5 Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Diabetes

0
20

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Apakah Ladies cukup familiar dengan tanaman daun keji beling? Tanaman obat ini sebenarnya berasal dari Madagaskar, tetapi sudah banyak pula ditemukan di Indonesia. Selama ini daun keji beling banyak dipasarkan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit kaeena memiliki banyak khasiat.

Nah, kali ini kita akan sama-sama pelajari apa saja sih manfaat daun keji beling buat kesehatan. Siapa tahu informasi ini berguna buat Ladies. So, simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat-Daun-Keji-Beling-untuk-Kesehatan

Dilansir dari Hello Sehat, daun keji beling mempunyai beberapa kandungan antioksidan, antara lain alkaloid, polifenol, flavonoid, dan tanin. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sains Malaysia, daun keji beling tercatat memiliki antioksidan tinggi, yang kadarnya di bawah teh hijau dan teh hitam.

Antioksidan pada daun ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan alzheimer. Mengonsumsi daun keji beling dalam jumlah tepat dapat membantu tubuh terhindar dari risiko penyakit kronis, Ladies.

2. Obat Alami Diabetes

Manfaat-Daun-Keji-Beling-untuk-Kesehatan

Sebuah penelitian dari Universitas Putra Malaysia menyebutkan bahwa daun keji beling efektif mengontrol kadar gula darah. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang terkandung dalam daun keji keling. Hanya saja, penelitian tersebut masih dilakukan pada tikus. Sejauh ini pengaruh daun keji beling terhadap gula darah pada manusia belum diteliti lebih lanjut. 

Jadi, klaim daun keji keling sebagai obat alami untuk diabetes masih belum dapat dibuktikan secara medis. Namun, ada juga sebagian penderita diabetes yang menjadikan tanaman herbal ini sebagai alternatif pengobatan.

3. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat-Daun-Keji-Beling-untuk-Kesehatan

Manfaat daun keji keling selanjutnya adalah mencegah risiko kanker. Hal ini karena senyawa dalam daun keji beling dapat menghambat perkembangan sel kanker payudara dan kanker prostat. Selain itu, kandungan flavonoid dalam daun ini mampu memperlambat pertumbuhan kanker usus besar pada spesies tikus.

Berdasarkan kedua penelitian tersebut, daun keji beling dipercaya bersifat antikanker. Namun, perlu perkembangan penelitian lebih lanjut mengenai pengobatan kanker menggunakan daun keji beling. 

4. Mengobati Luka

Manfaat-Daun-Keji-Beling-untuk-Kesehatan

Luka pada orang yang terkena diabetes biasanya mudah bertambah parah dan sulit untuk kering. Untuk mengobati kondisi ini, Anda dapat menggunakan daun keji keling pada area luka.

Tak hanya itu, daun ini juga dapat membantu meredakan peradangan luka. Hal ini karena antioksidan dalam daun ini mendorong produksi kolagen yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan kulit baru. Secara keseluruhan, daun keji beling dapat digunakan untuk mengobati luka, baik itu bagi penderita diabetes ataupun bukan.

5. Membantu Penanganan Batu Ginjal

Manfaat-Daun-Keji-Beling-untuk-Kesehatan

Dalam International Food Research Journal menyebutkan bahwa daun keji sering digunakan sebagai obat penyakit batu ginjal. Namun, penggunaan tanaman ini masih berupa pengobatan tradisional saja.

Itu berarti para ahli perlu melakukan penelitian lebih mendalam untuk membuktikan kebenaran hal tersebut. Bagi para penderita batu ginjal, hendaknya tetap berkonsultasi ke dokter jika ingin menjadikan daun keji beling sebagai alternatif pengobatan herbal.

Meski punya banyak manfaat, ada baiknya penggunaan daun keji beling tetap berada di bawah pengawasan dokter. Tujuannya agar konsumsinya tetap aman ya, Ladies.

Baca Juga:

Wajib Hati-Hati! Ini 5 Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

Makan Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran, Mitos atau Fakta?

Ajaib Banget! Ini 7 Ragam Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan