5 Cara Mudah Meruqyah Rumah yang Harus Segera Dicoba

0
58

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Jika kita sering merasa diikuti atau makhluk tak kasa mata di rumah, sebaiknya kita berhati-hati, Ladies. Sebab bisa jadi jin atau setan sedang bersarang di rumah kita. Sebagai solusinya, sebaiknya jika kita mencoba meruqyah rumah sesuai ajaran Islam. 

Sebenarnya, meruqyah rumah bisa kita lakukan secara mandiri tanpa harus memanggil ustad. Apalagi jika kita menggunakan jasa dukun, hal tersebut tentunya bertentangan dengan ajaran syariat Islam. Jika ingin meruqyah rumah sendiri, berikut 5 hal yang harus Ladies lakukan.

1. Rajin Membaca Alquran 

Cara-Merukiah-Rumah

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya,” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877).

Dalam hadits di atas, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW mengorelasikan rumah dan kuburan. Artinya, beliau memberikan perintah kepada kita agar tidak menjadikan rumah terasa seperti kuburan.

Hal itu berarti kita dianjurkan untuk rajin beribadah dan membaca ayat suci Alquran. Dengan begitu, rumah kita akan terlindungi dari makhluk astral, Ladies.

2. Rutin Beribadah sebagai Upaya Membersihkan Rumah

Cara-Merukiah-Rumah

Ibadah adalah kunci agar selalu merasa aman, nyaman, dan hidup dalam lindungan Allah SWT. Jika kita rajin ibadah, hidup kita akan dijauhkan dari godaan setan maupun jin yang ingin menjerumuskan ke dalam lembah dosa. Rutinlah beribadah mulai dari sholat, puasa, dan rajin mengaji agar mengusir kehadiran makhluk halus di rumah kita.

3. Membuang Benda-Benda yang Menyerupai Makhluk Hidup

Cara-Merukiah-Rumah

Dalam hadist Bukhari diriwayatkan:

“Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung serta gambar (yang bernyawa),” (HR. Bukhari).

Oleh karena itu, ketika hendak meruqyah rumah, alangkah baiknya kita juga membersihkan setiap sudut rumah dari gambar atau sesuatu yang memiliki nyawa. Misalnya seperti foto, poster, patung, boneka, dan lain-lain.

4. Membaca Doa ketika Masuk dan Keluar Rumah

cara-meruqyah-rumah

Kebiasaan membaca doa ketika hendak masuk dan keluar rumah dapat melindungi diri kita dari marabahaya. Dari Jabir bin Abdillah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

5. Jauhkah Rumah Kita dari Suara Alunan Musik

Cara-Merukiah-Rumah

Mendengarkan musik memanglah hal yang menyenangkan dan menghibur. Namun, akan lebih baik jika hal tersebut kita kurangi mulai sekarang. Hal ini karena Rasulullah SAW pernah menjelaskan jika alunan nada seperti bunyi lonceng adalah musik kesukaan jin. 

Sehingga inilah yang akan membuat malaikat enggan menyebarkan rahmat untuk mendekati rumah kita yang penuh alunan musik. Seperti yang dijelaskan dalam Hadis riwayat Thabrani:

“Sesungguhnya malaikat tidak akan menyertai rombongan yang di sana ada loncengnya,” (HR.Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, 1001).

Itulah cara meruqyah rumah untuk mengusir setan dan jin yang bisa kita lakukan sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa meminta pertolongan Allah SWT, sehingga kita dijauhkan dari gangguan makhluk yang ingin mengusik dan menggoda iman kita. 

Baca Juga:

Doa Meluluhkan Hati Seseorang, Mulai dari Arab, Latin, Hingga Artinya

Amalan Perbuatan dan Doa Mempermudah Dagangan Cepat Laris

Wajib Diamalkan! Ini Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab Beserta Latinnya