5 Desain Musala Minimalis Buat di Rumah, Dijamin Cantik dan Adem

0
136

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, sudahkah memiliki area musala di dalam rumah? Jika rumah yang dihuni tidaklah terlalu luas, menyediakan ruang khusus untuk beribadah memang jadi tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, kita butuh desain musala rumah yang serba minimalis dan tidak terlalu memakan banyak tempat.

Berikut beberapa rekomendasi desain musala minimalis yang dapat kita jadikan referensi. Siapa tahu setelah membaca ini, kita jadi mampu membuat satu ruangan baru untuk salat di rumah. Simak baik-baik ya!

Gunakan Warna Lembut

Memakai warna-warna lembut dalam interior musala rumah dapat membantu kekhusyukan beribadah. Warna lembut juga cocok untuk rumah minimalis yang tidak memakai banyak aksen atau motif. Selain itu, warna ini juga memberi kesan ruang musala tampak lebih luas dari aslinya.

Warna yang terang dan meneduhkan mata dapat menenangkan hati. Itulah yang kita butuhkan saat menunaikan ibadah salat. Oleh sebab itu, jangan ragu mengaplikasikan warna lembut sebagai warna wajib dalam desain musala rumah.

Dekat dengan Area Taman

Menyisihkan sedikit area kecil di dekat taman dapat menjadi solusi membuat musala di rumah. Sirkulasi udara musala di dekat taman dinilai baik dan memberikan kesejukan tersendiri. Aura ketenangan dalam beribadah pun dapat tercipta.

Selain itu, musala dekat taman juga cukup ramah bagi para tamu. Ruang musala terasa sedikit lebih luas ketika bisa langsung menikmati area taman di rumah. Desain ini sangat cocok bagi keluarga yang punya rumah minimalis.

Langit-Langit Tinggi

Trik lain untuk memberi kesan luas pada musala rumah adalah dengan memanfaatkan langit-langit tinggi. Musala dengan ruang terbatas dapat terasa lebih lapang dengan teknik ini. Apalagi jika tempat yang dijadikan musala bisa dikatakan minim ventilasi atau pencahayaan yang bagus.

Disarankan untuk memilih warna putih pada langit-langit. Makin tinggi ruangan, pantulan cahaya dari warna putih langit-langit pun dapat kian terang. Dengan begitu, area yang sebenarnya kurang cahaya pun tak lagi terlihat gelap dan sesak.

Manfaatkan Sisa Ruang

Bagi Ladies yang menghuni rumah tipe 36 atau 45 tentunya cukup sulit menentukan area musala di rumah. Tenang, kita masih bisa kok memanfaatkan ruang sisa yang cukup kecil dan menyulapnya jadi musala kecil.

Kita dapat memakai partisi sebagai penyekat antara musala dengan ruangan lain. Jangan beri banyak barang di dalam musala agar tidak terkesan sempit. Gunakan juga karpet motif minimalis untuk mempercantik musala.

Desain Instagramable

Meskipun area musala rumah tidak luas, bukan berarti kita tak bisa mempercantiknya. Coba berikan beberapa dekorasi yang menjadikan ruangan ini terlihat instagramable. Padukan warna serta dekorasi yang tepat agar dapat memberikan ketenangan secara visual.

Letakkan tanaman kecil di dekat musala ini agar terlihat lebih segar. Hindari pemberian interior berlebihan agar tidak terkesan sesak. Beri rak kecil sebagai tempat menyimpan sajadah ataupun mukena.

Nah, desain musala minimalis mana yang kira-kira paling cocok kita pakai di rumah? Semoga rekomendasi di atas bermanfaat ya!

Baca Juga:

8 Inspirasi Cat Rumah Minimalis, Bikin Rumah Tampak Menawan

Inspirasi Ide Kado Ulang Tahun untuk Sahabat yang Gemas!

10 Inspirasi Perpaduan Warna Cat Rumah yang Keren