5 Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

0
63

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Doa adalah perantara komunikasi antara seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan berdoa, kita bisa menyampaikan segala keluh kesah, kesedihan, kebahagiaan, dan berbagai kisah hidup kita, Ladies. Doa juga memudahkan kita untuk memohon keselamatan orang lain kepada Tuhan.

Seorang hamba yang berdoa juga akan mendapatkan karunia, pertolongan, dan kemurahan dari sang Maha Kuasa. Kita juga dianjurkan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Nah, kali ini Ladies Corner akan membahas mengenai tata cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal. Langsung saja disimak ya, Ladies.

1. Mengucap Doa Ketika Mendengar Kabar Duka

Saat kita mendengar bahwa orang-orang terdekat kita meninggal dunia, tentu kita merasa sangat bersedih dan kehilangan. Namun, sebaiknya kita mendoakan mereka ketika pertama kali mendengar kabar tersebut, Ladies.

Segeralah menyebut nama Allah sang pemberi kehidupan dan kematian. Kita hanya perlu mengucapkan “innalillaahi wa inna ilaihi rojiuun” dan menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah dan kita semua akan kembali kepada-Nya.

2. Membaca Surat Al-Fatihah

Ada cara lain agar kita bisa mengirimkan doa kepada orang yang sudah meninggal dunia, yaitu dengan membacakan surat Al-Fatihah. Surat ini memiliki banyak keutamaan sehingga saat kita membacanya harus memiliki niat baik untuk mendoakan orang lain yang sudah tiada.

Seorang hamba membaca surat ini untuk mengajukan ampunan dan ganjaran bagi mereka yang didoakan. Hal ini lantaran dalam Al-Qur’an, manusia diperintahkan untuk mendoakan orang-orang yang sudah tiada di dunia ini.

3. Menyebut Nama Orang yang Sudah Tiada

Selanjutnya, jika ingin mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, sebaiknya kita menyebut nama almarhumah atau almarhum ketika sedang memanjatkan doa ya, Ladies. Hal ini lantaran agar doa-doa tersebut sampai kepada mereka.

4. Mendoakan yang Terbaik

Sebagai manusia yang akan kembali kepada Allah SWT, kita hendaknya mendoakan saudara kita dengan doa yang baik. Berikut doa yang bisa dipanjatkan:

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Artinya:”Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

5. Cara Mengirim Doa untuk Orang Tua

Jika kita ingin mendoakan kedua orang tua, pertama baca tahmid, taawudz, dan basmalah. Lalu membaca shalawat nabi dan menyebut nama kedua orang tua kita, selanjutnya ditutup dengan doa agar keduanya diberikan keselamatan di dunia dan akhirat.

Berikut doa untuk Ayah kita:

“Khushuushon ilaa ruuhi abii  (ucapkan namanya) bin  (ucapkan nama ayah dari ayah kita). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah,” lanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah.

Berikut doa untuk Ibu kita “Khushuushon ilaa ruuhi ummii (ucapkan namanya) binti (sebut nama ayah dari ibu kita). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.” Setelahnya dilanjutkan membaca surat Al-fatihah.

Itulah tata cara untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia. Semoga dengan mengetahui hal ini, kita bisa dengan mudah mendoakan mereka semua.

Baca Juga:

Amalan Perbuatan dan Doa Mempermudah Dagangan Cepat Laris

Wajib Tahu! 6 Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Wajib Diamalkan! Ini Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab Beserta Latinnya