5 Mitos Mata Kedutan, Benarkah Pertanda Kesedihan?

0
98

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Indonesia adalah salah satu negara yang masyarakatnya masih mempercayai hal-hal seperti mitos atau primbon. Biasanya kedutan yang terjadi di mata kanan atau kiri, dinilai merupakan pertanda dari alam bahwa akan terjadi sesuatu. 

Banyak orang merasa bahwa mata kedutan berarti tanda kebahagiaan akan datang di masa depan. Mitos lainnya menyebut jika kedutan pertanda akan datangnya keberuntungan seperti rezeki yang melimpah. Ada pula yang percaya bahwa hal ini awal dari datangnya kesedihan.

Lalu apa sajakah mitos menarik mengenai mata kedutan? Berikut penjelasannya Ladies!

1. Kedutan Mata Kiri Atas

Arti kedutan mata kiri bagian atas berdasarkan Primbon jawa yaitu akan terjadi suatu hal yang buruk. Hal ini berkaitan tentang kejadian menyedihkan hingga membuat kita menjadi terluka, misalnya perpisahan atau kehilangan yang memicu luka di hati.

2. Kedutan Mata Kanan Bawah 

Primbon Jawa juga mengartikan jika kedutan terjadi pada mata kanan bagian bawah sebagai pertanda akan adanya rasa kehilangan. Dalam waktu dekat ini, kita akan mengalami suatu hal yang tidak menyenangkan, bisa jadi hal itu membuat kita kehilangan hal yang berharga dalam kehidupan kita. Contohnya kehilangan orang-orang yang sangat kita cintai.

3. Kedutan Pada Bola Mata Kanan

Kedutan yang terjadi pada bola mata kanan juga memiliki mitosnya sendiri, loh. Jika kita mengalami hal ini, artinya akan ada kejadian menyedihkan dalam hidup ini di masa depan. Meski demikian, kita tetap harus kuat menghadapi hal tersebut agar bisa menjalani hidup selanjutnya.

4. Kedutan Pada Bola Mata Kiri

Berbeda dengan penjelasan sebelumnya, kedutan pada bola mata kiri justru menjadi pertanda yang baik. Artinya, kita akan memperoleh kabar bahagia dalam waktu dekat. Tentunya jika hal itu benar-benar terjadi, kita perlu mengungkap rasa syukur yang mendalam ya, Ladies.

5. Arti Kedutan Secara Ilmiah

Selain berdasarkan Primbon Jawa, dari sudut pandang medis ada pula arti kedutan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Arti kedutan pada mata kanan atau kiri secara ilmiah menandakan masalah kesehatan seperti mata lelah, terlalu banyak konsumsi minuman berkafein, merokok, dan lainnya. 

Kondisi medis lainnya yang mungkin terjadi yaitu kejang hemigasial, sindrom melge, sindrom parkinson, dan dystonia atau bell’s palsy. Untuk itu, alangkah lebih baiknya memastikan kondisi kesehatan sebelum mempercayai mitos yang ada. 

Itulah 5 mitos menarik dari arti kedutan mata kiri dan kanan yang bisa kita ketahui. Jika mengalami kedutan dalam jangka waktu yang lama dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter sebelum menjadi masalah kesehatan yang lebih serius, Ladies.

Baca Juga:

6 Fakta dan Mitos Kejatuhan Cicak, Benarkah Bikin Sial?

6 Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Bikin Merinding!

Makna Filosofi Warna Hitam, Benarkah Pertanda Duka dan Lara?