5 Kisah Sahabat Nabi Muhammad, Mendampingi dengan Setia

0
108

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Dalam berdakwah menyebarkan agama Islam, Nabi Muhammad SAW biasanya didampingi oleh para sahabat. Inilah yang disebut generasi paling bermakna dalam agama Islam, ketika banyak orang tidak mempercayai Rasulullah, merekalah yang menjadi pelindung nomor satu untuk beliau. 

Bahkan kita bisa mengenal agama Islam yang saat ini berkat jasa para sahabat. Kisah dan nama para sahabat nabi terus diingat agar menjadi suri tauladan untuk menjalani kehidupan. Ingin tahu kisanya? Berikut 5 kisah sahabat Rasulullah yang menyentuh hati.

1. Utsman bin Affan

Terkenal sebagai sosok yang kaya raya tak lantas membuat Utsman bin Affan besar kepala. Sebagai sahabat nabi, ia memiliki akhlak yang mulia hingga mendapatkan julukan dua cahaya atau “dzunnur’ain”. Gelar kehormatan ini diperoleh usai dirinya menikahi Ruqayyah dan Ummu Kultsum, dua putri dari Rasulullah SAW.

2. Abu Bakar As-Siddiq

Abdullah bin Abu Quhafah ‘Utsman bin ‘Amir Al-Qurasyi At-Taimi atau lebih dikenal dengan Abu Bakar As-Siddiq adalah seorang saudagar kaya raya. Bahkan Abu Bakar memiliki harta lebih dari 40 ribu dirham dan telah memerdekakan 70 budak.

Abu Bakar juga sosok sahabat yang paling dicintai oleh Rasulullah. Ialah khalifah pertama yang membuat Islam semakin berjaya.

Namun, di tengah puncak kejayaannya, Abu Bakar harus wafat pada usia 61 tahun karena sakit dan dimakamkan di samping Nabi Muhammad SAW. Sosoknya yang pemberani, jujur, amakan, dan selalu membela kebenaran haruslah kita teladani dalam hidup.

3. Ali bin Abi Thalib

Menantu kesayangan Rasulullah ini menyandang status sebagai keponakan tercinta Rasulullah SAW. Haydar bin Abu Thalib bin Abdi Manaf bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf menikahi Fatimah, putri kesayangan Nabi Muhammad. 

Berdasarkan jalur keturunannya, Rasululullah tidak memiliki cucu selain darah daging Fatimah dan Ali. Ia pun menjadi khalifah keempat usai kematian Utsman bin Affan. Ali berhasil memimpin Kekhalifahan Rasyidin selama 5 tahun dari 35 hingga 40 Hijriah.

4. Umar bin Khattab

Empat tahun sebelum hadirnya Nabi Muhammad SAW, lahirlah sosok Umar bin Khattab yang memiliki julukan “singa padang pasir”. Awalnya Umar termasuk kelompok yang menentang agama Islam hingga dirinya mendapatkan hidayah dari Allah SWT. 

Umar bin Khattab bin Nufail adalah keturunan Abdul Uzza Al-Quraysi yang berasal dari suku Adi. Setelah memeluk agama Islam, Umar bin Khattab menjadi sahabat yang selalu mendapingi Rasulullah di kalan suka dan duka. Ia juga berperan sebagai orang kepercayaan dan penasihat utama Nabi Muhammad SAW.

5. Zubair bin Awwam

Rasululullah SAW memiliki sepupu gagah berani yang bernama Zubar bin Awwam. Ia termasuk salah satu sahabat yang dijanjikan pintu surga. Ini karena jasanya yang mampu menghunuskan pedang demi menegakkan agama Islam. Ia rela melakukan apapun demi mensyiarkan dan syariat agama Allah SWT.

Itulah 5 kisah dari sahabat Rasulullah SAW yang bisa kita ambil hikmah dari setiap kisahnya. Tentunya hal ini akan semakin menyadarkan kita agar selalu mematuhi aturan di agama Islam dan menjauhi larangan Allah SWT.

Baca Juga:

Doa Malam Pertama untuk Pengantin Baru Supaya Berkah

Doa untuk Kedua Orang Tua yang  Sudah Meninggal

Bacaan Doa Qunut Nazilah untuk Meminta Perlindungan Allah