5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam, Wajib Tahu

0
94

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Sejatinya, pengantin yang baru saja menikah tentu membutuhkan banyak doa agar kehidupan baru yang mereka jalani selalu disertai kebahagiaan. Doa-doa yang kita bacakan menjadi bentuk harapan kita kepada Allah SWT agar memberikan yang terbaik untuk mereka.

Nah, berikut ini Ladies Corner sudah merangkum sekumpulan doa untuk pengantin yang menikah secara islam. Simak sampai habis ya, Ladies.

1. Doa untuk Pengantin

Saat kita diundang ke pernikahan kerabat atau orang yang kita kenal, ada doa yang bisa dipanjatkan disela-sela kehadiran kita. Disebutkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau membaca doa:

Artinya: Barakallahu laka wa baarakaa ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoir

“Semoga Allah Swt. memberikan berkah kepadamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan kalian berdua pada kebaikan.”

2. Doa Agar Pernikahan Harmonis

Setiap pasangan pasti mengharapkan kehidupan pernikahan yang harmonis dan langgeng. Untuk itu, pengantin yang menikah secara islam bisa membaca doa surat Al-Kahfi ayat 10 agar pernikahannya senantiasa diberikan rasa harmonis dan ketentraman. 

Artinya: “Ya Allah, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu, dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.”

3. Doa agar Mendapatkan Keberkahan dalam Pernikahan

Keberkahan juga menjadi satu hal yang diharapkan oleh banyak pasangan yang menikah. Kehidupan yang berkah bisa mendatangkan kebahagiaan lain di dalam keluarga. Untuk itu, bacalah doa berikut:

‘Alal khair wal barokah, wa ‘ala khair tahir.

Artinya: ““Semoga pernikahan ini mendatangkan kemakmuran, berkah, serta membawa pertanda baik.”

4. Doa Memohon untuk Diberikan Keturunan

Bagi sebagian besar pasangan yang menikah, dikaruniai keturunan oleh Allah SWT menjadi kebahagiaan yang tidak bisa tertandingi oleh apa pun. Maka tidak heran kalau banyak pasangan yang sangat menginginkan keturunan dan memohon kepada Allah dengan bacaan doa-doa berikut:

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

 

Robbi hablii minash sholihin

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang-orang yang saleh.

5. Doa Berhubungan Intim

Islam mengatur seluruh aspek kehidupan kita di dunia, termasuk saat pasangan suami istri yang hendak berhubungan intim. Ada doa-doa yang harus dibaca saat berhubungan seksual. 

a. Doa sebelum berhubungan intim

Allahumma jannibna syaithana wa jannibi syaithana maa razaqna 

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Swt, ya Allah jauhkanlah kami dari gangguan setan dan jauhkanlah dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

b. Doa setelah keluar air mani

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

Allahummaj ‘alnuthfatna dzurriyyatan thayyibah

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang saleh.”

c. Doa setelah berhubungan intim

Alhamdulillahilladzi khalaqa minal maa i basyaraa

Artinya: “Segala puji bagi Allah Swt. yang telah menjadikan air mani ini menjadi keturunan.”

Itulah kumpulan doa untuk pengantin yang menikah secara Islam. Semoga para pengantin baru mendapatkan keberkahan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Baca Juga:

Hadist Tentang Sabar Menurut Islam, Ketahui Keutamaannya

Muhasabah Diri, Cara Intropeksi Diri dalam Ajaran Islam

Inilah Pengertian Ujub dan Bahayanya dalam Ajaran Islam