5 Penyebab Telapak Tangan Sering Gatal, Wajib Tahu!

0
38

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, pernahkah merasa telapak tangan terasa gatal meski sudah digaruk? Kondisi gatal pada area tersebut sebenarnya umum dirasakan siapa pun. Namun, ternyata kita perlu waspada jika rasa gatal tersebut berlangsung terus-menerus.

Kondisi telapak tangan yang gatal disertai sensasi panas dapat menandakan gejala penyakit tertentu, Ladies. Nah, kali ini Ladies Corner akan membahas mengenai penyebab telapak tangan gatal yang perlu Ladies tahu. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Alergi

penyebab-telapak-tangan-gatal

Bagi orang yang menderita alergi, telapak tangan dapat mudah terasa gatal jika terpapar zat tertentu. Penyebab alergi ini juga bermacam-macam, mulai dari debu, disinfektan, sabun, logam, dan lain-lain. Semakin banyak terkena bahan iritan, risiko telapak tangan menjadi panas pun kian tinggi.

Agar rasa gatal berkurang, dokter biasanya memberikan krim dengan kandungan menthol antihistamin. Bagi Ladies yang menderita alergi juga perlu menghindari penyebab alergi agar telapak tangan tidak gatal.

2. Diabetes

penyebab-telapak-tangan-gatal

Ladies, telapak tangan gatal tidak selalu berhubungan dengan penyakit kulit. Kondisi ini juga bisa menandakan gejala diabetes, loh. Umumnya, penderita diabetes sering merasakan gatal di area telapak tangan dan kaki.

Gejala gatal ini menandakan terjadinya komplikasi hati atau kerusakan pada saraf pada penderita diabetes. Guna mengurangi rasa gatal ini, penderita diabetes harus menjaga kestabilan gula darah. Selain itu, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat agar gula darah tidak mudah naik.

3. Eksim

penyebab-telapak-tangan-gatal

Penyebab telapak tangan gatal selanjutnya adalah eksim. Kondisi ini ditandai munculnya  kemerahan pada kulit, gatal, sekaligus pecah-pecah. Tenang saja Ladies, eksim bukanlah penyakit menular. Kunci mengurangi gejala eksim adalah dengan menjaga kebersihan tangan.

Agar telapak tangan tidak gatal, penderita eksim diwajibkan menghindari faktor pemicunya. Salah satunya dengan memakai sarung tangan atau rajin mencuci tangan agar kuman tidak menempel. Jangan lupa untuk mengeringkan telapak tangan menggunakan tisu atau handuk steril. Selain itu, jaga kelembapan kulit dengan krim anti gatal dari dokter.

4. Psoriasis

penyebab-telapak-tangan-gatal

Psoriasis merupakan jenis penyakit autoimun yang ditandai munculnya peradangan pada bagian tubuh, seperti telapak tangan dan kaki. Jaringan kulit dapat tumbuh dengan terlalu cepat, bahkan menyebabkan lapisan kulit lama menumpuk di permukaan kulit.

Gejala umum dari psoriasis adalah munculnya gatal-gatal di telapak tangan. Tak hanya itu, biasanya terdapat benjolan kecil berisi air yang berpotensi mudah pecah. Agar tidak semakin parah, penderita psoriasis disarankan berkonsultasi ke dokter kulit.

5. Gangguan Saraf

penyebab-telapak-tangan-gatal

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah salah satu gangguan saraf yang dapat menyebabkan gatal di telapak tangan. Kondisi ini biasanya semakin parah saat malam hari. Tak cuma gatal, CTS juga rentan membuat kulit menjadi nyeri hingga mati rasa.

Supaya gejalanya tidak bertambah parah, penderita CTS harus mengurangi frekuensi aktivitas menggunakan tangan. Jika kondisinya cukup parah, dokter biasanya melakukan pembedahan agar tekanan pada saraf dapat dikurangi.

Itulah penjelasan mengenai lima penyebab telapak tangan sering gatal. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter saat telapak tangan terus terasa gatal ya, Ladies. Siapa tahu Ladies butuh penanganan lebih lanjut agar segera teratasi.

Baca Juga:

Keputihan Organ Intim: Ketahui Penyebab, Ciri-ciri, dan Mengatasinya

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Benar, Cukup di Rumah Aja!

Mengenal Fungsi dan Cara Merawat Daun Telinga yang Benar