi saat lambung kosong ya, Ladies. Jadi pastikan kita sudah makan sebelum meminumnya.

Dilansir dari HelloSehat, obat ini diyakini mampu mengatasi peradangan pada sakit gigi. Sebagaimana obat lainnya, ibuprofen pastinya punya efek samping bagi penggunanya. Pastikan kita membaca dosis yang dianjurkan terlebih dahulu dan konsultasikan ke dokter ketika tak kunjung sembuh. 

4. Paracetamol

Selama ini paracetamol dikenal sebagai obat penurun demam. Namun ternyata obat ini juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi dan gusi bengkak, loh. Menurut studi dari Annals of Maxillofacial Surgery, paracetamol membantu meredakan nyeri pada gusi dan gigi, terlebih setelah cabut gigi.

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat produksi prostaglandin sehingga dapat menghentikan nyeri. Beberapa gejala yang menyertai sakit gigi seperti demam dan pusing juga dapat diredakan lewat paracetamol.

5. Naproxen

Jenis obat ini sudah lama dikenal sebagai pereda nyeri, termasuk akibat sakit gigi dan gusi. Namun, ada beberapa efek samping dari obat ini yang mesti kita tahu. Antara lain sakit perut, diare, mulas, perut kembung, dan lain-lain.

Kalau Ladies punya riwayat penyakit ginjal atau hati, sebaiknya bicarakan ke dokter dulu sebelum mengonsumsi obat ini. Ketika rasa sakit tak berkurang atau  bertambah parah, segera hentikan penggunaan obat ini.

Jika rasa nyeri akibat sakit gigi atau gusi tak kunjung berkurang, sebaiknya konsultasikan segera ke dokter ya, Ladies. Penanganan yang tepat dari dokter dapat membantu gigi kita terjaga lebih sehat.

Baca Juga:

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

Wajah Bersih Mulus, Ini 8 Rekomendasi Obat Jerawat Terampuh

7 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik, Dijamin Aman dan Sehat!