5 Manfaat Terong Ungu dari Sisi Medis, Menyehatkan Tubuh

0
109

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Terong ungu selama ini dikenal sebagai sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai masakan. Padahal, terong sendiri sebenarnya merupakan buah loh, bukan sayuran. Selain enak, tenryata ada banyak manfaat terong buat kesehatan tubuh. Jadi, sangabaik untuk kita konsumsi sehari-hari, Ladies.

Ingin tahu apa saja manfata terong bagi kesehatan? Yuk, sama-sama kita pelajari kandungan gizi serta manfaat dari terong ungu ini!

Kandungan Nutrisi dalam Terong Ungu

Terong ungu sebenarnya lebih banyak kita temukan di daerah dengan iklim tropis. Misalnya, negara-negara di Asia Tenggara, Afrika Selatan, dan Asia Selatan. Terong ungu kerap disalahartikan sebagai golongan sayuran, padahal makanan ini termasuk buah-buahan.

Bahan-bahan di dalam terong ungu antara lain karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin. Ada pula serat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, dan lain-lain. Enggak nyangka ya tiap 100 gram terong ungu mengandung banyak bahan baik buat tubuh.

Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

Terong ungu tidak cuma enak saat diolah menjadi beragam masakan. Makanan yang satu ini juga memiliki banyak manfaat yang baik buat kesehatan. Simak beberapa di antaranya ya!

1. Menyehatkan Jantung

Terong ungu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini didapat dari kandungan serat, kalium, vitamin C, dan fitonutrien di dalamnya. Nah, fitonutrien-lah yang mampu mencegah risiko munculnya penyakit jantung.

Selain itu, kandungan antosianin pada terong ungu juga sangat baik menurunkan tekanan darah. Jadi, orang dengan penyakit hipertensi disarankan rutin mengonsumsi terong ungu untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, Ladies.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Bahan antosianin, asam klorogenat, serta polifenol yang ada pada terong ungu diyakini dapat mengurangi risiko kanker pada manusia. Ketiga zat tersebut dikenal ampuh mengendalikan pertumbuhan tumor sekaligus penyebaran sel kanker.

Tumor sendiri juga disebabkan oleh adanya kerusakan sel. Nah, terong mengandung asam klorogenat yang bersifat sebagai antimutagen, sehingga baik untuk melawan kerusakan sel tubuh.

3. Mengontrol Kolesterol

Manfaat terong ungu selanjutnya adalah sebagai pengontrol kolesterol. Dilansir dari HelloSehat, asam klorogenat pada makanan ini efektif menurunkan LDL alias kolesterol jahat dalam tubuh kita, loh. Jadi, bagus banget nih mengonsumsi terong ungu sebagai menu makanan kita.

Terong ungu juga tidak mempunyai kandungan kolesterol. Buat yang sedang ada di program diet, rasanya bisa loh memasukkan terong dalam menu diet.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan dalam terong ungu efektif berperan baik dalam menjaga fungsi serta kesehatan otak. Zat ini dapat menangkal radikal bebas yang sering mengganggu kinerja otak kita.

Tidak hanya itu, antioksidan juga menghambat munculnya peradangan pada sel-sel saraf otak. Alhasil, aliran darah ke otak pun menjadi makin lancar.

5. Mencegah Diabetes

Terong ungu juga memiliki manfaat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Penyerapan gula secara berlebih dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi terong ungu ini.

Jadi, terong ungu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes selama diolah menjadi makanan yang tepat. Tidak ada salahnya menjalani pengobatan diabetes sambil rutin makan terong ungu.

Cara Mengolah Terong Ungu yang Baik

Terong ungu dapat kita olah menjadi banyak masakan lezat. Entah itu lewat ditumis, dipanggang, ataupun dikukus. Cukup menambahkan beberapa bumbu, terong ungu dapat berubah menjadi makanan enak.

Hanya saja, kita perlu perhatikan jumlah atau takaran bumbu yang dipakai agar nutrisi dari terong ungu tetap terjaga. Sebaiknya juga tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jika Ladies ingin menggunakan terong ungu sebagai alternatif pengobatan, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya.

Setelah membaca ulasan ini, kita jadi makin semangat nih buat memasak makanan dari bahan terong ungu. Selain enak, makanan ini ternyata banyak manfaatnya juga!

Baca Juga:

Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan

Baik untuk Kesehatan, Ini Dia 5 Manfaat Bawang Merah yang Super Ajaib!

Pakai Cara Alami, Turun Berat Badan 2-4 Kilo dalam 1 Bulan!