5 Jenis Artikel dan Contohnya yang Perlu Kamu Ketahui

0
80

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Karya tulis merupakan memiliki banyak ragam, seperti karya tulis ilmiah, karya tulis non-ilmiah, dan karya tulis populer. Salah satu jenis karya tulis populer yang sudah pasti familiar bagi Ladies adalah artikel.

Artikel sering kita jumpai di berbagai media, baik cetak seperti majalah dan koran, maupun internet. Namun, tahukah Ladies ternyata artikel itu juga banyak jenisnya, loh. Ingin tahu apa saja jenis-jenis artikel? Simak artikel ini sampai habis ya!

Jenis-Jenis Artikel dan Contohnya

Jenis-Artikel-dan-Contoh

Artikel adalah karya tulis yang dirangkai untuk menjelaskan suatu rumusan masalah atau gagasan khusus berdasarkan fakta yang ada. Berbeda dengan skripsi ataupun makalah, artikel tergolong dalam karya tulis populer yang sering dipublikasikan untuk berbagai tujuan.

Nah, sebelum menulis artikel, ada baiknya Ladies tahu jenis-jenis artikel. Eits, jangan khawatir, ada contoh-contohnya juga, loh.

1. Artikel Narasi

Artikel narasi merupakan artikel yang menceritakan suatu peristiwa secara berurutan sesuai dengan alur waktu dan kronologis. Dalam artikel narasi, biasanya terdapat tokoh dan konflik yang dijabarkan secara sistematis mulai dari awal, tengah, atau akhir.

Contoh dari artikel narasi adalah biografi yang menceritakan peristiwa kehidupan seorang tokoh, seperti Soekarno:

“Ir. Soekarno, yang akrab disapa dengan Bung Karno, adalah anak kedua yang dilahirkan dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Pada masa kecilnya, ia diberikan nama Koesno Sosrodihardjo sebelum akhirnya diganti menjadi Soekarno.”

2. Artikel Deskripsi

Seperti namanya, artikel deskripsi adalah jenis artikel yang menggambarkan sesuatu secara detail dalam bentuk tulisan. Ketika membaca artikel deskripsi, Ladies seolah-olah bisa membayangkan peristiwa atau kejadian yang digambarkan dalam artikel. 

Jenis artikel deskripsi sering ditemukan dalam artikel yang menjelaskan suatu tempat. Contoh paragraf dalam artikel deskripsi adalah sebagai berikut:

“Gunung Merbabu, yang memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut, terletak di Boyolali, Jawa Tengah. Menjadi salah satu gunung tujuan pendakian, Merbabu memiliki empat jalur utama.

Salah satu yang menjadi favorit pendaki adalah jalur Selo. Sejauh mata memandang, padang ilalang yang hijau dan indahnya sabana akan memanjakan mata pendaki di pagi hari.”

3. Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan artikel yang menjelaskan suatu topik dengan informasi pendukung dan mengandung edukasi untuk pembacanya. Informasi pendukung yang terdapat pada artikel eksposisi biasanya berbentuk analisa, gambar, grafis, dan lain sebagainya.

Jenis artikel eksposisi umumnya dijelaskan secara singkat dan akurat. Namun lebih mendalam, seperti berita, panduan penggunaan, dan proses pembuatan sesuatu dari awal.

Contoh artikel eksposisi adalah sebagai berikut:

“Pisang goreng adalah camilan yang digemari warga di penjuru Indonesia. Pisang yang mengandung banyak vitamin C ini dapat Anda olah menjadi camilan lezat. Pertama, siapkan buah pisang sejumlah yang dibutuhkan, tepung terigu, dan air.”

4. Artikel Argumentasi

Nah, kalau jenis artikel argumentasi ini sudah bisa ditebak dari namanya, Ladies. Penulis menunjukkan pendapat atau opini dalam artikel yang didukung oleh fakta. Fakta yang disajikan biasanya berupa data dan bersifat mendukung opini atau argumen penulis.

Contoh artikel argumentasi dapat ditemukan pada artikel yang membahas tentang perhitungan cepat atau quick count pemilihan presiden:

“Berdasarkan hasil quick count sampai saat ini, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 1 tampak unggul di antara kandidat lainnya. Data pemilihan umum dari daerah DKI Jakarta menunjukkan bahwa paslon nomor 1 telah mendapatkan 378 suara.”

5. Artikel Persuasi

Terakhir ada artikel persuasi yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar melakukan sesuatu. Kata persuasi itu sendiri berarti ajakan, sehingga tulisan dari artikel persuasi dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi para pembacanya.

Contoh dari artikel persuasi dapat ditemukan pada artikel tentang larangan penggunaan narkoba:

“Narkoba mengandung zat adiktif yang dapat membuat pecandunya mengalami efek ketergantungan. Bahaya narkoba tentunya akan memberikan dampak yang negatif, sehingga semua orang harus menjauhinya.

Apakah Ladies tertarik untuk meniti karier di bidang penulisan? Nah, sebelumnya Ladies perlu tahu jenis-jenis artikel di atas dan jangan lupa berlatih menulis, ya!

Baca Juga:

Dear Jobseekers, Ini Cara Membuat CV Online Praktis dan Bagus

Catat! Ini 7 Contoh Cover Letter yang Mampu Menarik Perhatian HRD

Dapatkan Uang Tambahan dengan Usaha Online Tanpa Modal