5 Jenis Makanan Khas Sulawesi, Dijamin Bikin Lidah Ketagihan

0
31

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Sulawesi menjadi salah satu daerah Nusantara yang terletak di antara Kepulauan Maluku dan Kalimantan. Pulau ini terbagi menjadi enam provinsi dengan keindahan alam serta laut yang menjadi daya tarik kuat bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Banyak orang berbondong-bondong mengunjungi Sulawesi karena terkenal dengan suguhan kuliner yang khas dan beragam. 

Nah, kali ini Ladies Corner akan merangkum beberapa makanan khas Sulawesi yang nikmat dan mengenyangkan. So, keep scrolling, Ladies!

1. Makanan Khas Sulawesi – Sarabba

makanan-khas-sulawesi

Sarabba merupakan minuman khas Sulawesi yang nikmat dan menyehatkan. Minuman ini terbuat dari merica bubuk, kuning telur, santan, gula aren, dan jahe. Minuman khas suku Bugis ini sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan karena bisa menghangatkan tubuh.

Minuman rempah yang mneyehatkan ini dijual dengan harga Rp 8.000 hingga Rp 10.000 saja untuk satu gelasnya. Minuman ini juga dapat menambah stamina dan menjadi favorit banyak pengunjung sebab praktis bisa didapatkan dimanapun.

2. Makanan Khas Sulawesi – Konro Bakar Karebosi

makanan-khas-sulawesi

Makanan khas Sulawesi yang satunya adalah konro bakar karebosi. Makanan ini terbuat dari iga sapi yang dibakar dengan bumbu sop konro. Penampilan makanan ini agak berbeda tergantung proses direbus atau dibakar yang tampak pada warna kuahnya.

Kuah konro bakar berwarna hitam pekat sedangkan yang direbus agak kecoklatan. Rasa iganya juga lebih terasa khas ketika dibakar. Bumbu rempah yang digunakan juga cukup beragam. Keunggulan makanan ini terletak pada teksturnya yang empuk sehingga mudah dinikmati.

3. Makanan Khas Sulawesi – Pallubasa

makanan-khas-sulawesi

Pallubasa memiliki tampilan seperti coto makassar. Namun, bahan utama dalam membuat makanan ini yaitu jeroan sapi atau kerbau. Kuah pallubasa juga lebih kecoklatan yang dilengkapi dengan kuning telur di atasnya.

Pallubbasa bisa dinikmati dengan nasi agar lebih nikmat dan mengenyangkan. Selain rasanya yang menggoda di lidah, makanan ini juga cukup murah meriah karena dibanderol dengan Rp 18.000 saja untuk setiap mangkoknya.

4. Makanan Khas Sulawesi – Pallukacci

makanan-khas-sulawesi

Pallukacci memiliki arti masakan asam dengan bahan dasar ikan. Makanan ini biasanya menggunakan bahan ikan bandeng, tuna, atau cakalang. Untuk membuatnya kita perlu menyiapkan asam jawa, kunyit bubuk, tomat, cabai, dan juga garam. 

Masakan khas ini dimasak seperti sup pada umumnya bersamaan dengan air asam dan penyedap rasa secukupnya. Agar lebih nikmat jangan lupa tambahkan tumisan bawang, cabai, dna irisan tomat. Setelah matang, sajikan makanan ini dengan nasi putih hangat atau papeda. Teksturnya yang lembut dijamin bikin ketagihan, Ladies. 

5. Makanan Khas Sulawesi – Gogoso

makanan-khas-sulawesi

Rekomendasi makanan khas Sulawesi selanjutnya adalah gogoso. Makanan ini dibuat dari bahan utama beras ketan. Proses pemasakannya juga cukup dipanggang di atas bara api saja. Makanan ini memiliki rasa yang gurih sebab dibungkus dengan daun pisang dengan isian abon sapi atau daging ayam.

Makanan ini banyak di temukan di sekitar kawasan Pantai Losari, lho. Harganya pun sangat ekonomis yakni mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 5.000 tergantung isian di dalamnya. Tentunya akan membuat kita merasa ketagihan deh, Ladies.

Nah, itulah makanan khas Sulawesi yang nikmat dan recomended untuk dicoba. Kalau berkunjung ke sini, jangan lupa untuk untuk mencoba lima makanan di atas ya, Ladies. 

Baca Juga:

5 Makanan Khas Lampung Paling Lezat, Tak Boleh Dilewatkan

8 Olahan Buah Segar, Hidangan Khas Nusantara yang Dijamin Bikin Nagih

5 Jenis Makanan Pecel di Indonesia, Dijamin Nikmat dan Lezat