5 Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel, Simak Ulasan Berikut Ini!

0
18

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Menggunakan behel menjadi cara paling umum untuk merapikan gigi. Masalah gigi tidak rapi sering membuat banyak orang tidak percaya diri, terutama saat tersenyum. Namun, benarkah behel menjadi satu-satunya solusi dari masalah gigi ini, Ladies?

Ladies, ternyata ada cara lain buat merapikan gigi selain pakai behel, loh. Biar lebih jelas, coba kita simak ulasannya berikut ini ya. Siapa tahu Ladies sedang berencana merapikan gigi dalam waktu dekat! So, keep scrolling, Ladies!

1. Clear Aligner

Cara-Merapikan-Gigi-Tanpa-Behel

Buat Ladies yang kurang suka memakai behel karena terkesan repot, bisa menggunakan clear aligner sebagai solusi alternatif. Alat ini terbuat dari plastik berwarna bening dan sifatnya amat lentur. Cetakan yang ada pada clear aligner harus rutin diganti maksimal dua minggu sekali.

Clear aligner cukup fleksibel saat dipakai karena dapat kita lepas setiap makan ataupun menyikat gigi. Penggunaannya per hari bisa mencapai 20 hingga 22 jam. Hanya saja, clear aligner lebih cocok untuk susunan gigi tak rapi yang sifatnya ringan, seperti gigi yang agak renggang.

2. Dental Crown

Cara-Merapikan-Gigi-Tanpa-Behel

Cara merapikan gigi lainnya adalah menggunakan dental crown. Metode ini cocok untuk gigi retak, gigi patah, ataupun gigi berubah warna. Dental crown serupa dengan mahkota gigi tiruan yang tujuannya memperbaiki bentuk dan ukuran gigi.

Pemasangan dental crown awet 5 sampai 15 tahun, tetapi semua tergantung pemakaian setiap individu ya, Ladies. Jika seseorang jarang membersihkan gigi serta mulut, bisa dipastikan dental crown yang terpasang akan mudah rusak.

3. Veneer

Cara-Merapikan-Gigi-Tanpa-Behel

Merapikan gigi dengan metode veneer juga cukup populer buat banyak orang, terutama wanita. Selama ini orang mengira veneer dilakukan untuk estetika gigi saja, padahal metode ini juga membantu memperbaiki gigi yang berantakan, loh.

Hanya saja, veneer lebih cocok diaplikasikan pada kasus gigi tidak rapi yang ringan. Kerusakan gigi yang parah tidak disarankan menggunakan veneer ya, Ladies. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan veneer sebaiknya konsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk menjamin keamanannya.

4. Dental Contouring

Cara-Merapikan-Gigi-Tanpa-Behel

Dental contouring adalah cara merapikan gigi selanjutnya yang bisa kamu coba, loh. Metode ini dilakukan dengan mengikir enamel gigi sehingga permukaan gigi menjadi lebih halus. Alhasil, tampilan susunan gigi pun terlihat lebih rapi. 

Namun, penderita gigi sensitif sangat tidak disarankan melakukan prosedur dental contouring, Ladies. Pasalnya, dental contouring pada penderita gigi sensitif dapat menimbulkan kerusakan permanen yang lebih parah.

5. Dental Bonding

Cara-Merapikan-Gigi-Tanpa-Behel

Dental bonding cocok untuk merapikan gigi pada kasus gigi retak, berlubang, gigi tidak rata, atau berubah warna. Pemasangan resin pada gigi menggunakan warna sesuai dengan warna gigi asli.

Biaya untuk dental bonding jauh lebih murah dibandingkan prosedur veneer ataupun dental crown. Itu sebabnya banyak orang memilih cara ini sebagai solusi merapikan gigi.

Itulah beberapa langkah merapikan gigi tanpa prosedur behel. Ingat, perawatan yang tepat tentunya mesti kita konsultasikan ke dokter gigi terlebih dahulu ya, Lades!

iBaca Juga:

7 Rekomendasi Merek Susu Ibu Hamil, Supaya Janin Sehat!

Manfaat Citra Fresh Glow Multifunction Gel, Ampuh Bikin Kulit Sehat

5 Manfaat Daun Kemukus Papua dan Fakta Unik Sebenarnya