5 Penyebab Benjolan di Selangkangan dan Cara Mengatasinya!

0
10

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Munculnya benjolan di area selangkangan tidak bisa dianggap sepele lho, Ladies. Pasalnya, beberapa penyebab dari benjolan ini justru mengarah ke hal serius, seperti kista dan pembengkakan getah bening. Namun, jangan khawatir karena benjolan ini masih bisa diobati.

Ukuran dan bentuk benjolan di selangkangan pun berbeda-beda. Semuanya tergantung dari faktor penyebab benjolan tersebut. Supaya lebih paham, yuk kita sama-sama simak ulasan berikut!

Penyebab Benjolan di Selangkangan

benjolan-di-selangkangan

Penyebab munculnya benjolan di selangkangan seringnya tidak disadari para wanita. Adapun beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Kelenjar getah bening membengkak

Penyebab pertama munculnya benjolan di selangkangan adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan ini terjadi karena beberapa hal seperti infeksi bakteri atau virus.

Kelenjar getah bening yang membengkak adalah respon atau tanda bahwa tubuh sedang melawan benda asing (bakteri atau virus). Selain benjolan pada selangkangan, pembengkakan getah bening juga ditandai dengan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, dan berkeringat saat malam hari, Ladies. 

2. Kista

Kista merupakan benjolan yang bersifat jinak dan bukan termasuk jenis kanker. Hanya saja, benjolan dari kista berpotensi membesar sehingga membuat tidak nyaman. Apalagi jika ada di selangkangan, pasti membuat kamu semakin tidak nyaman beraktivitas, Ladies.

Kista pada selangkangan tersebut dapat diobati dengan prosedur operasi. Caranya adalah dengan memasukkan jarum bersama kateter ke dalam kista. Setelah itu, dokter akan menyedot cairan kista.

3. Infeksi saluran kemih

Penyebab munculnya benjolan di selangkangan selanjutnya adalah infeksi saluran kemih. Penyakit ini dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Alhasil, benjolan pada selangkangan pun muncul.

Infeksi ini sering terjadi pada kaum wanita karena uretra wanita jauh lebih pendek daripada milik pria. Hal ini membuat bakteri lebih mudah naik atau masuk ke saluran kemih. So, jaga kebersihan untuk menghindari infeksi ini, Ladies.

4. Saphena varix

Saphena varix adalah kondisi kelainan pada katup pembuluh darah yang berada di area paha. Saat katup tersebut tidak dapat terbuka dengan baik, maka terjadi pembengkakan akibat darah terpaksa terperangkap di sana.

Biasanya akan muncul benjolan warna kebiruan pada area selangkangan dan hanya akan menghilang saat orang tersebut berbaring. Orang-orang yang punya riwayat varises rentan terkena penyakit ini.

5. Hernia

Ya, hernia ternyata bisa menyebabkan benjolan pada selangkangan. Hernia yang paling sering terjadi adalah hernia inguinal (pada pria) serta hernia femoral (pada wanita).

Benjolan akibat hernia ini kerap membuat penderitanya merasa nyeri dan sakit saat membawa beban terlalu berat. Benjolan dapat menghilang hanya ketika berbaring, tapi dapat dengan mudah muncul kembali.

Cara Mengatasi Benjolan di Selangkangan

benjolan-di-selangkangan

Dilansir dari SehatQ, ada beberapa tindakan mandiri yang dapat kita lakukan ketika muncul benjolan di selangkangan. Langkahnya antara lain:

  • Kompres dengan air dingin jika terdapat benturan pada selangkangan
  • Kompres dengan air hangat ketika muncul tanda peradangan
  • Dilarang mengurut area benjolan
  • Dapat meminum obat pereda nyeri
  • Kurangi berbagai aktivitas berat

Jika pertolongan pertama belum memberikan efek lebih baik, segera konsultasikan ke dokter sebelum bertambah parah. Siapa tahu justru butuh tindakan medis lanjutan seperti operasi.

Cara Mencegah Munculnya Benjolan di Selangkangan

benjolan-di-selangkangan

Sebagian besar benjolan pada selangkangan disebabkan oleh hal-hal yang tidak terlalu berbahaya. Oleh sebab itu, pencegahan pun dapat kita lakukan.

Beberapa benjolan ada yang muncul karena penularan penyakit seksual. Maka, untuk jaga keamanan dan kesehatan, pastikan gunakan kondom dan tidak berganti-ganti pasangan.

Sementara untuk pencegahan benjolan akibat hernia, sebaiknya kita menghindari aktivitas terlalu berat dan menjaga tubuh tetap pada berat badan ideal. Jangan lupa juga jaga kebersihan area saluran kemih agar tidak mudah terkena infeksi yang menyebabkan benjolan.

Pada dasarnya, benjolan di permukaan kulit memang tidak boleh kita anggap remeh. Jika muncul benjolan di area selangkangan, alangkah baiknya segera konsultasikan ke dokter ya!

Baca Juga:

Ketahui Perbedaan Madzi dan Mani dalam Ajaran Islam

7 Bahan Alami Memutihkan Selangkangan Hitam, Terbukti Efektif!

Beragam Cara Memperbesar Penis, Benarkah Aman Dilakukan?-[p