5 Makanan Khas Lampung Paling Lezat, Tak Boleh Dilewatkan

0
37

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Bandar Lampung adalah salah satu tempat wisata idola di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini. Selain wisata alam, makanan khas Lampung selalu menjadi sorotan.

Lampung memiliki makanan khas yang unik dengan cita rasa yang tak kalah nikmat dengan sajian di daerah lainnya. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Lampung jangan lupa untuk menikmati berbagai kuliner menarik di salah satu provinsi milik Sumatera ini. Berikut ini rekomendasi makanan khas Lampung yang wajib dicoba.

1. Makanan Khas Lampung: Gulai Taboh

makanan-khas-lampung

Gulai taboh adalah olahan kuah yang bahan utamanya terbuat dari ikan dan bumbu kuning. Biasanya jenis ikan yang sering digunakan untuk memasak gulai ini adalah ikan nila. Makanan ini memiliki cita rasa serta aroma rempah yang nikmat. 

Namun di balik rasanya yang gurih, proses memasak makanan ini sangat panjang, Ladies. Pertama, ikan tersebut harus melalui proses pengasapan terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi gulai. Proses ini berlangsung selama 24 jam hingga ikan menjadi kering dan tidak mudah hancur.

2. Makanan Khas Lampung: Locupan

makanan-khas-lampung

Makanan selanjutnya yang tak kalah unik yaitu locupan. Bahan dasar pembuatan mie locupan ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan mie pada umumnya.

Sekilas, locupan terlihat seperti mie udah khas Jepang. Selain itu, locupan juga hampir mirip dengan mie ala Chinese. Hal ini lantaran toping yang digunakan yaitu ayam cincang dengan campuran bahan lain yaitu tauge dan juga sayuran hijau. Mie locupan menjadi idola karena memiliki cita rasa yang ringan dan gurih.

3. Makanan Khas Lampung: Kemplang

makanan-khas-lampung

Saat berkunjung ke Lampung, jangan lupa membeli makanan khas yang satu ini, yaitu kemplang. Makanan ini bisa kita jadikan oleh-oleh untuk keluarga kita karena praktis dan sering di jual di pusat perbelanjaan oleh-oleh Lampung.

Kemplang merupakan makanan kering sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Rasanya pun enak dan pasti membuat semua orang ketagihan.

4. Makanan Khas Lampung: Pindang Kepala Simba

makanan-khas-lampung

Lampung adalah salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia. Inilah yang membuat banyak hidangan tradisional daerah ini yang terbuat dari bahan dasar ikan, diantaranya pindang kepala simba.

Makanan yang satu ini merupakan makanan populer di Lampung. Ikan simba merupakan salah satu ikan yang sering dikonsumsi di daerah ini. Ukuran ikan ini cenderung besar dan kaya akan daging dengan tekstur lembut, sehingga nikmat dikonsumsi.

5. Makanan Khas Lampung: Es Kacang Merah

makanan-khas-lampung

Selain makanan, ada pula minuman super enak khas kota Lampung yaitu es kacang merah. Sesuai namanya, es ini berbahan dasar kacang merah yang dicampurkan dengan es serut. Agar tambah nikmat, campurkan dengan kolang-kaling dan gula merah.

Es kacang merah bisa kita nikmati kapan saja, apalagi di siang hari yang panas, Ladies. Selain itu, es ini juga sering dijadikan sebagai hidangan penutup pencuci mulut dengan harga yang ekonomis.

Demikianlah informasi seputar kuliner khas Lampung yang bisa kita santap. Semoga rekomendasi tersebut dapat menjadi referensi untuk membeli oleh-oleh khas Lampung.

Baca Juga:
8 Olahan Buah Segar, Hidangan Khas Nusantara yang Dijamin Bikin Nagih

9 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Coba?