5 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan, Bagus untuk Program Diet Loh!

0
4

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Selain dikenal dengan rasanya yang enak, teh rosella ternyata punya banyak manfaat, lho. Teh rosella mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk sel-sel tubuh. Hal inilah yang membuat minuman teh ini semakin populer.

Teh rosella berasal dari tanaman perdu bernama Hibiscus sabdariffa atau biasa disebut rosella. Tanaman ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan bunga berwarna merah. Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, bunga tanaman rosella juga dapat diolah menjadi berbagai produk pangan seperti selai, sirop, dan obat herbal.

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

manfaat-teh-rosella

Teh rosella mengandung senyawa yang bersifat captopril yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, senyawa dalam teh rosella juga dapat menjaga tekanan darah pada penderita sindrom metabolik.

Meskipun memberikan banyak manfaat, konsumsi rosella sebagai pengobatan herbal tentu harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindari efek samping atau interaksi obat antara rosella dengan obat yang kamu konsumsi, Ladies.

2. Bagus untuk Program Diet

manfaat-teh-rosella

Siapa di antara Ladies yang sedang menjalankan program penurunan berat badan? Nah, ternyata mengonsumsi teh rosella dapat mendukung program diet kamu, lho. Pasalnya, teh rosella mengandung vitamin C yang membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Namun konsumsi teh rosella untuk diet tentu perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin ya, Ladies. 

3. Mencegah Penyakit Kronis

manfaat-teh-rosella

Teh rosella mengandung senyawa antioksidan tinggi yang bermanfaat buat tubuh kamu, Ladies. Antioksidan adalah senyawa yang dibutuhkan untuk meregenerasi sel-sel tubuh dan melawan radikal bebas. 

Dilansir dari HelloSehat, hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh rosella membantu menurunkan efek radikal bebas hingga 92 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi rosella dapat mencegah risiko terkena penyakit kronis, termasuk kanker.  

4. Mencegah Obesitas

manfaat-teh-rosella

Manfaat teh rosella selanjutnya adalah mencegah risiko terkena obesitas. Bunga rosella mengandung flavonoid yang dapat mengurangi timbunan lemak berlebih dalam tubuh. Tak hanya itu, teh rosella juga mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh kamu, Ladies.

Namun, konsumsi teh rosella ini juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat. Kamu perlu mengonsumsi makanan sehat, turin berolahraga, dan istirahat yang cukup ya, Ladies.

5. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat-teh-rosella

Selain mencegah berbagai penyakit, teh rosella efektif membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam bunag rosella terbukti meningkatkan sistem  kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi yang membantu mempercepat penyembuhan tubuh, Ladies. 

Untuk mendapatkan khasiat dari teh rosella, kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak 1,3 gram atau setara dengan 1-2 cangkir teh. Namun jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu dan sedang mengonsumsi obat,  sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya.

Sejumlah penelitian menunjukkan teh rosella aman dikonsumsi. Namun akan lebih baik jika kamu mengonsumsinya dalam takaran yang tepat untuk menghindari efek samping, Ladies.

Baca Juga:

7 Merek Susu Diet Rendah Kalori, Dijamin Bikin Sehat dan Langsing!

7 Rekomendasi Susu Penggemuk Badan Orang Dewasa dan Harganya

5 Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel, Simak Ulasan Berikut Ini!