5 Mukjizat Nabi Ibrahim Tunjukan Kekuasaan Allah yang Maha Esa

0
21

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Tidak hanya diberikan pertolongan dan hak-hak istimewa saat menyebarkan wahyu, semua nabi-nabi Allah SWT juga diberikan kekuasaan berupa mukjizat. Bahkan, mukjizat-mukjizat ini sangat mustahil terjadi dan dimiliki oleh makhluk Allah pada umumnya.

Seperti salah satunya mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS yaitu tidak terbakar oleh api. Selain itu, apalagi mukjizat Nabi Ibrahim AS? Berikut informasi lengkapnya, Ladies!

1. Kebal dan Tidak Terbakar oleh Api

Mukjizat-Nabi-Ibrahim

Ladies, pernah dengar kisah soal nabi Ibrahim yang dibakar oleh Raja Namrud namun tidak terbakar? Nah, itulah salah satu mukjizat Nabi Ibrahim AS. Beliau dianggap menentang ajaran Raja Namrud dan membawa ajaran baru. Tidak hanya itu saja, Nabi Ibrahim AS juga menghancurkan seluruh berhala, sehingga menyisakan satu patung yang paling besar.

Tindakan Nabi Ibrahim tersebut yang membuat Raja Namrud  murka dan memutuskan untuk membakarnya hidup-hidup. Akan tetapi, Nabi Ibrahim memohon pertolongan kepada Allah SWT, membuatnya kekal akan panasnya api tersebut.

2. Mampu Mengeluarkan Madu dari Jarinya

Mukjizat-Nabi-Ibrahim

Perseteruan Nabi Ibrahim dan Raja Namrud sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, sebelum Nabi Ibrahim lahir di dunia ini. Saat itu, Raja Namrud diberitahu oleh peramal akan datang seorang laki-laki yang membuat dirinya akan mati. Setelah itu, ia pun  memerintahkan kepada pasukannya untuk membunuh seluruh anak laki-laki yang baru lahir.

Ibu Nabi Ibrahim AS yang mengetahui hal itu memutuskan untuk membawa Nabi Ibrahim ke sebuah gua dan meninggalkannya. Yang mengejutkannya, saat kembali sang ibu mendapati Nabi Ibrahim AS menghisap jari-jarinya yang mengeluarkan madu.

3. Menghidupkan Makhluk Hidup yang Sudah Mati

Mukjizat-Nabi-Ibrahim

Normalnya, makhluk yang sudah mati itu tidak pernah bisa hidup kembali, kecuali atas kuasa Allah SWT. Namun, tahukah Ladies bahwasannya Nabi Ibrahim diberikan anugerah oleh Allah SWT dengan mukjizatnya yaitu menghidupkan kembali burung yang sudah mati. Kejadian tersebut bisa terjadi setelah beliau berdoa dan memohon kepada Allah untuk diperlihatkan cara menghidupkan orang mati.

4. Mengubah Pasir menjadi Makanan

Mukjizat-Nabi-Ibrahim

Pasir bisa dimakan? Bukankah itu adalah hal yang tidak normal? Namun, tidak ada yang tidak mungkin jika itu kehendak Allah SWT, Ladies. Pasalnya, mukjizat Nabi Ibrahim selanjutnya yaitu mengubah pasir menjadi makanan.

Peristiwa itu terjadi ketika Raja Namrud tidak memberikan pasok makanan kepada kaum yang tidak mau menyebut dirinya sebagai Tuhan. Kemudian, Nabi Ibrahim AS datang kepadanya dengan tujuan memberi tahu bahwa Tuhan semesta alam adalah Allah SWT.

Namun, Raja Namrud tetap bersikeras dengan kemauanya. Ia malah marah besar dan mengusir Nabi Ibrahim, tanpa memberikan sedikit pun makanan. Kemudian, di perjalanan pulang, beliau memasukan pasir ke dalam kantong hingga penuh. Keajaiban pun muncul di esok hari, saat sang istri memasak makanan yang didapatkan dari kantong berisi pasir dari Nabi Ibrahim.

5. Membangun Ka’bah

Mukjizat-Nabi-Ibrahim

Ladies, Nabi Ibrahim AS merupakan orang pertama yang membangun Ka’bah atas perintah Allah SWT. Beliau mendirikan bangunan suci, yang menjadi kiblat umat muslim saat salat, bersama putranya, Nabi Ismail AS.

Nah, itulah penjealsan mengenai mukjizat Nabi Ibrahim AS. Semoga bisa menambah pengetahuan dan tentunya keimanan kita kepada Allah SWT atas semua kuasa-Nya, Ladies.

Baca Juga:

5 Kisah Sahabat Nabi Muhammad, Mendampingi dengan Setia

6 Keutamaan Membaca Ayat Kursi, Bahkan Membuka Pintu Rezeki

6 Rukun Wudhu dan Syaratnya yang Harus Dipenuhi oleh Umat Muslim