5 Daftar Makanan khas Betawi, Ada yang Langka dan Unik!

0
54

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Masakan Betawi kerap kali mendapat banyak pujian karena rasanya yang enak, lezat, dan selalu bisa menggugah selera kita, Ladies. Masakan dari daerah ini tercipta dari akulturasi yang sangat beraneka ragam.

Oleh karena itu, kita perlu melestarikan dan menjaga makanan tradisional Betawi agar bertahan hingga ke generasi selanjutnya. Nah, buat Ladies yang belum tahu, kali ini Ladies Corner merangkut beberapa makanan tradisional khas Betawi dengan rasa yang enak.

1. Biji Ketapang Selalu Hadir Setiap Lebaran

Makanan-tradisional-khas-Betawi

Kue biji ketapang adalah cemilan yang biasa disajikan ketika lebaran. Di daerah Jakarta, kue ini bisanya terbuat dari tepung terigu yang sudah tercampur dengan kelapa muda, telur, dan gula.

Tak heran, jika saat digigit, kue ini akan terasa renyah, gurih, dan manis. Kue ini juga mudah dibuat sebab bahan-bahannya sanagt ekonomis dan mudah dicari di pasar tradisional. Makanan ini cocok banget jadi camilan di kala kumpul keluarga.

2. Nasi Uduk untuk Sarapan Pagi

Makanan-tradisional-khas-Betawi

Siapa yang tidak tahu makanan ini? Nasi uduk merupakan makanan khas betawi yang paling populer. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat makanan ini cocok disajikan untuk sarapan pagi.

Makanan tradisional Betawi ini terbuat dari beras putih yang dimasak menggunakan santan kelapa, garam, daun salam, dan daun serai. Biasanya untuk melengkapi nasi uduk, kita bisa menambahkan lauk pauk seperti tahu, tempe orek, telur, ayam goreng, dan lainnya. 

3. Bir Pletok yang Menyehatkan 

Makanan-tradisional-khas-Betawi

Meskipun dijuluki bir, namun faktanya minuman ini bukanlah bir sungguhan, Ladies. Bir pletok merupakan minuman sehat yang terbuat dari jahe, serai, gula merah, dan daun pandan wangi. Tambahan kayu secang juga menciptakan warna merah pada minuman ini, sehingga terlihat seperti bir. 

Minuman ini banyak khasiat, mulai dari menghangatkan tubuh dan melancarkan sistem peredaran darah kita, Ladies. Sayangnya, minuman ini sudah langka dan jarang ditemukan di warung biasa. Namun, Ladies tetap bisa menikmati membeli minuman in di pusat perbelanjaan oleh-oleh.

4. Bubur Ase Makanan Khas Betawi yang Unik

Makanan-tradisional-khas-Betawi

Makanan jadul dari tahun 1989 ini sering dicari oleh para penikmat kuliner sebab rasanya  memanjakan lidah dan mengenyangkan perut. Rasanya yang nikmat maka tidak heran jika makanan ini jadi favorit banyak orang. 

Bubur ini memiliki tampilan unik sebab berbeda dengan bubur lainnya. Perpaduan rasa manis, potongan daging, rasa gurih, serta renyahnya tauge membuatnya tidak terlupakan. Dilengkapi dengan emping dan kacang tanah goreng menambah tekstur renyah di balik kelembutan bubur Ase.

5. Sayur Besan untuk Acara Pernikahan

Makanan-tradisional-khas-Betawi

Sayuran ini biasanya tersedia dalam pesta pernikahan masyarakat Betawi. Proses pembuatannya pun unik yaitu dengan cara “ngenjot.” Dalam budaya Betawi, keluarga mempelai wanita akan mengantar beberapa barang termasuk sayur besan kepada keluarga mempelai laki-laki. 

Hal ini biasanya dilakukan sehari sebelum akad nikah dilaksanakan. Sayuran ini terbuat dari bunga tebu, jagung muda, soun, labu siam, dan sayur lainnya. Dilengkapi dengan santan dan daun bawang membuat sayur ini makin nikmat dan gurih.

Sayangnya, sayur besan ini harganya cukup mahal, Ladies. Hal ini karena bahan dasar utamanya adalah bunga tebu yang saat ini sulit ditemukan di Jakarta.

Demikian informasi singkat mengenai daftar makanan tradisional khas Betawi yang terkenal akan kenikmatannya. Bagi Ladies yang belum mengincipinya, jangan lupa untuk mampir dan mecoba hidangan tersebut dan rasakan keunikan di setiap suapannya. 

Baca Juga:

9 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Coba?

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Menu Makanan Sehat dan Simpel, Cocok Buat Kamu yang Belajar Memasak!