5 Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

0
34

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Buah berenuk mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, sehingga banyak yang belum mencicipinya. Namun, ternyata buah ini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Selain daging buahnya, bagian tanaman lainnya seperti kayu dan daun berenuk dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Buah dengan sebutan calabash ini mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya itu, berenuk yang memiliki nama latin Crescentia cujete juga mengandung senyawa fitokimia yang punya segudang manfaat.

Penasaran apa saja manfaatnya? Mari simak lima manfaat buah berenuk bagi kesehatan tubuh, Ladies. 

1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat-Buah-Berenuk-bagi-kesehatan

Berdasarkan hasil riset, buah berenuk berpotensi menurunkan risiko tumor dan kanker. Hal ini berkat kandungan quercetin dan anthraquinone yang tergolong dalam senyawa flavonoid.

Senyawa flavonoid bertugas sebagai antioksidan dan bersifat angiogenik yang mampu menekan pertumbuhan sel tumor dalam tubuh. Namun, manfaat ini baru diteliti pada sel telur bebek, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah berenuk bagi tubuh manusia. 

2. Menjaga Kadar Gula Darah Seimbang

Manfaat-Buah-Berenuk-bagi-kesehatan

Di balik rasanya yang pahit ternyata buah berenuk baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini karena buah berenuk mengandung senyawa fitokimia yang dapat merangsang produksi dan kinerja insulin.

Insulin diproduksi di pankreas yang berguna untuk mengubah gula menjadi energi. Dengan meningkatnya kadar dan kinerja insulin, kadar gula darah akan menurun.  

Untuk mengontrol kadar gula darah, Ladies dapat mengonsumsi air rebusan buah berenuk selama 7-14 hari secara rutin. Namun, sebelum mengonsumsi air rebusan berenuk, ada baiknya Ladies berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

3. Menurunkan Efek Bisa Ular

Manfaat-Buah-Berenuk-bagi-kesehatan

Selanjutnya, buah berenuk bermanfaat untuk menurunkan efek bisa ular, khususnya jenis ular viper Rusia. Dalam penelitian International Journal of Phytomedicine (2012) menunjukkan bahwa senyawa tanin, alkaloid, serta flavonoid dalam buah berenuk efektif menetralkan racun ular.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat-Buah-Berenuk-bagi-kesehatan

Ladies, tingginya kadar natrium dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah dan stroke. Untuk mencegah hal ini, Ladies dapat mengonsumsi buah berenuk yang kaya akan mineral kalium.

Kalium dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar natrium berlebih dalam tubuh kita, Ladies. Tidak hanya itu, mineral ini juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, memecah dan memanfaatkan karbohidrat, berfungsi membentuk otot, menjaga pertumbuhan tubuh, serta aktivitas listrik di saraf dan jantung. 

5. Membantu Menurunkan Demam

Manfaat-Buah-Berenuk-bagi-kesehatan

Selain menyehatkan jantung, buah berenuk juga membantu menurunkan demam. Hal ini karena buah berenuk mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Tidak hanya itu, buah berenuk juga mengandung senyawa anti inflamasi, sehingga membantu mempercepat pemulihan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Ladies hanya perlu merebus buah ini dengan air 500 ml. Rebus hingga air berkurang menjadi 200 ml, lalu minum ramuan ini selagi hangat.

Demikian penjelasan mengenai lima manfaat buah berenuk bagi kesehatan tubuh. Sebelum mengonsumsi buah ini sebagai obat alternatif, sebaiknya Ladies berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Baca Juga:

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Daun Meniran untuk Tubuh

Benarkah Minyak Kayu Putih Punya Manfaat buat Kejantanan Pria?

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh