5 Fakta Alat Musik Rebab, Musik Betawi yang Lestari Hingga Saat ini

0
95

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Ladies mungkin sering mendengar alat musik rebab, kan? Alat musik rebab, yang berasal dari Betawi, memang cukup terkenal di banyak kalangan.

Nah, kali ini Ladies Corner akan membahas fakta-fakta menarik dari alat musik rebab. Yuk, cek di bawah ini fakta apa saja yang baru Ladies ketahui!

1. Rebab memiliki banyak sebutan 

Alat-Musik-Rebab

Dikenal sebagai salah satu alat musik dari Betawi, rebab tenyata nggak cuma punya satu nama, loh! Alat musik ini juga dikenal sebagai rebap, rabab, rababah, dan al-rababa.

2. Menjadi alat musik tradisional dari banyak daerah

Alat-Musik-Rebab

Rebab merupakan salah satu alat musik tradisional Betawi. Alat musik ini sering digunakan dalam musik gambang kromong serta dijadikan sebagai pengiring pertunjukan wayang kulit dan wayang topeng Betawi hingga saat ini.

Tapi, ternyata rebab juga merupakan alat musik tradisional dari daerah lainnya, seperti Jawa, Kalimantan, hingga Melayu Riau. Nah, hal ini bisa terjadi karena penyebaran alat musik rebab pada awal masuk ke Indonesia.

Rebab berasal dari Arab yang dibawa oleh para pedagang Turki dan Asia Tengah ke Nusantara bersamaan dengan penyebaran agama Islam. Oleh karena itu, rebab tersebar di banyak daerah di Indonesia, sehingga bisa termasuk ke dalam berbagai kebudayaan daerah.

3. Merupakan nenek buyut dari biola dan cello

Alat-Musik-Rebab

Sebelum masuk ke Indonesia, rebab sudah lebih dahulu tersebar ke pusat kekhalifahan Islam di Cordoba. Seiring dengan penyebaran agama Islam ke Eropa Barat, rebab mulai masuk ke negara-negara di sana pada abad ke-VIII M. Di Eropa alat musik ini berkembang menjadi biola dan cello.

4. Setiap bagian dari alat musik rebab memiliki nama

Alat-Musik-Rebab

Fakta menarik lainnya dari alat musik rebab adalah setiap bagiannya memiliki nama sebagai berikut.

  • Wetangan

Wetangan adalah nama lain dari gagang rebab yang terbuat dari batangan kayu atau gading gajah. Bagian ini dijadikan sebagai tempat terikatnya senar atau dawai pada rebab. 

  • Bathokan atau Bokongan

Bathokan atau bokongan adalah sebutan untuk kotak resonasi yang terdapat pada rebab. Nama ini berasal dari jenis bahan pembuatannya, yaitu tempurung kelapa atau sering disebut sebagai batok kelapa. 

  • Sikilan

Sikilan adalah sebutan untuk bagian bawah atau bagian kaki dari Rebab. Bagian ini menjadi tumpuan dari bathokan.

  • Senggreng

Senggreng adalah sebutan untuk alat gesek Rebab. Sebagai alat musik kordofon, rebab dimainkan dengan cara digesek sehingga membutuhkan alat. Menariknya, senggreng umumnya terbuat dari bulu ekor kuda, loh!

5. Masih lestari hingga saat ini

Alat-Musik-Rebab

Alat musik tradisional rebab masih sering digunakan hingga saat ini. Sebagai bagian dari budaya Betawi, rebab masih sering dijadikan alat musik pengiring acara-acara kebudayaan. 

Di daerah Jawa Barat, rebab dimainkan untuk mengiringi sinden saat acara karawitan atau gamelan. Sedangkan di Melayu Riau, alat musik rebab sering dipakai dalam pertunjukan teatrikal “Makyong.”

Itu dia fakta-fakta menarik dari alat musik rebab yang merupakan budaya Betawi.. Mempelajari alat musik tradisional ternyata seru, kan, Ladies?

Baca Juga:

Mengenal Pakaian Adat Aceh Beserta Makna Filosofisnya

5 Daftar Makanan khas Betawi, Ada yang Langka dan Unik!

5 Jenis Pakaian Adat Kalimantan Timur, Sangat Eksotis dan Unik