Ketahui 5 Manfaat Daun Sungkai, Beneran Ampuh buat Mencegah COVID?

0
76

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Nama daun sungkai sempat populer setahun yang lalu. Di tengah pandemi yang tengah merebak, daun sungkai digadang-gadang dapat mencegah dan menyembuhkan Covid, loh. Hal ini yang membuat daun sungkai ramai jadi perbincangan masyarakat karena punya manfaat besar.

Daun sungkai sendiri sebenarnya memang memiliki beberapa manfaat buat kesehatan. Orang-orang zaman dulu terbiasa menggunakan tanaman ini sebagai obat alami untuk sakit tertentu loh, Ladies. Namun, benarkah ampuh buat meredakan Covid? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Manfaat Daun Sungkai

manfaat-daun-sungkai

Daun sungkai banyak tumbuh sebagai tanaman liar di daerah Sumatera dan Kalimantan. Bahkan, masyarakat Jambi secara turun-temurun menjadikan daun sungkai sebagai obat alami.

Secara medis, daun ini memang memiliki beberapa efek yang baik buat kesehatan. Orang-orang kerap memanfaatkan daun sungkai sebagai pengobatan alternatif berikut ini.

 1. Obat Flu dan Demam

Rebusan daun sungkai berkhasiat untuk menyembuhkan flu dan demam, loh . Warga di sekitar Lampung dan Sumatera Selatan biasa mengambil daun sungkai sebanyak genggaman orang dewasa untuk diolah jadi obat herbal.

Caranya bersihkan daun sungkai terlebih dahulu. Setelah itu, daun tersebut direbus dan air rebusannya dapat diminum saat Ladies sedang sakit demam atau flu. Gejala flu dan demam dapat sedikit mereda setelah mengonsumsi daun sungkai ini.

2. Pengobatan Sariawan

Sariawan memang bukanlah penyakit yang menular. Namun, rasa sakit dari sariawan ini pastinya membuat Ladies tidak nyaman. Daun sungkai sendiri punya manfaat sebagai obat alternatif untuk meredakan sariawan.

Cara mengolahnya pun hampir sama dengan poin sebelumnya. Beberapa helai daun sungkai dibersihkan, lalu direbus menggunakan 400 ml air. Rebus hingga mendidih dan air sedikit berkurang menjadi 350 ml. Diamkan air rebusan hingga suhu turun, kemudian gunakan air tersebut sebagai obat kumur.

Ekstrak daun sungkai mengandung zat antibakteri terhadap E. coli dan S. aureus. Nah, kedua jenis bakteri itulah yang biasanya menjadi penyebab berbagai macam infeksi, salah satunya infeksi di mulut.

3. Membantu Mengobati Malaria

Di sisi lain, masyarakat di Lembak Bengkulu menggunakan daun sungkai sebagai obat dalam penyembuhan sakit malaria. Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, daun sungkai efektif menurunkan demam. Gejala demam inilah yang paling kerap muncul pada malaria.

Selain itu, daun sungkai dapat meningkatkan kadar sel darah putih atau leukosit dalam tubuh. Hal ini karena daun sungkai mengandung senyawa aktif seperti peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, diterpenoid, hingga flavonoid. Pastikan untuk mengonsumsi ramuan ini setelah makan ya, Ladies.

4. Campuran Air Mandi setelah Bersalin

Pasca melahirkan, para ibu biasanya merasa kurang nyaman karena banyak otot-otot yang terasa tegang. Nah, mandi air hangat sangat disarankan untuk membersihkan badan serta membuat tubuh lebih rileks.

Ladies bisa mencampurkan air mandi dengan rebusan daun sungkai. Sebelum digunakan, pastikan suhu air turun menjadi hangat suam-suam kuku. Bagi Ladies yang baru saja melahirkan dapat mandi atau berendam di air tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa metode ini hanya boleh dilakukan bagi para Ladies yang melahirkan normal. Bagi Ladies yang menjalani proses melahirkan caesar dilarang berendam dengan air rebusan daun sungkai karena rentan terkena infeksi pada bekas luka operasi.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun sungkai memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Masyarakat di Lembak Bengkulu memanfaatkan daun sungkai untuk menjaga daya tahan tubuh.

Daun sungkai yang dipakai adalah yang masih muda berwarna ungu kemerahan. Cukup merebus satu genggam daun tungkai muda, lalu menambahkannya dengan air tawar. Campuran ramuan ini kemudian diminum sebagai obat alami penambah tenaga. Tubuh pun jadi lebih sehat, Ladies.

Apakah Daun Sungkai Efektif untuk Mencegah Covid?

manfaat-daun-sungkai

Meski banyak manfaat, sejauh ini daun sungkai tidak dapat dikatakan sebagai obat Covid-19. Hal ini karena belum ada penelitian klinis mengenai daun sungkai dan Covid-19. 

Namun, sah-sah saja jika kita mengonsumsi daun sungkai untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh asalkan dikonsumsi dalam batas yang wajar. Yang jelas, daun sungkai bukan alternatif obat yang dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit Covid ya, Ladies.

Itulah tadi beberapa manfaat dari daun sungkai yang perlu kita tahu, Ladies. Sejauh ini belum ada klaim atau penelitian klinis yang menunjukkan daun sungkai efektif menangkal Covid. Jika Ladies merasa informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ya!

Baca Juga:

Biar Tetap Sehat, Ini Daftar Suplemen Vitamin C yang Bagus

Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Propolis bagi Kesehatan dan Kecantikan!