5 Jenis Makanan Pecel di Indonesia, Dijamin Nikmat dan Lezat

0
99

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Pecel adalah salah satu menu makanan cocok dihidangankan di pagi, siang, dan malam hari. Makanan ini ditaburi bumbu khas yang nikmat dan menggugah selera kita. Ada beragama sayuran didalamnya seperti kecambah, kacang panjang, dan lainnya.

Namun, tahukah Ladies ternyata setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, loh. Apakah Ladies tahu?

1. Pecel Semanggi Khas Surabaya

Makanan ini memiliki bahan dasar yang berasal dari daun semanggi muda dan sayuran lainnya seperti kankung atau kecambah. Bumbu pecel kemudian dituangkan di atas daun semanggi muda dan disajikan dalam daun pisang yang disebut pincuk.

Bumbu pecel semanggi terbuat dari kacang tanah, gula merah, cabai, ketela rambat, bawang, dan garam. Ketela rambat memberikan tekstur yang berbeda dan menjadi khas diantara jenis pecel lainnya. Selain itu, pecel ini juga cocok dipasangkan dengan kerupuk uli.

2. Pecel Madiun

Salah satu pecel sayur paling ikonik di Indonesia adalah pecel khas kota Madiun. Hidangan ini dikenal banyak orang terutama bagi pecinta makanan pecel. Pecel Madiun terbuat dari aneka sayuran dengan tambahan daun kemangi dan petai cina.

Tak heran, jika aroma dari kemangi yang harum akan menambah rasa nikmat saat kita memakan hidangan ini. Selain itu, sajian ini biasanya juga disuguhkan dengan aneka gorengan diantaranya ote-ote, tempe, tahu, peyek, paru, dan telur mata sapi.

3. Pecel Punten

Pecel yang satu ini adalah makanan khas yang berasal dari kota Tulungangung. Pecel punten terbuat dari santan dan beras putih yang mirip seperti ketupat persegi. Rasanya pun lebih gurih, wangi, dan lebih nikmat tentunya.

Konon, makanan ini menjadi resep turun-temurun di desa Donomulyo, sehingga dijadikan makanan sehari-hari oleh penduduk setempat. Sayur yang melengkapi pecel ini juga lebih sederhana yaitu seperti tauge, kangkung, daun ketela, dan lauk seperti ikan goreng atau tempe.

4. Pecel Ndeso Khas Solo

Kebanyakan pecel biasanya diguyur oleh bumbu sambal kacang, tapi tidak demikian dengan pecel ndeso yang merupakan makanan khas kota Solo. Dari penampilannya, hidangan ini tampak lebih hitam sebab menggunakan wijen hitam didalamnya.

Keunikan lain dari pecel ini adalah dari cara penyajiannya yang menggunakan pincukan daun pisang. Aroma dari daun ini pun membuat selera makan kita semakin naik, terlebih nasi dalam pecel ini terbuat dari beras merah, sehingga cocok bagi kita yang diet.

5. Pecel Kecombrang dari Purwokerto

Banyak orang yang merasa bahwa pecel ini sangat mirip dengan pecel khas kota Madiun. Meskipun demikian, ternyata pecel ini memiliki keunikan sendiri karena terdapat kecombrang di dalamnya. Saat mengunyah makanan ini, akan terasa aroma wangi jeruk yang membuat kita ketagihan.

Demikianlah daftar pecel Indonesia yang bisa kita nikmati kapan saja. Pastinya pecel adalah makanan sehat sebab banyak sayuran di dalamnya.

Baca Juga:

10 Daerah Wisata Majalengka, Dijamin Pemandangan Keren dan Mempesona

5 Wisata Alam Temanggung, Hilangkan Penat dengan Suasana Asri

Ketahui Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh dan Tata Caranya