5 Penyebab Breakout dan Solusinya, Yuk Cari Tahu Ladies!

0
113

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Bagi Ladies pernah mengalami jerawat yang tubuh subur di berbagai area wajah? Kondisi tersebut bisa disebut breakout Ladies. Saat breakout jerawat tumbuh secara bersamaan sekaligus meradang sehingga membuat kulit wajah kamu memerah. 

Breakout biasanya terjadi akibat respon kulit terhadap penggunaan zat kimia tertentu. Misalnya, setelah Ladies menggunakan produk skincare baru. Enggak hanya itu aja loh! Breakout bisa terjadi akibat berbagai masalah lainnya. Yuk, kenali penyebab breakout dan cari tau solusinya!

1. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan yang satu ini bisa jadi penyebab breakout pada wajah loh, Ladies. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak menyentuh benda lain. Benda-benda yang disentuh ini bisa saja terdapat banyak kuman dan bakteri. Apabila kamu menyentuh wajah setelah memegang benda tersebut, secara otomatis kuman dan bakteri ini akan menempel di wajah. Nah itulah sebabnya jerawat banyak muncul. 

Hindari juga memencet jerawat dengan jari ya Ladies karena hal tersebut hanya akan membuat jerawat semakin meradang. Sebelum menyentuh wajah, pastikan tangan kita sudah bersih dengan mencucinya terlebih dahulu dengan sabun.

2. Makanan Tinggi Gula Dan Kalori

Penyebab lain terjadi breakout pada wajah adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori. Coba ingat-ingat lagi selama work from home ditengah pandemi apakah pola makan berubah? Makanan seperti cake, keripik kentang, cokelat mengandung kadar kalori dan gula yang tinggi bisa bikin jerawat, loh Ladies.

Apabila makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan, akan menimbulkan masalah jerawat di wajah. Untuk mengatasinya, ubahlah pola makan kamu agar lebih sehat. Imbangi dengan olahraga ringan agar kulit menjadi lebih sehat. Menjaga kesehatan kulit bisa dimulai dari jenis makanan yang dikonsumsi.

3. Produk Perawatan Rambut

Breakout bisa muncul bukan hanya akibat produk skincare, namun juga bisa disebabkan oleh produk perawatan rambut. Terutama apabila breakout muncul di sekitar dahi atau pipi dekat telinga. Produk perawatan rambut yang mengandung lilin, minyak serta silikon berat akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. 

Guna mengatasi masalah ini, pilihlah rambut dengan label non comedogenic. Selain itu, pastikan residu produk tersebut telah tersapu bersih.

4. Penggunaan Masker

Masker merupakan atribut yang wajib dipakai saat ini. Namun hal tersebut dapat memicu munculnya breakout akibat wajah yang bergesekan dengan masker terlalu lama. Saat menggunakan masker, hawa panas akan terjebak di dalamnya terutama saat kita menghela napas dan berbicara. Sehingga kulit menjadi lebih lembap. Saat itulah kuman dan bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Untuk mengatasi masalah breakout akibat penggunaan masker, Ladies harus rajin membersihkan wajah setelah melepas masker. Rutinlah mengganti masker setidaknya 4 jam sekali. Sediakan 2-3 masker cadangan saat kamu sedang beraktivitas di luar.

5. Sarung Bantal yang Kotor

Sarung bantal yang kotor bisa menimbulkan jerawat Ladies. Riasan wajah, debu, ataupun sel kulit mati bisa menempel pada sarung bantal dan mentransfernya kembali ke kulit saat kita tidur. Mencuci dan mengganti sarung bantal secara rutin bisa mengatasi masalah breakout. Pastikan juga wajah Ladies telah dicuci bersih sebelum tidur ya!

Nah, itu dia beberapa hal yang mungkin jadi penyebab breakout, Ladies. Dari 5 penyebab di atas, adakah yang relate dengan kebiasaanmu belakangan ini?

Baca Juga:

Wajah Bersih Mulus, Ini 8 Rekomendasi Obat Jerawat Terampuh

Yuk Cari Tau Perbedaan Purging dan Breakout Wajah

Dijamin Aman! Ini Dia 7 Rekomendasi Cream Pencerah Wajah