5 Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas untuk Mendapatkah Pahala

0
73

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Dalam Al-Qur’an, Al Ikhlas termasuk dalam surat ke-112 dan memiliki empat ayat yang istimewa. Surat Al Ikhlas juga termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang turun di kota Makkah. Sebagian besar isi dari surat ini menjelaskan tentang sifat Allah yang Maha Esa. 

Selain itu, dalam surat istimewa ini juga ditekankan pula larangan bagi manusia untuk menyekutukan Allah. Lalu, apa sajakah keutamaan yang bisa kita rasakan usai membaca surat Al Ikhlas? Berikut penjelasan selengkapnya, Ladies.

1. Al Ikhlas Setara dengan Kandungan Sepertiga dalam Al-Quran

SuratAl-Ikhlas

Al Ikhlas memiliki kandungan yang sebanding dengan jumlah sepertiga Al-Qur’an. Hal ini dijelaskan dalam hadits Imam Bukhari yang menuturkan bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al Quran”.

Surat ini memang terkenal dengan kandungannya yang berisi sifat dan nama Allah SWT. Inilah yang menggambarkan betapa besarnya kekuatan Allah dan keesaan-Nya. Al Ikhlas juga menjelaskan bahwa Allah tidak beranak, tidak diperanakkan, dan tiada yang setara dengan-Nya. 

2. Membuat Kita Disayang Allah 

Surat-Al-Ikhlas

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Aisyah r.a pernah melihat Nabi Muhammad SAW mengangkat seorang lelaki menjadi pemimpin pasukan khusus dalam menjalankan tugas. Lelaki itu lantas menjadi imam salat dan selalu mengakhiri bacaannya dengan surat Al Ikhlas. 

Kemudian setelah pasukan tersebut pulang, Rasululllah menjelaskan jika membaca surat Al Ikhlas membuat Allah SWT menyukai lelaki tersebut. Sehingga sahabat nabi pun membiasakan hal itu saat mengimami alat. 

3. Salah Satu Jalan Menuju Surga

Surat-Al-Ikhlas

Keutamaan lain dari surat ini jika kita membacanya dengan bersungguh-sungguh yaitu dapat menjadi jalan bagi kita menuju surga Allah. Dalam sebuah hadits dijelaskan yang artinya: 

“Barang siapa membaca: ‘Qul huwa-llahu ahad’ sepuluh kali, maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga” (Disahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam As-Silsilah Shahihah, dan Shahihul Jami dari Muadz bin Jabal.

4. Jauh dari Kemiskinan

Surat-Al-Ikhlas

Membaca Al ikhlas secara rutin juga akan menjauhkan kita dari kemiskinan. Rezeki akan terus berdatangan dari tempat dan asal yang tak terduga. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya.”

5. Menjadi Pelindung

Surat Al Ikhlas

Jika kita membaca surat Al Ikhlas bersama dengan Al Falaq dan An Nas, maka ketiga surat ini mampu melindungi diri kita atas izin Allah SWT. Sebaiknya kita rutin membaca ketiga surat tersebut sebelum tidur agar tidak terganggu dari godaan setan, Ladies.

Itulah 5 keutamaan membaca Surat Al Ikhlas setiap hari. Semoga dengan begini Allah SWT lantas mengabulkan doa kita semua dan menjadikan kita lebih dekat dengan sang Maha Kuasa, Ladies.

Baca Juga:

5 Keistimewaan Surah Al-Kahfi Lengkap dengan Arab dan Maknanya

Pengertian dan Hadis Tentang Wanita Salihah dalam Islam

5 Bacaan Sholawat Nariyah dan Keutamaannya, Coba Diamalkan agar Berkah