5 Makanan Khas Sumatera Barat yang Wajib Dinikmati Pelancong

0
23

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Sumatera Barat memiliki wisata alam hingga kuliner yang sangat luar biasa menakjubkan. Melancing ke tempat ini dijamin tidak menyesal deh Ladies. Soalnya di Suamtera Barat punya banyak makanan khas yang rasanya menggoyang lidah.

Kuliner khas Sumatera Barat terkenal akan bumbu rempahnya yang kuat, sehingga menghasilkan cita rasa unik dan berbeda dengan daerah lainnya. Penasaran apa saja makanan yang bisa kita nikmati di Sumatera Barat? Berikut lima rekomendasi makanan khas Sumatera Barat yang wajib dinikmati.

1. Makanan Khas Sumatera Barat – Soto Padang

makanan-khas-sumatera-barat

Soto padang terbuat dari kaldu sapi yang biasanya dihidangkan dengan irisan daging. Daging soto ini sudah digoreng kering serta ditambahkan bihun dan perkedel kentang. Kaldu soto ini terasa kuat karena terdapat berbagai rempah pilihan.

Kombinasi bahan seperti cengkeh, kapulaga, daun jeruk, dan bunga lawang, tercampur menjadi kaldu khas yang sangat nikmat. Tambahkan kerupuk merah muda sebagai pelengkap soto padang yang memperkaya rasa soto tersebut.

2. Makanan Khas Sumatera Barat – Dadiah

makanan-khas-sumatera-barat

Dadiah merupakan olahan yogurt tradisional yang terbuat dari susu kerbau. Makanan ini difermentasi dalam wadah bambu yang ditutup dengan daun pisang yang sudah dilayukan di atas api. Proses ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 hari.

Agar lebih nikmat, kita bisa mengonsumsi makanan ini sebagai sarapan pagi yang dicampur dengan emping serta gula merah. Dadih juga bisa dijadikan sebagai lauk pauk pendamping nasi yang membuat kita ketagihan, Ladies.

3. Makanan Khas Sumatera Barat – Bika Talago

makanan-khas-sumatera-barat

Daerah Bukittinggi bersuhu dingin sehingga kita membutuhkan kuliner dengan sajian yang hangat. Di daerah ini, kita bisa menyantap salah satu makanan khasnya yaitu bika talago yang dimasak menggunakan tungku pembakaran. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan manis sebab terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan gula putih.

4. Makanan Khas Sumatera Barat – Itiak Lado Mudo

makanan-khas-sumatera-barat

Makanan khas Sumatera Barat yang satu ini berasal dari olahan daging bebek. Rasanya yang gurih sekaligus pedas membuat menu ini menjadi favorit wisatawan lokal bahkan mancanergara, Ladies. Makanan ini dapat dengan mudah kita temukan di berbagai rumah makan.

5. Makanan Khas Sumatera Barat – Pensi

makanan-khas-sumatera-barat

Danau Minjau menjadi danau favorit yang menghasilkan kerang kecil yang hidup di perairan tawar. Warna hewan remis ini hitam kecoklatan dan berukuran sebesar jempol tangan.

Banyak penduduk sekitar yang memanfaatkannya sebagai bahan pangan bernama Pensi. Pensi diolah bersama kunyit, lengkuas, jahe yang guna menghilangkan bau amis dan menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara memakannya dengan menghisap bagian cangkang yang sudah terbuka. Dimakan pakai nasi putih hangat pasinya bikin ketagihan, Ladies!

Itulah makanan khas daerah Sumatera Barat yang bisa kita nikmati. Semoga rekomendasi kali ini dapat membantu kita menemukan makanan enak saat berkunjung ke Sumatera Barat. 

Baca Juga:

7 Makanan Khas Madura yang Super Enak Untuk Dicoba

5 Daftar Makanan khas Betawi, Ada yang Langka dan Unik!

5 Jenis Makanan Pecel di Indonesia, Dijamin Nikmat dan Lezat