5 Cara Mudah Menentukan Ide Pokok Bacaan yang Benar

0
70

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Dalam membaca, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan loh, Ladies. Salah satunya adalah menentukan ide pokok bacaan. Dengan mengetahui ide pokok bacaan akan memudahkan Ladies dalam memahami suatu teks.

Lalu bagaimana sih cara menentukan ide pokok bacaan? Yuk, simak selengkapnya di sini, Ladies!

Apa itu Ide Pokok Bacaan?

cara-menentukan-ide-pokok-bacaan

Ide pokok bacaan, atau sering dikenal sebagai gagasan utama, adalah suatu ide atau gagasan yang menjadi topik pembahasan utama dari suatu bacaan. Ide pokok bacaan juga dianggap sebagai inti permasalahan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Dengan begitu, Ladies jadi tahu mengenai konteks yang sedang dibicarakan dalam suatu teks.

Ciri-Ciri Ide Pokok Bacaan

cara-menentukan-ide-pokok-bacaan

Sebelum menentukan ide pokok dari suatu bacaan, Ladies harus tahu apa saja ciri-cirinya. Agar kita bisa dengan cepat menentukan ide pokok bacaan, pastikan hal tersebut memenuhi syarat berikut ini ya:

  • Mengandung inti yang menjadi pembahasan bacaan
  • Memiliki topik bacaan yang dituliskan secara jelas di dalamnya
  • Berada pada satu kalimat utama
  • Diikuti oleh kalimat khusus atau kalimat penjelas yang mendukungnya
  • Dapat dengan mudah diidentifikasi sebagai pokok pembahasan

Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan?

cara-menentukan-ide-pokok-bacaan

Kalau Ladies sudah memahami ciri-ciri ide pokok bacaan, Ladies bisa mulai menentukan ide pokok bacaan tersebut dengan cara berikut ini.

1. Baca dengan Seksama Seluruh Paragraf dari Bacaan

Agar dapat mengetahui isi dari bacaan, bacalah seluruh paragraf dengan seksama. Dengan membaca dari awal hingga akhir, kita bisa menangkap topik apa yang dibahas di dalamnya.

Jangan lupa untuk membacanya dengan cermat, ya, Ladies! Pahami lebih dahulu apa yang penulis bahas pada keseluruhan bacaan.

2. Tentukan Jenis Paragraf dalam Bacaan

Untuk memudahkan para Ladies, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja jenis paragraf. Terdapat 3 jenis paragraf yang ditentukan dari letak kalimat utamanya:

  • Paragraf deduktif: paragraf yang memiliki kalimat utama di awal.
  • Paragraf induktif: paragraf yang memiliki kalimat utama di akhir.
  • Paragraf campuran: paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir.

Oleh karena itu, kita harus membaca ulang bacaan per paragraf untuk dapat menentukan jenis masing-masing paragrafnya.

3. Tandai Kalimat Utama dari Setiap Paragraf Bacaan

Jika sudah mengetahui jenis paragraf, Ladies bisa dengan mudah menentukan di mana letak kalimat utamanya. Pastikan Ladies memberikan tanda pada kalimat utama setiap paragraf bacaan agar dapat dicerna lebih cepat.

Nah, kalimat utama adalah kalimat yang mengandung pokok bahasan paragraf. Kalau masih bingung dalam menentukan kalimat utama, Ladies cukup mencari saja kalimat yang bersifat umum.

Biasanya, letak kalimat tersebut terletak di antara awal atau akhir kalimat, namun dapat juga ditemukan di keduanya. Biasanya, kalimat utama diikuti atau diawali dengan kalimat penjelas atau kalimat pengembang yang lebih spesifik.

4. Catat Hal Penting dari Setiap Kalimat Utama

Seperti yang sudah dijelaskan, ide pokok bacaan adalah dasar atau inti pembahasan dari bacaan itu sendiri. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah mencatat hal penting dengan mencari kata kunci di masing-masing paragraf.

Setelah itu, Ladies bisa menyimpulkan ide pokok yang dibahas dalam bacaan. Dari kumpulan kalimat utama, akan tergambar jelas inti apa yang dibahas secara berulang.

5. Baca Kembali Paragraf Bacaan untuk Memastikan

Setelah menemukan ide pokok bacaan, jangan malas untuk membaca ulang paragraf secara keseluruhan, ya! Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa ide pokok bacaan yang disimpulkan sudah benar dan sesuai dengan pembahasan bacaan dari awal.

Biasanya langkah ini sering terlewat, nih! Padahal membaca ulang bacaan bisa membantu Ladies untuk lebih memahami apakah ide pokok bacaan sudah sesuai atau masih keliru.

Nah, itu dia cara menentukan ide pokok suatu bacaan. Memang terlihat panjang, namun kalau Ladies selalu berlatih, pasti bisa menentukan ide pokok bacaan dengan mudah, loh!

Baca Juga:

6 Contoh Membuat Surat Penawaran Barang, Simak Cara Membuatnya

Wajib Tahu! Ini Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah