5 Makanan Khas Riau, Kuliner Nikmat Bagi Food Vloger

0
62

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Indonesia terkenal akan tradisi kuliner yang paling beragam dan kaya di dunia. Cita rasa yang kuat membuat kelezatan berbagai masakan tak bisa diragukan lagi kenikmatannya. Hal ini juga tak terlepas dari keragaman budaya yang ada di setiap wilayah Nusantara.

Salah satu kuliner yang wajib dicoba yaitu makanan khas dari Riau di provinsi Sumatera. Wilayah ini berada pada bagian tengah pantai timur atau lebih tepatnya berada di sepanjang pesisir Selat Malaka. Jika sempat berkunjung ditempat ini, jangan lupa mencicipi makanan berikut ini, Ladies!

1. Gulai Ikan Patin

makanan-khas-riau

Gulai ikan patin berasal dari Pekanbaru, Riau yang biasanya dinikmati dengan nasi yang masih hangat dan pucuk daun ubi yang sudah direbus. Ciri khas gulai ini ada pada potongan ikan patin yang disiram dengan kuah berwarna kuning. Cita rasa pedas manis dan gurih membuat masakan ini diburu para wisatawan.

2. Bolu Kemojo

makanan-khas-riau

Bolu Kemojo adalah kue manis khas Riau yang kata kojo atau kemboja. Bunga kemboja Sesuai dengan namanya, kue ini terinspirasi dari bunga kamboja. Bolu ini memiliki tekstur yang lembut dan padat sehingga mirip dengan kue basah dengan rasa manis yang khas.

Bolu ini terbuat dari telur, tepung, dan gula serta campuran warna hijau yang berasal dari air suji dan daun pandan. Lalu dimasak dengan cara dikukus sehingga bisa Ladies coba buat di rumah. Harganya pun sangat ekonomis yaitu mulai dari Rp 15.000 untuk setiap pack-nya.

3. Gulai Belacan

makanan-khas-riau

Makanan khas Riau selanjutnya adalah gulai belacan. Makanan ini  adalah olahan udang dengan kuah kental yang terbuat dari santan.

Kuah gulai ini memiliki rasa yang khas sebab terbuat dari campuran asam jawa, kemiri, dan lada. Umumnya, olahan gulai ini adalah udang laut atau udang air tawar. Kombinasi keduanya menjadikan hidangan ini semakin nikmat.

4. Roti Canai

makanan-khas-riau

Camilan lainnya yang paling digemari dan populer di Riau adalah roti canai. Makanan ini memiliki bentuk yang pipih. Roti ini terbuat dari adonan berbahan dasar tepung yang diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang menggunakan minyak.

Agar semakin nikmat, banyak orang yang menikmati hidangan ini dengan teh tarik dan kari kambing. Citarasa roti ini sangat gurih, garing di luar, dan lembut bagian dalamnya. Roti ini juga memiliki berbagai varian rasa seperti manis dan asin.

5. Mie Lendir

makanan-khas-riau

Mie lendir juga tak kalah nikmat dengan makanan khas Riau lainnya. Makanan ini terbuat dari mie berwarna kuning yang dilengkapi dengan toge lalu disiram dengan kuah berisi kacang dan ubi.

Sekilas makanan ini tampak sama dengan hidangan mie lainnya.  Namun, perbedaannya terletak pada kuah mie yang cenderung kental menyerupai lendir.

Demikianlah lima makanan khas dari daerah Riau yang bisa kita jadikan referensi wisata kuliner bersama keluarga. Selain terasa lezat, makanan ini juga menjadi identitas budaya Indonesia yang patut dilestarikan.

Baca Juga:

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

8 Rekomendasi Racun Tikus yang Ampuh dengan Harga Terjangkau

5 Cara Memelihara Kucing di Rumah, Cat Lovers Wajib Tahu