5 Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Islam, Tercantum dalam Al Quran

0
86

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ladies pasti sudah sering mendengar bahwa orang munafik adalah golongan orang yang tidak disukai Allah SWT. Dalam Islam, mereka termasuk golongan manusia yang derajatnya lebih rendah dari muslim biasa. Ada beberapa ciri orang munafik dalam Islam yang perlu Ladies tahu agar bisa menghindari orang seperti ini. 

Apa sajakan ciri-ciri orang munafik itu? Nah, kali ini Ladies Corner sudah merangkum ciri-ciri orang munafik dalam Islam. 

Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Islam

ciri-orang-munafik-dalam-islam

Ladies, dalam Islam, kita diajarkan untuk berhati-hati denan orang munafik. Hal ini karena sifat mereka yang dapat menyebabkan kerugian bagi orang sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya Ladies mengetahui ciri-ciri orang munafik serta hukumnya dalam Islam.

1. Pendusta

Ciri pertama orang munafik adalah pendusta. Orang munafik suka sekali berpura-pura, sehingga cenderung berbohong saat berbicara. Seperti yang sudah disebutkan dalam surat Al Munafiqun ayat 1 berikut:

ciri-orang-munafik-dalam-islamArtinya: “Apabila orang-orang munafik datang kepadamu (Muhammad), mereka berkata, “Kami mengakui, bahwa engkau adalah Rasul Allah.” Dan Allah mengetahui bahwa engkau benar-benar Rasul-Nya; dan Allah menyaksikan bahwa orang-orang munafik itu benar-benar pendusta.” (QS. Al Munafiqun: 1)

2. Sering ingkar janji, khianat, dan berbuat zalim

Tidak hanya berdusta saat berbicara, orang munafik juga sering ingkar terhadap perkataan dan janji-janjinya, bahkan perliaku ini bisa mengarah ke hal zalim. Sebagaimana yang tertuang dalam sebuah hadits riwayat Muslim, soal empat ciri-ciri orang munafik.

Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ciri-orang-munafik-dalam-islam

Artinya: “Ada empat tanda, jika seseorang memiliki empat tanda ini, maka ia disebut munafik tulen. Jika ia memiliki salah satu tandanya, maka dalam dirinya ada tanda kemunafikan sampai ia meninggalkan perilaku tersebut, yaitu: jika diberi amanat, khianat; jika berbicara, dusta; jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi; jika berselisih, dia akan berbuat zalim.” (HR. Muslim)

3. Malas beribadah

Ciri orang munafik dalam Islam selanjutnya adalah malas beribadah. Orang sangat jauh dari Allah SWT karena mereka memiliki ciri lainnya yaitu malas beribadah. Hal ini dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 142 sebagai berikut:

ciri-orang-munafik-dalam-islam

Artinya: “Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk salat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa: 142)

4. Sumpahnya palsu

Ciri orang munafik lainnya adalah mudah mengucap sumpah palsu atas nama Allah. Mereka berani mengucap sumpah tanpa memikirkan dosa atau akibat yang akan diterima. Sebagaimana yang tertera dalam surat Al-Munafiqun ayat 2 yang artinya:

“Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan.”

5. Suka mencela orang lain yang berbuat baik

Orang munafik juga memiliki ciri lainnya yaitu suka mencela orang yang berbuat kebaikan. Hal ini su5.dah disebutkan dalam surat At Taubah ayat 79:

ciri-orang-munafik-dalam-islam

Artinya: “(Orang munafik) yaitu mereka yang mencela orang-orang beriman yang memberikan sedekah dengan sukarela dan yang (mencela) orang-orang yang hanya memperoleh (untuk disedekahkan) sekedar kesanggupannya, maka orang-orang munafik itu menghina mereka. Allah akan membalas penghinaan mereka, dan mereka akan mendapat azab yang pedih.” (QS. At-Taubah: 79)

Nah, Ladies itulah ciri-ciri orang munafik dalam Islam. Semoga kita dijauhkan dari mereka yang bersikap buruk kepada kita. Selain itu, semoga Allah senantiasa melindungi kita agar dijauhkan dari sifat munafik.

Baca Juga:

Muhasabah Diri, Cara Intropeksi Diri dalam Ajaran Islam

Kumpulan Motto Hidup Islami, Bikin Hidup Jadi Bermakna

Amalan Perbuatan dan Doa Mempermudah Dagangan Cepat Laris