5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

0
54

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes

Apakah Ladies memelihara kucing di rumah? Sebagai pemilik kucing, pasti Ladies senang saat melihat anabul makan dengan lahap. Tubuhnya pasti lebih sehat dan gerakannya makin lincah.

Namun, ada kalanya kucing tidak mau makan sama sekali. Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa kehilangan nafsu makan. Agar Ladies tak risau lagi, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

penyebab-dan-cara-mengatasi-kucing-tidak-mau-makan

Sama seperti mansuia, kucing juga bisa sakit, Ladies. Bahkan hal ini bisa menurunkan nafsu makan anabul yang akan membahayakan jika dibiarkan. Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu mencari tahu apa saja penyebab kucing tidak mau makan. Dengan begitu, kita bisa mengobati anabul sesuai dengan faktor penyebabnya.

1. Tidak Suka Makanannya

Seperti manusia, kucing juga punya selera dalam memilih makanan. Ada kucing yang doyan sama makanan kering, ada juga yang hanya suka pada makanan basah kalengan. Selain itu, kucing juga bisa bosan pada makanan yang diberikan. Kalau seperti itu, biasanya mereka bosan pada tekstur, bentuk, atau rasanya.

2. Sakit

Nafsu makan kucing yang menurun bisa disebabkan oleh penyakit yang dideritanya. Salah satu penyakit yang membuatnya enggan makan adalah gangguan pernapasan. Hal ini karena ia tidak bisa mencium aroma makanannya, sehingga ia jadi kurang tertarik dan taidak ingin memakan.

3. Masalah Kesehatan Mental

Seperti manusia, kucing juga punya kesehatan mental yang patut dijaga oleh pemiliknya. Salah satu masalah kesehatan mental yang dialami kucing adalah stres. Hal itu biasanya terjadi saat anabul dipindahkan ke lingkungan baru, diajak pergi dengan jarak jauh, dan perubahan rutinitas. Akibatnya, nafsu makannya pun jadi menurun.

4. Proses Penyembuhan

Pasca sakit, kucing butuh waktu untuk memulihkan diri. al inilah yang membuat nafsu makannya belum kembali seperti sedia kala, sehingga kucing akan lebih mementingkan istirahat dibandingkan makan. Selain itu, mereka mungkin masih merasa lemas untuk makan sendiri.

5. Pasca Vaksinasi

Salah satu efek samping vaksinasi pada kucing adalah menurunkan nafsu makan. Hal ini merupakan reaksi negatif kucing terhadap suntikan. Meskipun begitu, kehilangan nafsu makan pasca vaksinasi hanya berlangsung sementara. Setelah itu, nafsu makannya akan kembali seperti semula. 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

penyebab-dan-cara-mengatasi-kucing-tidak-mau-makan

Nafsu makan yang menurun bisa memengaruhi kesehatan anabul kita, Ladies. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan utnuk mengembalikan nafsu makan anabul kesayangan. 

1. Beri Variasi Makanan

Jika kucing tidak mau makan karena tidak suka dengan makanannya, Ladies bisa memberikan variasi makanan padanya. Kalau biasanya kucing makan makanan kering, cobalah untuk memberikan makanan basah. Dengan begitu, perlahan nafsu makannya akan meningkat.

2. Bantu Si Kucing Makan

Jika kucing enggan makan karena lemas, Ladies bisa membantunya makan agar ia tetap mendapatkan asupan nutrisi. Cobalah untuk menyuapkan makanan menggunakan sendok atau suntikan tanpa jarum (spuit). Selain itu, Ladies juga bisa mengusapkan makanan di dekat bibirnya agar ia menjilatinya sendiri.

3. Jangan Mencampur Obat pada Makanannya

Saat si kucing sakit, salah satu cara untuk mengobatinya adalah mencampurkan obat pada makanannya. Namun, jangan lakukan cara tersebut saat kucing juga kehilangan nafsu makannya. Pasalnya, aroma dan rasa obat yang pahit bisa membuat mereka tidak mau makan.

4. Berikan Vitamin

Agar kucing mau makan lagi, Ladies bisa memberikan vitamin pada kucing. Pilih vitamin yang mengandung B-kompleks dan asam amino lisin yang mampu meningkatkan nafsu makan. Konsultasikan dulu pada apoteker atau dokter hewan dalam memilih vitamin yang tepat.

5. Periksakan Kucing ke Dokter

Jika berbagai cara sudah dilakukan dan si kucing tetap tidak mau makan, sebaiknya segera periksakan kucing ke dokter hewan. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kucing tidak mau makan. Selanjutnya, dokter akan meresepkan obat atau vitamin untuk meningkatkan nafsu makannya.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan. Sebagai pemilik kucing, sudah semestinya Ladies turut bertanggung jawab dalam menjaga kesehatannya.

Baca Juga:

Rekomendasi 7 Vitamin Kucing yang Bagus, Bikin Kucing Tambah Sehat!

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing dan Cara Memberikannya