5 Hadist tentang Derajat dan Kemuliaan Wanita dalam Islam

0
70

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Wanita adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang ditinggikan derajatnya dalam Islam. Itulah alasan wanita memiliki hak khusus yang mana ia harus dimuliakan. Selain dalam Al Quran, keistimewaan ini juga tercantum dalam dalam banyak hadits.

Berikut ini Ladies Corner bagikan informasi mengenai hadits tentang derajat dan kedudukan wanita dalam Islam. Semoga dengan mengetahui informasi ini, kita dapat mengamalkan ilmu kebaikan agar berkah, Ladies.

Kumpulan Hadist Derajat dan Kemuliaan Wanita Islam

1. Surga Berada di Telapak Kaki Ibu

Kalimat “surga berada di bawah telapak kaki ibu” bukanlah makna yang sebenarnya. Ungkapan tersebut adalah kiasan yang menandakan bahwa kita sebagai manusia diharuskan untuk memuliakan ibu. Sebab, ridha Allah akan datang dari adanya ridha yang diberikan oleh ibu. Sebagaimana sabda Nabi berikut:

«الْجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ الأمَّهَات؛ مَن شِئن أدخلن، ومَنْ شِئن أخْرَجن-.

Artinya: “Dari jalur Musa bin Muhammad bin ‘Atha’, dari Abu al-Malih, dari Maimun, dari Ibn ‘Abbas RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘Surga di bawah telapak kaki ibu. Siapa yang dikehendaki (diridhai) para ibu, mereka bisa memasukkannya (ke surga); siapa yang dikehendaki (tidak diridhai), mereka bisa mengeluarkannya (dari Surga).”

Dari hadist tersebut, maka perempuan memiliki kedudukan yang istimewa karena diberikan hak yang mulia sebagai seorang ibu.

2. Wanita Shalihah adalah Perhiasan Dunia

Wanita diciptakan Allah SWT disertai dengan segala keindahan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Keindahan itu juga tak hanya dinilai dari fisik semata, melainkan juga hati dan pemikiran. Sebagaimana isi dalam hadits berikut: 

لدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Artinya: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.” (HR: Muslim)

3. Wanita Boleh Memilih Surga dari Pintu yang Dikehendaki

Seorang wanita juga memiliki kedudukan istimewa lainnya yaitu \memiliki kebebasan masuk surga dari pintu mana pun, asalkan wanita tersebut adalah wanita shalihah. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist riwayat Ahmad:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا: ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya: “Apabila seorang istri menjaga shalatnya, puasa (Ramadhan)-nya, menjaga kehormatannya, dan taat pada suaminya, maka dikatakan kepada wanita tersebut, masuklah engkau ke Surga dari pintu mana pun yang engkau sukai.” [HR. Ahmad].

4. Wanita yang Shalihah Lebih Baik dari Bidadari Surga

Wanita juga memiliki kedudukan yang istimewa karena lebih baik dari bidadari yang ada di surga. Hal ini disebutkan sendiri oleh sabda Rasulullah. Beliau pernah bersabda bahwa:

“perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada bidadari surga 7.000 kali lipat.”

Pernyataan tersebut dipertegas oleh Ibnu Mubarok yang menyampaikan riwayat dari Hibban bin Abi Jabalah bahwa:

“Sesungguhnya wanita dunia yang masuk surga lebih unggul dibandingkan wanita surga, disebabkan amal yang mereka kerjakan sewaktu di dunia.”

5. Wanita Pemimpin Anggota Keluarga

Jika sebagian besar dari kita berpikir bahwa hanya laki-laki yang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin, maka itu adalah anggapan yang salah. Pasalnya sebagai manusia, kita semua memiliki hak atas memimpin diri kita sendiri, termasuk kaum perempuan. Seperti sabda Nabi dalam hadits berikut:

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).

Ladies, itulah penjelasan hadist tentang derajat dan kemuliaan wanita dalam Islam. Semoga kita bisa mengamalkan perbuatan baik dan selalu menunaikan ibadah demi mendapatkan keberkahan Allah SWT. 

Baca Juga:

Hadist Tentang Sabar Menurut Islam, Ketahui Keutamaannya

Ketahui Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh dan Tata Caranya

Ketahui 8 Keutamaan Sholat Witir dalam Ajaran Islam