5 Menu Olahan Daging Nikmat, Cocok Disajikan di Hari Raya Lebaran

0
27

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Idul Fitri adalah momen yang identik dengan beragam makanan lezat dan menggugah selera. Berbagai menu makanan menjadi buruan para pecinta kuliner seperti lontong, opor ayam, nasi kuning, nasi liwet, dan beragam menu lainnya.

Nah, olahan dari daging menjadi menu wajib bagi sejumlah orang agar hari penuh kemenangan terasa semakin istimewa. Berbagai olahan daging sapi sangat cocok dipadukan dengan lontong, nasi putih, dan juga nasi kuning.

Ternyata kreasi olahan daging sapi sangat beragam, loh. Kita bisa dengan mudah membuatnya menjadi hidangan modern maupun tradisional. So, langsung saja simak olahan daging sapi yang cocok buat lebaran berikut ini, Ladies!

1. Tongseng

olahan-daging-untuk-lebaran

Ide olahan daging sapi khas Idul Fitri yang bisa dinikmati bersama keluarga yaitu Tongseng. Makanan gulai ini terbuat dari bumbu khas yang berasal dari rempah-rempah, seperti lada, jahe, kunyit, cabai, dan juga bawang putih. Umumnya olahan daging ini menggunakan daging kambing, tetapi daging sapi juga bisa dijadikan alternatif. 

2. Rendang Sapi

olahan-daging-untuk-lebaran

Rendang daging sapi bisa dijadikan pilihan terbaik sebagai hidangan utama saat lebaran. Olahan daging yang satu ini dimasak dengan beragam rempah serta santan yang menghasilkan cita rasa yang kuat dan aroma yang nikmat. Meski demikian, mengolah rendang membutuhkan kesabaran ekstrak.

Biasanya rendang dimasak selama 4-6 jam untuk menghasilkan rendang yang kering dan tahan lama. Jika rendang dimasak kurang dari 4 jam akan menjadi kalio atau rendang setengah jadi dengan bumbu basah.

3. Semur Daging

olahan-daging-untuk-lebaran

Ide olahan daging selanjutnya yaitu semur dari daging sapi dengan cita rasa yang sedikit manis dan gurih. Secara umum, tampilan semur dari daging hampir mirip dengan rendang. Namun, bumbu yang digunakan dan cita rasa yang berbeda. Semur daging memiliki kuah yang sangat cair dan cenderung pekat berwarna coklat hingga kehitaman.

Semur daging juga memiliki rasa manis dan cenderung sedikit pedas. Poin utama dalam mengolah makanan ini yaitu terletak pada bumbu rahasianya yang khas yaitu kombinasi antara kayu manis, pala, kluwek, dan cengkeh.

4. Malbi Daging Sapi

olahan-daging-untuk-lebaran

Inspirasi olahan daging lainnya yaitu malbi daging sapi yang cocok disajikan saat lebaran. Malbi adalah olahan daging sapi yang berasal dari daerah Palembang.

Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam yang berasal dari campuran air asam jawa. Malbi sangat menyegarkan jika dihidangkan bersama sambal nanas, kerupuk, dan sepiring nasi hangat.

5. Gulai

olahan-daging-untuk-lebaran

Gulai bisa dijadikan menu alternatif yang bisa dijadikan hidangan utama lebaran di rumah, loh. Ada beragam jenis gulai di Indonesia mulai dari ayam, nangka, belacan, sapi, dan kambing. Makanan ini memiliki kuah khas berwarna kuning yang berasal dari beragam rempah pilihan seperti kemiri, pala, santan, jahe, kunyit, adas, dan lengkuas.

Demikianlah rekomendasi makanan olahan daging sapi yang cocok dijadikan hidangan utama saat lebaran. Kira-kira olahan daging apa yang menginspirasi kamu, Ladies?

Baca Juga:

5 Jenis Makanan Khas Sulawesi, Dijamin Bikin Lidah Ketagihan

5 Makanan Khas Sumatera Barat yang Wajib Dinikmati Pelancong

5 Makanan Khas Lampung Paling Lezat, Tak Boleh Dilewatkan