5 Mitos Bunga Sedap Malam, Lekat dengan Nuansa Horor

0
96

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Bunga sedap malam adalah tanaman yang sangat harum dan sering kita manfaatkan sebagai wewangian. Selain harum, bunga sedap malam juga sangat cantik dan cocok dipajang sebagai hiasan indoor. Ada banyak rumor yang beredar mengenai bunga sedap malam yang identik dengan kekuatan mistis.

Namun, di balik mitos yang beredar, bunga ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan loh, Ladies! Ingin tahu apamsaja? Simak sampai habis ya, Ladies.

Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam atau polianthes tuberosa adalah tanaman yang berasal dari bahasa latin tuberosa yang berarti berbonggol. Bunga ini terdiri dari 12 spesies dan sangat lekat dengan mitologi Yunani, Meksiko, dan budaya India. 

Bunga ini memiliki batang keras berukuran 45 hingga 70 cm, dngan diameter maksimal 40 cm. Bunga sedap malam awalnya berasal dari Meksiko lalu menyebar ke berbagai belahan dunia selama abad ke-16.

Selain wangi, bunga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, loh. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, bunga sedap malam memberikan manfaat positif sebagai berikut. 

1. Mencegah anemia

2. Menjaga kesehatan mata

3. Mencegah insomnia

4. Meredakan flu.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Ladies bisa mencampurkan jahe, bunga sedap malam, dan daun bawang putih. Rebuslah bahan-bahan tersebut hingga benar-benar mendidih dan airnya agak surut. Setelah itu, tuang dan diamkan hingga air rebusan dingin. Ladies dapat mengonsumsi rebusan air ini di pagi hari dan malam hari.

Mitos Bunga Sedap Malam

Eits, meskipun banyak manfaatnya, bunga sedap malam juga dikelilingi banyak mitos yang bikin bulu kuduk bergidik loh, Ladies! Pernah dengar mitos-mitos di bawah ini enggak?

1. Kemunculan Makhluk Halus

Pernahkah Ladies tiba-tiba mencium harum bunga sedap malam padahal tidak ada kehadiran bunga tersebut di sekitar? Banyak orang meyakini itu adalah pertanda kehadiran makhluk halus. Apalagi, jika wangi semerbak tersebut tercium saat malam hari. 

2. Malaikat Akan Lebih Senang Datang ke Rumah

Aroma sedap malam juga dipercaya disenangi malaikat. Banyak juga yang percaya jika kita menanam sedap malam atau meletakkan bunga ini sebagai hiasan wewangian, rumah kita akan lebih sering didatangi malaikat. 

3. Bikin Panjang Umur

Selain memiliki banyak manfaat, ada pula yang sengaja menanam sedap malam karena percaya bunga tersebut bisa membuat umur panjang. Bunga sedap malam yang dianggap sakral diyakini bisa membawa keberkahan, umur panjang, dibebaskan dari penyakit, dan hal-hal buruk. 

4. Bunga Kesukaan Ratu Pantai Selatan

Sudah tidak asing pastinya kalau bunga sedap malam merupakan bunga favorit Ratu Pantai Selatan. Hal ini karena nuansa hijau  pada tangkai dan kelopak bunga yang membuat Ratu Pantai Selatan menyukai bunga ini. Jadi, Ladies enggak usah heran kalau di Pantai Selatan pengunjung wisata selalu diberikan bunga sedap malam. 

5. Penangkal Ilmu Hitam

Selain membuat panjang umur, banyak orang mempercayai mitos bahwa sedap malam mampu menangkal ilmu hitam, loh. Meskipun zaman sudah modern, ternyata masih banyak orang percaya ilmu hitam untuk tujuan tertentu, misalnya untuk membuka aura, mendapatkan rezeki, atau membalas dendam.

Nah, masyarakat percaya untuk menghindari bahaya dari serangan ilmu hitam tersebut, banyak orang menanam bunga sedap malam di halaman rumah. Dengan menanam bunga ini, dipercaya dapat menangkal ilmu hitam yang menyerang penghuni rumah.

Well, apakah Ladies percaya dengan mitos tersebut? Terlepas dari itu, ternyata bunga sedap malam juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, memelihara bunga ini bisa jadi opsi agar rumah makin harum dan cantik. So, jangan ragu untuk menanamnya, ya!

Baca Juga:

Ladies, Ini Loh 7 Ragam Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

7 Macam Bunga Hias Ini Bikin Rumah Kelihatan Cantik

6 Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Bikin Merinding!