5 Kewajiban Suami Terhadap Istri yang Harus Dipenuhi, Wajib Tahu

0
34

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Memasuki kehidupan pernikahan sebagai seorang suami memberikan perubahan besar dalam hidup. Selain istri, suami juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi. Dengan menunaikan kewajiban sebagai seorang suami, rumah tangga yang sakinah, mawah, dan warahmah pun akan tercipta.

Lantas, apakah Ladies tahu betul bagaimana peran seorang suami dalam rumah tangga? Lalu apa saja kewajiba suami terhadap istri yang harus dipenuhi? Mari simak penjelasannya sampai habis, Ladies.

Kewajiban Suami Terhadap Istri

Kewajiban-Suami-Terhadap-Istri

Tidak hanya seorang istri yang memiliki kewajiban, suami juga memiliki peran dalam rumah tangga. Dalam ajaran agama Islam, berikut beberapa kewajiban suami terhadap istri:

1. Menjaga iman

Satu peran utama suami dalam pernikahan adalah menjaga keimanan istri dalam agama dan menuntunnya ke jalan yang benar. Suami yang baik akan membawa istri menjadi pribadi yang lebih baik dan taat pada Sang Maha Kuasa.

Hal ini bisa diwujudkan dengan memimpin ibadah, mengingatkan jika lupa beribadah, membawa makanan halal, serta membantu mendidik anak supaya menjadi pribadi yang sholeh atau sholeha.

2. Memberi nafkah

Memberikan nafkah merupakan hukum wajib yang harus dipenuhi suami kepada istri. Suami harus bisa menjamin keberlangsungan hidup istri dengan memberikan nafkah yang cukup dan layak.

Bahkan dalam satu hadis menjelaskan bahwa hal ini adalah hukum yang wajib. Seperti perkataan dari Saad bin Abi Waqosh RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Dan sesungguhnya jika engkau memberikan nafkah, maka hal itu adalah sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu.”

3. Berhubungan intim

Berhubungan intim dengan istri sah adalah salah satu bentuk kewajiban dan ibadah yang indah. Hal ini dituang dalam surat An-Nisa ayat 19 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā yaḥillu lakum an tariṡun-nisā`a kar-hā, wa lā ta’ḍulụhunna litaż-habụ biba’ḍi mā ātaitumụhunna illā ay ya`tīna bifāḥisyatim mubayyinah, wa ‘āsyirụhunna bil-ma’rụf, fa ing karihtumụhunna fa ‘asā an takrahụ syai`aw wa yaj’alallāhu fīhi khairang kaṡīrā.

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.”

Selain berhubungan intim, memperlakukan istri dengan baik juga merupakan tanggung jawab suami yang menjadikannya sebagai pahala.

4. Menjaga aib istri

Menjaga aib pasangan adalah satu bentuk cinta yang tidak boleh dilewatkan. Menjadi manusia tentunya memiliki banyak kekurangan, begitu pula dengan pasangan. Oleh karena itu, sebagai pasangan yang baik, suami harus bisa menutupi aib istri dari orang banyak dan menjaga kehormatan istri.

5. Memuliakan keluarga istri

Selain memuliakan istri, memuliakan keluarga istri juga menjadi satu hukum wajib yang perlu dilakukan oleh suami. Istri tentunya memiliki keluarga dan otomatis juga menjadi keluarga suami.

Terlebih istri adalah seorang anak yang semasa kecilnya dibesarkan dan dididik sebaik mungkin dengan penuh kasih oleh keluarganya. Jadi, sudah sepantasnya seorang suami harus menghormati keluarga sang istri. Muliakanlah keluarga istri sebagaimana sang istri dimuliakan dan dijaga oleh keluarganya.

Nah, itulah lima kewajiban suami terhadap istri yang perlu diperhatikan dan dilakukan. Semoga Ladies dan sang suami dapat menunaikan kewajiban sebagai suami istri dengan baik, ya!

Baca Juga:

Kumpulan Kata-Kata Kecewa dan Sedih untuk Suami, Biar Semakin Peka

Doa Sebelum dan Sesudah Berhubungan Badan Suami Istri

Para Istri Wajib Tahu! Ini 5 Cara Memuaskan Suami Saat Seks