5 Ilmuwan Muslim Paling Terkenal di Bidang Kedokteran, Wajib Tahu

0
61

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Ilmu kedokteran sudah populer semenjak zaman Rasulullah SAW dan terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan ilmu ini yang terus pesat tentunya tak terlepas dari peran para ilmuwan Muslim yang menciptakan berbagai karya hingga penemuan luar biasa. 

Beberapa tokoh Muslim senantiasa bekerja keras agar masyarakat dapat mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik. Dalam perkembangannya di dunia modern, hasil penelitian ilmuwan Muslim tersebut menjadi landasan dalam dunia medis.

Lalu apakah Ladies penasaran siapa saja ilmuwan Muslim yang berpengaruh dalam dunia medis? Simak artikel ini sampai habis ya.

1. Muhammad bin Zakariya Ar-Razi

Sosok ini adalah ilmuwan dari Iran yang hidup hingga 930 Masehi. Dia terkenal sebagai ilmuwan yang mendalami berbagai bidang mulai dari kimia, matematika, sastra, fisika, hingga kedokteran. Dari kecil, Ar-Razi memiliki banyak talenta hingga memutuskan untuk menekuni bidang “alkemi”.

Setelah melakukan berbagai eksperimen dan membuat matanya cacat. Ia lantas pergi mencari dokter yang bisa mengobati penglihatannya. Itulah awal ketertarikannya dengan bidang kedokteran. Dia lantas menjadi pelopor ilmu bedah saraf dan mata hingga saat ini.

2. Ibnu Al-Nafis

Dokter berkebangsaan Arab ini pernah menjelaskan mengenai sistem peredaran darah darah sebelum William Harver menemukan sirkulasi darah pada tahun 1616. Meski Al Nafis tidak secara lengkap menjelaskannya, ia berhasil menerangkan bahwa jantung memiliki dua bagian yang mampu mengalirkan dari lewar paru-paru. 

Selain itu, Al Nafis juga yang menganjurkan pembedahan untuk mempelajari anatomi dan fisiologi. Dia bahkan menggambarkan bagaimana pengamatan pada otak, struktur tulang, sistem saraf, kantong empedu dan lainnya. Wah, keren banget ya, Ladies.

3. Ibnu Sina

Ilmuwan selanjutnya bernama Ibnu Sina yang terkenal dengan sebutan Avicenna. Tak hanya menjadi seorang filsuf, dia bahkan berperan sebagai dokter modern Iran pada masanya. Ibu Sina menghasilkan buku yang berhubungan erat dengan ilmu kedokteran. 

Dari beberapa bukunya, ada satu buku yang paling terkenal yaitu Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran. Bahkan hingga saat ini buku tersebut masih digunakan oleh para dokter yang ingin mendalami ilmu tersebut.

4. Abul Qasim Az-Zahrawi

Abul Qasim Az-Zahrawi terkenal sebagai sosok yang berjaya di bidang kedokteran di abad pertengahan. Ia memiliki beberapa sebut seperti “Bapak Operasi Modern” dan Abulcasis. Ia juga menuliskan buku yang bertajuk Al Tasrif yang terdiri dari 30 jilid. 

Buku tersebut merupakan kumpulan materi tentang praktik kedokteran, diantaranya mengenai proses kelahiran anak dan gigi. Buku tersebut pada akhirnya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada abad ke-12 sehingga merupakan kitab yang penting di Benua Eropa. 

5. Abu Zaid al-Balkhi

Abu Zaid Al-Balkhi adalah pelopor kesehatan mental yang berasal dari Iran. Ia menuliskan buku berjudul Masalih Al Abdan Wa An Anfus yang menjelaskan hubungan penyakit tubuh dan jiwa. Bahkan ia berhasil mengelompokkan penyakit sarat kedalam 4 kondisi gangguan mental.

Mulai dari ketakutan, kegelisahan, amarah, depresi, obsesi, hingga gangguan pikiran, semua berhasil dijelaskan dengan baik oleh Al Bakhi. Bahkan ia juga sering memberikan kritik pada dokter-dokter dizamannya karena hanya fokus dalam penyembuhan penyakit secara fisik saja tanpa memperhatikan kondisi mental pasien. Wah, keren ya Ladies!

Nah, itulah 5 ilmuwan Muslim yang berperan besar di dunia kedokteran. Hebatnya, ilmu mereka hingga saat ini masih digunakan dalam dunia medis, loh. 

Baca Juga:

Inilah Keutamaan Puasa Muharram dalam Islam dan Niatnya

Muhasabah Diri, Cara Intropeksi Diri dalam Ajaran Islam

Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun Pernikahan Islami