5 Manfaat Besar Kerang Hijau buat Kesehatan, Tinggi Kandungan Nutrisi! 

0
7

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Apakah Ladies suka makan kerang hijau? Seafood yang satu ini biasanya diolah menjadi masakan pedas yang memanjakan lidah. Namun di balik kelezatannya, ternyata kerang juga tinggi nutrisi serta banyak manfaat, loh.

So, apakah Ladies pecinta kerang hijau? Langsung saja simak kandungan nutrisi dan manfaat kerang hijau bagi kesehatan tubuh, Ladies!

Nutrisi Kerang Hijau

manfaat-kerang-hijau-buat-kesehatan

Kerang hijau mengandung tinggi protein dan rendah lemak. Di dalamnya juga terdapat vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Itu sebabnya makanan ini tak cuma enak, tetapi juga punya nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi lengkap pada kerang hijau antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin E. Nutrisi-nutrisi tersebut berdampak bagus untuk kesehatan tubuh. Asalkan dikonsumsi dengan tepat, kerang hijau banyak manfaatnya kok, Ladies.

Manfaat Kerang Hijau

manfaat-kerang-hijau-buat-kesehatan

Setelah memahami beberapa kandungan penting dalam kerang hijau, waktunya kita cari tahu apa saja manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat kerang hijau yang perlu kita tahu, Ladies.

1. Menjaga Kesehatan Otak

Sebagai salah satu golongan kerang, makanan ini mengandung asam lemak omega 3. Kandungan ini menjadi salah satu nutrien penting untuk kesehatan otak. Asam lemak tak jenuh tersebut tersebut membantu mengurangi risiko penyusutan otak saat usia bertambah.

2. Menjaga Bekerjanya Fungsi Sel

Kerang hijau tinggi akan protein baik yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, protein berperan penting dalam sel tubuh, termasuk dalam menjaga struktur, dan kesehatan badan.

3. Meredakan Artritis

Artritis adalah kondisi saat sendi mengalami peradangan sehingga terasa nyeri saat bergerak. Nah, untuk membantu meredakan nyeri tersebut, kamu bisa mengonsumsi kerang hijau, Ladies. Hal ini karena kerang hijau mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi efek peradangan tersebut. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak tak jenuh pada kerang hijau efektif menurunkan kolesterol dalam darah, Ladies. Alhasil, risiko penyakit jantung pun dapat diminimalisasi. Hanya saja, konsumsi dari kerang hijau ini mesti bijak dan tidak berlebihan ya, Ladies.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada kerang hijau membantu mencegah anemia alias kekurangan darah. Zat besi sendiri dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Jadi, secara tidak langsung keberadaan zat besi pada kerang hijau dapat membantu kadar sel darah merah tubuh tetap normal.

Risiko Konsumsi Kerang Hijau

manfaat-kerang-hijau-buat-kesehatan

Meski punya banyak manfaat, kita juga perlu memahami beberapa risiko yang muncul dari makanan ini. Mengosumsi kerang hijau secara berlebihan dapat memicu alergi bagi beberapa orang. Jadi, sebaiknya hindari makanan ini jika punya riwayat alergi terhadap makanan laut ya.

Selain itu, ada juga risiko terkena keracunan makanan. Pasalnya, kerang hijau yang berasal dari laut rawan terkena kontaminasi logam berat berbahaya seperti merkuri.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengonsumsi kerang hijau dari tempat yang benar-benar terpercaya atau dari penangkaran khusus. Jangan lupa untuk memasak kerang hijau sampai benar-benar matang untuk membunuh seluruh bakteri di dalamnya.

Melalui informasi tadi, semoga Ladies juga tetap bijak saat menyantap kerang hijau ya. Jika muncul gejala alergi setelah memakan kerang hijau, jangan lupa langsung konsultasikan ke dokter, Ladies.

Baca Juga:

8 Manfaat Buah Stroberi, Bikin Kulit Jadi Glowing Maksimal  

5 Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Daun Meniran untuk Tubuh