5 Manfaat Daun Kemukus Papua dan Fakta Unik Sebenarnya

0
5

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Daun kemukus, yang dikenal dengan daun bungkus, sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Selain menambah cita rasa, daun kemukus juga dipercaya mengandung zat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun kemukus mengandung minyak atsiri yang sangat baik untuk kesehatan tubuh bahkan dipercaya dapat memperbesar alat kelamin pria. Namun, apakah hal ini merupakan sebuah fakta? Mari simak selengkapnya di bawah ini, Ladies!

Fakta Daun Kemukus

manfaat-daun-kemukus-papua

Daun kemukus, yang dikenal sebagai daun tiga jari, sering digunakan oleh masyarakat lokal Papua untuk membantu memperbesar ukuran penis. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut. 

Manfaat Daun Kemukus untuk Kesehatan

manfaat-daun-kemukus-papua

Meskipun belum terbukti mampu memperbesar ukuran penis, bukan berarti daun kemukus tidak berguna, Ladies! Sebaliknya, daun kemukus justru mengandung senyawa yang menyehatkan tubuh seperti minyak atsiri, pati, kadinen, turpineol, asam cubeba, cubebin, dan masih banyak lagi. Berikut ini manfaat daun kemukus sebagai obat herbal yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi flu

Manfaat pertama daun kemukus yaitu memabntu mengatasi flu, khususnya yang derita oleh anak-anak. Hal ini karena daun kemukus mengandung zat anti inflamasi yang efektif melawan virus dan bakteri penyebab berbagai penyakit.

Untuk mengobati flu, hancurkan daun kemukus dan irisan kencur hingga berbentuk seperti pasta kental. Setelah itu, balurkan ke tubuh anak-anak mulai dari dada, pungung,hingga leher anak untuk meringankan sakit flu.

2. Menghilangkan rasa lelah

Jika badan terasa lelah dan lemas, Ladies bisa mencoba untuk mengonsumsi daun kemukus. Daun kemukus mengandung senyawa turpineol yang bekerja sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab rusaknya sel tubuh.

Dengan mengosnumsi daun kemukus, kamu akan mendapatkan asupan antioksidan yang cukup untuk melindungi sel tubuh. Dengan begitu, sel-sel dapat beregenrasi sehingga membantu memulihkan tenagamu, Ladies.

3. Bersifat anti inflamasi alami

Paparan radiasi sinar UV, polusi, makanan yang tidak sehat, dan istirahat tidak cukup menyebabkan kesehatan menurun. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi daun kemukus.

Daun ini mengandung antioksidan yang mampu melawan peradangan akibat infeksi. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan menjaga sel tubuh tetap sehat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa merebus 3 helai daun kemukus dengan 250 ml air putih. Rebus hingga air menyusut menjadi 150 ml. Setelah itu, konsumsi air rebusan daun kemukus setelah makan.

4. Bersifat anti bakteri

Selain bersifat anti inflamasi, daun kemukus juga bersifat anti bakteri. Daun kemukus mengandung beberapa zat yang dapat menekan dan membunuh bakteri. Oleh karena itu, daun kemukus juga sering digunakan untuk mengobati diare akibat infeksi bakteri.

5. Mencegah keputihan pada wanita

Manfaat daun kemukus lainnya untuk mecegah keputihan. Daun kemukus mengandung senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang efektif membunuh bakteri jahat di area vaginamu, Ladies. Dengan begitu, keputihan akan sembuh secara alami.

Untuk mengobati keputihan, kamu bisa merebus 5 helai daun kemukus dengan 500 ml air, lalu masak hingga mendidih. Diamkan air rebusan hingga suhunya turun menjadi normal. Gunakan air rebusan ini untuk membilas area kewanitaan. 

Itulah penjelasan mengenai lima manfaat daun kemukus bagi kesehatan tubuh. Meksipun belum terbukti dapat memperbesar alat kelamin, faktanya daun kemukus memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. So, udah nggak ragu lagi kan untuk menggunakan daun kemukus?

Baca Juga:

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Daun Meniran untuk Tubuh

Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Ajaib Banget! Ini 7 Ragam Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan