5 Penyebab Bintik Merah pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya

0
69

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Munculnya bintik merah pada wajah atau tubuh secara tiba-tiba, seringkali membuat kita kurang percaya diri. Padahal secara ilmiah, ada banyak sekali penyebab yang membuat bintik-bintik kemerahan muncul sehingga tidak bisa kita prediksi seketika apa alasannya.

Untuk itulah Ladies Corner ingin mengajak Ladies agar memahami jenis-jenis serta penyebab bintik merah pada kulit. Dengan begitu, Ladies bisa menyembuhkan bintik merah sesuai penyebabnya. 

1 .Biang Keringat

Bukan hanya pada anak-anak, biang keringat atau miliaria, juga bisa terjadi pada orang dewasa. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh kulit yang terlalu lembap akibat keringat berlebih, alergi, dan sebagainya.

Bentuknya memang berbeda-beda, tapi gejala umum yang muncul biasanya seperti ruam dan bercak merah pada kulit. Cara mencegahnya adalah dengan mengatasinya pun mudah Ladies dengan menggunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun.

Selain itu, untuk mengobatinya Ladies bisa menggunakan bedak tabur atau krim yang mengandung salycylic acid. Jika penyebabnya adalah alergi, maka hindari pemicu alerginya ya Ladies.

2. Infeksi Jamur

Jika bintik merah yang Ladies temui berada di area lipatan, seperti ketiak ataupun selangkangan, bisa jadi disebabkan oleh adanya infeksi jamur candida. Bintik merah ini akan menyebabkan rasa gatal disertai panas.

Jamur candida ini biasanya hidup subur jika kita tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Selain itu, gatal pada area lipatan juga bisa jadi gejala diabetes, loh. Untuk mengatasinya, gunakanlah obat antijamur yang direkomendasikan oleh dokter dan mulailah mengurangi asupan gula sehari-hari.

3. Jerawat

Jerawat juga ada yang berbentuk bintik merah, Ladies. Biasanya jerawat ini mengandung nanah yang dapat diobati dengan salep atau obat jerawat rekomendasi dari dokter.

Penyebab jerawat itu sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari hormon, genetik, kurangnya kebersihan, hingga alergi. Untuk mencegahnya, sebaiknya mulai menjaga kebersihan, menerapkan pola hidup sehat, dan perhatikan kandungan skincare yang Ladies kenakan untuk menghindari alergi.

4. Rubella

Muncul bintik merah tapi tidak gatal, namun disertai demam, batuk, pilek, dan sakit kepala, bisa jadi Ladies terkena rubella. Secara garis besar, memang rubella tidak berbahaya bagi anak-anak maupun dewasa.

Namun, jika rubella diderita oleh para ibu hamil, maka penyakit ini dapat menular dan membahayakan kesehatan janin. Cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan vaksin MMR. Jadi, buat Ladies yang sedang hamil jangan lupa rajin check up dan vaksin, ya.

5. Cacar Air

Saat masih anak-anak dulu, pasti ingat kan betapa gencarnya program vaksin cacar? Cacar air biasanya berbentuk bintik merah yang muncul pada kulit dan berisi cairan berwarna bening.

Jika bintik merah tersebut meletus, maka akan membekas pada kulit dan membuat bintik baru. Makanya penting banget ikut program vaksin untuk mencegah penyakit ini, Ladies.

6. Campak

Selain cacar, campak juga ditandai dengan bintik merah, namun campak tidak berisi cairan bening. Kondisi ini biasanya disertai dengan menurunnya nafsu makan, berat badan turun, dan demam tingg.

Penyakit ini disebabkan oleh virus Maesles yang jika tidak ditangai dapat menyebabkan komplikasi, loh. Jadi penting banget untuk mencegah campak dengan ikut program vaksin yang diajurkan pemerintah, Ladies.

Itulah penjelasan mengenai penyebab bintik merah dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa sharing ke teman-temanmu agar terhindar dari penyakit ini, Ladies.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit

Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan

5 Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Alami, Ampuh Redakan Nyeri