5 Ragam Senam Lantai dan Manfaatnya yang Wajib Diketahui

0
67

Penulis: Gladys |  Editor: Agnes

Ladies, saat sekolah mungkin pernah diperkenalkan olahraga senam lantai. Ternyata, senam lantai dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan jasmani kita, loh.

Senam lantai memiliki banyak jenis gerakan, baik tanpa alat maupun menggunakan bantuan alat. Buat pemula, ada baiknya untuk melakukan gerakan senam lantai di atas matras agar terhindar dari cedera.

Buat Ladies yang ingin belajar senam lantai, yuk simak macam-macam senam lantai di bawah ini. Ssst, ada banyak manfaat yang bisa Ladies rasakan, loh.

1. Roll Depan

Roll depan adalah gerakan senam lantai yang dilakukan dengan menggulingkan tubuh ke arah depan menggunakan tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Gerakan ini dapat dilakukan dengan awalan berdiri maupun jongkok. Supaya aman, berikut ini langkah-langkahnya, Ladies.

Awalan Berdiri

  • Berdiri tegak, letakkan tangan dengan lurus di samping badan.
  • Angkat kedua tangan ke arah depan tubuh sembari membungkukkan badan. Kemudian letakkan kedua telapak tangan di atas matras, posisikan kaki tegak lurus.
  • Letakkan siku menyamping lalu masukkan kepala di antara dua tangan.
  • Letakkan bahu ke matras dan berguling ke depan.
  • Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut hingga menyentuh dada, posisi kedua tangan merangkul lutut.
  • Setelah itu jangan buru-buru bangkit, namun jongkok dulu baru berdiri tegak.

Awalan Jongkok

  • Berjongkoklah dengan kedua kaki rapat, tempelkan lutut ke dada serta kedua tangan bertumpu kira-kira 40 cm di depan ujung kaki.
  • Bengkokkan kedua tangan, letakkan bahu di matras, tundukkan kepala dan tempelkan dagu ke dada.
  • Bergulinglah ke depan. Setelah selesai, kembalilah dalam posisi jongkok dengan tangan memegang tumit.

2. Sikap Lilin

Sikp lilin adalah salah satu gerakan senam lantai yang bisa dilakukan tanpa alat. Kunci gerakan ini adalah kekuatan punggung bagian atas dan siku. Sikap ini dapat melatih keseimbangan, pernapasan, dan postur tubuh, Ladies.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Posisikan tubuh telentang di atas matras.
  • Angkat kedua kaki ke atas setinggi mungkin hingga tegak lurus dan bokong tidak menyentuh lantai.
  • Gunakan tangan untuk menopang pinggang demi menjaga keseimbangan atau bisa juga letakkan kedua tangan di bawah kepala jika sudah merasa seimbang.

3. Kayang

Gerakan senam lantai kayang atau bridge bermanfaat untuk mengencangkan otot bokong dan paha. Bagi Ladies yang masih pemula, bisa melakukannya dengan posisi berbaring sebagai awalan. Supaya lebih aman, ikuti langkah-langkah berikut ini ya, Ladies.

  • Berbaring di matras dengan posisi kaki terbuka selebar bahu.
  • Angkat pinggul perlahan-lahan lalu bengkokkan lutut. Bantu dengan letakkan telapak tangan di lantai hingga kedua lengan tegak lurus di sisi tubuh.
  • Biarkan kepala mengikuti gravitasi agar posisi lebih rileks.
  • Lakukan kayang selama 10 sampai 30 detik.

4. Handstand

Berdiri menggunakan tangan (handstand) dapat melatih otot tangan, keseimbangan, dan pernapasan. Perhatikan langkah-langkah ini ketika melakukannya, Ladies.

  • Berdiri tegak di sebuah matras kemudian letakkan salah satu kaki sedikit ke depan.
  • Kemudian bungkukkan badan sambil meletakkan tangan di matras.
  • Lemparkan pandangan sedikit ke depan sambil mendorong pantat setinggi-tingginya hingga seluruh tungkai terangkat.
  • Posisikan kedua tungkai hingga rapat dan lurus membentuk merupakan satu garis dengan badan dan lengan.

5. Roll Belakang

Roll belakang adalah kebalikan dari roll depan, yakni menggulingkan badan ke belakang arah belakang dengan posisi badan membulat. Untuk melakukannya, kedua kaki harus dilipat, lutut menempel di dada, dan menundukkan kepala sampai dagu menyentuh di dada. Untuk detail gerakannya, perhatikan langkah berikut ini ya.

  • Berjongkoklah dengan kedua kaki rapat namun tumit diangkat.
  • Tundukkan kepala hingga dagu rapat ke dada.
  • Letakkan punggung di matras, posisikan kedua tangan di samping telinga dengan telapak tangan menghadap ke bagian atas.
  • Segera ayunkan kaki secara kuat ke belakang melewati kepala dengan bantuan kedua tangan yang telah bersiap menolak tadi.
  • Lakukan ayunan ke belakang hingga ujung kaki dapat mendarat di matras dan kembali ke sikap jongkok.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis senam lantai dan cara melakukannya. Ladies bisa melakukan gerakan senam lantai ini di rumah untuk meningkatkan kelenturan tubuh, membuat tulang kuat, meningkatkan kekuatan otot, dan melatih pernapasan.

Baca Juga:

Olahraga Penurun Berat Badan Agar Tubuh Cepat Langsing  

5 Olahraga Ini Efektif Meninggikan Badan Loh, Cobain Yuk!

Coba 7 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Paling Efektif