5 Inspirasi Kerajinan Tanah Liat yang Menghasilkan Cuan

0
28

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Kamu pasti sudah sering mendengar material yang bernama tanah liat, kan? Tanah liat sering dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Selain harganya yang ekonomis, tanah liat mudah sekali dibentuk sesuai dengan keinginan, sehingga cocok dijadikan kreasi rumah.

Eits, tapi jangan salah, Ladies. Tanah liat juga bisa dijadikan kerajinan yang menghasilkan cuan, loh. Bisa dijadikan usaha sampingan, Ladies!

Karakteristik Tanah Liat

kerajinan-tanah-liat

Walaupun tanah liat merupakan material yang umum, tetapi tidak semua mengenal dalam mengenai tanah liat. Jika Ladies ingin menjadikan kerajinan tanah liat sebagai sumber penghasilan, kamu harus mengetahui dulu karakteristik tanah liat berikut ini:

  1. Tanah liat memiliki tekstur yang lengket, sehingga Ladies bisa menyentuh dan membentuk tanah liat ketika masih dalam keadaan basah.
  2. Tanah liat memiliki sifat yang sulit dalam menyerap air. Oleh karena itu, tanah liat tidak bisa dijadikan media tanam. Tapi, Ladies bisa membuat tanah liat menjadi pot tanaman dengan model yang cantik, loh!
  3. Saat sudah kering, tanah liat memiliki sifat menggumpal. Sementara itu, tanah liat akan berubah retak dan menjadi butiran halus jika tidak menyatu dengan baik. So, saat membuat kerajinan dari tanah liat, kamu harus memastikan bahwa tanah liat milikmu benar-benar tercampur dengan baik. 
  4. Tanah liat memiliki warna abu-abu atau kuning kemerah-merahan. Warna yang dimiliki oleh tanah liat bergantung pada jenis tanah yang digunakan. Untuk mempercantik kerajinan, kamu bisa mengaplikasikan cat lukis atau hiasan lainnya.

Inspirasi Kerajinan Tanah Liat 

kerajinan-tanah-liat

Tanah liat dapat menghasilkan banyak cuan ketika dijadikan kerajinan yang berguna, Ladies! Jika kamu tertarik untuk mempelajari cara membuat kerajinan dari tanah liat, inilah waktu yang tepat! Simak beragam inspirasi kerajinan tanah liat di bawah ini yang bisa menghasilkan cuan.

1. Kerajinan vas bunga dari tanah liat

kerajinan-tanah-liat

Vas bunga yang berasal dari tanah liat memang sudah sangat terkenal. Selain dibuat dari kaca atau kayu, vas bunga juga bisa dibuat dari tanah liat.

Bentuk silinder yang memanjang ke atas dengan lekukan di lehernya membuat tampilan vas bunga terlihat menawan. Selanjutnya, Ladies bisa melukis bagian luar dari vas bunga dengan gambar unik agar menarik perhatian pembeli.

2. Piring dan gelas dari tanah liat

kerajinan-tanah-liat

Peralatan makan piring dan gelas menjadi barang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Selain fungsinya, banyak orang membeli piring dan gelas untuk dijadikan koleksi karena bentuk atau motifnya yang menarik.

Ladies bisa membuat kerajinan piring dan gelas menggunakan tanah liat dengan mudah. Pastikan untuk membuat kreasi yang unik agar menarik perhatian pembeli, Ladies. 

3. Asbak dari tanah liat

kerajinan-tanah-liat

Selain vas bunga, kamu juga bisa mengkreasikan tanah liat menjadi asbak, loh. Kita bisa membuat asbak dari tanah liat dengan bentuk yang unik-unik, mulai dari kotak, lingkaran, hewan, maupun buah-buahan. 

4. Kerajinan aksesoris dari tanah liat

kerajinan-tanah-liat

Selanjutnya, Ladies dapat mengkreasikan tanah liat menjadi berbagai aksesoris yang indah. Mulai dari anting, liontin, bandul gelang, hingga gantungan kunci membuat kerajinan ini diincar oleh para wisatawan. Selain mempercantik tampilan banyak orang, kerajinan ini menguntungkan bagimu, Ladies.

5. Kerajinan celengan dari tanah liat

kerajinan-tanah-liat

Siapa sangka, ternyata celengan tanah liat masih populer hingga saat ini. Celengan tanah liat ini terkenal karena awet dan mudah dibongkar saat Anda membutuhkan uang.

Pasti Ladies sudah sering melihat celengan ayam yang berasal dari tanah liat. Nah, untuk meraup keuntungan yang besar, Ladies bisa membuat celengan tanah liat dengan bentuk yang lebih kreatif, loh! Misalnya celengan berbentuk babi, rumah, kura-kura, dan lain-lain.

Itulah lima inspirasi kerajinan tanah liat yang dapat mendatangkan cuan dengan banyak. So, mulai sekarang nggak ada salahnya untuk belajar kreasi dari tanah liat, Ladies.

Baca Juga:

7 Bisnis Modal Kecil, Usaha Sampingan Banyak Untungnya

Tambah Penghasilan dengan Usaha Online Tanpa Modal

Ini Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha Agar Dilirik Investor