5 Manfaat Daun Indigofera yang Jarang Diketahui, Bisa Dijadikan Obat Herbal

0
7

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Tanaman indigofera merupakan salah satu spesies tanaman yang tersebar di wilayah tropis. Di Indonesia sendiri, tanaman indigofera memiliki nama lain yang berbeda-beda di masing-masing daerah seperti tarum, indigo, tom, maupun nila.

Selain itu, tanaman indigofera juga cukup terkenal karena manfaatnya, Ladies. Bahkan setiap daerah di Indonesia juga sudah memanfaatkan indigofera untuk hal yang berbeda-beda.

So, penasaran apa saja manfaat daun indigofera? Yuk, simak lebih lanjut karakteristik dan manfaat dari indigofera!

Karakteristik Tanaman Indigofera

Manfaat-Daun-Indigofera

Pada umumnya indigofera memiliki daun menyirip berukuran 3-25 cm dan bunga kecil yang memiliki panjang 2-15 cm. Tanaman ini rata-rata memiliki tinggi yang sedang namun menghasilkan daun yang lebat dan banyak. Tidak hanya itu, indigofera cocok tumbuh di daerah kering karena dapat bertahan di daerah dengan curah hujan rendah.

Berdasarkan penelitian Food and Agricultural Organization, indigofera memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, indigofera juga mengandung mineral yang ideal untuk kebutuhan hewan ternak. Oleh karena itu, daun indigofera sering dimanfaatkan menjadi pakan ternak. 

Ragam Manfaat Daun Indigofera

Manfaat-Daun-Indigofera

Selain warna dan bentuk bunga yang indah, indigofera sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesua. Pada umumnya, daun dan bunga indigofera sering dijadikan sebagai:

1. Pakan Ternak

Dikutip dari penelitian yang dilakukan Suharlina (2011), indigofera mengandung protein kasar {PK) sebanyak 23,66-31,1% dengan koefisien cerna in vitro berkisar 65,33-70,64%.

Hal ini membuktikan bahwa komposisi protein yang terdapat pada daun indigofera sangatlah baik untuk dijadikan pakan ternak. Selain dari kandungannya, produksi indigofera juga tergolong banyak sehingga bisa menghasilkan jumlah pakan ternak yang lebih menguntungkan dibandingkan tanaman hijau lainnya, Ladies.

2. Sebagai Konservasi Kawasan

Jenis indigofera yang memiliki bentuk seperti tanaman semak sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman penutup tanah (cover top) pada lahan terbuka. Tanaman indigofera juga terkenal dapat mencegah erosi yang terjadi pada tanah. Oleh karena itu, indigofera dapat bermanfaat sebagai konservasi kawasan.

3. Sebagai Pupuk Hijau

Berdasarkan penelitian dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur, indigofera merupakan leguminosa yang bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium sp sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk kimiawi. 

Di daerah Wonogiri, Jawa Tengah, indigofera menjadi salah satu tanaman yang wajib ditanam di dekat lahan kopi, karet, tebu, dan teh. Tujuannya agar indigofera menjadi companion corp atau pupuk alami yang baik bagi pertumbuhan tanaman lain.

4. Sebagai Pewarna Alami Batik

Kerajinan batik adalah salah satu warisan budaya yang menjadi ciri khas  di setiap daerah di Indonesia. Pada zaman dahulu, ragam motif dan warna pada kain batik tidak menggunakan bahan sintesis, justru bahan alami.

Sebenarnya, metode pewarnaan menggunakan bahan alami seperti zaman dahulu dapat diterapkan di era modern ini. Tujuannya untuk mengurangi limbah dan lebih ramah lingkungan.

Nah, indigofera menjadi salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai pewarna alami batik. Tanaman ini dapat menghasilkan warna indigo atau ungu kebiruan. 

5. Sebagai Obat Herbal

Selain mengandung nutrisi yang baik untuk pakan ternak, tanaman indigofera juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Dikutip dari penelitian Suharlina, Universitas Udayana, daun indigofera dapat digunakan sebagai obat pencahar, diuretik, antipiretik, mengobati serangan ular, lebah, dan serangga lainnya. Selain itu, indigofera juga sudah melalui uji coba sebagai obat anti kanker yang efektif menghambat kanker sampe 22,15%.

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun indigofera bagi kesehatan tubuh. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan tanaman ini sebagai pupuk atau obat herbal?

Baca Juga:

Ajaib Banget! Ini 5 Manfaat Daun Dadap Serep buat Kesehatan

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Lari buat Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang