5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami, Bisa Dicoba di Rumah

0
17

Penulis: Sabrina | Editor: Agnes

Ketombe dapat mengganggu penampilan dan aktivitas. Hal ini karena ketombe menimbulkan sensasi gatal dan panas di kulit kepala.

Pada dasarnya ketombe disebabkan oleh sejenis jamur yang disebut Malassezia yang tumbuh di kulit kepala, Ladies. Jamur ini menyebabkan kerusakan dan kekeringan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak yang bercampur dengan keringat, sel kulit mati, dan debu yang kemudian terakumulasi menjadi ketombe. 

Tapi kamu nggak usah khawatir karena ketombe bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami, loh! Penasaran? Simak cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Bisa dicoba di rumah, loh!

 1. Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe: Kulit Jeruk dan Minyak Serai

Cara-Menghilangkan-Ketombe-dengan-Bahan-Alami

Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah dengan menggunakan kulit jeruk dan minyak serai. Kulit jeruk mengandung kalsium, magnesium, vitamin A, dan serat makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala, Ladies. Sementara itu, minyak serai mengandung berbagai mineral yang membantu menyembuhkan malassezia furfur (jamur penyebab ketombe). 

Sebelum menggunakannya, cuci bersih kulit jeruk atau lemon. Jangan lupa untuk menuangkan satu sendok teh minyak serai lalu haluskan menggunakan blender hingga berbentuk pasta.

Oleskan pasta tersebut ke kulit kepala lalu diamkan hingga mengering selama 30 menit. Setelah itu, Ladies bisa keramas menggunakan sampo anti ketombe untuk menghilangkan sisa-sisa kulit jeruk di rambut.

2. Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe: Kuning Telur dan Kunyit

Cara-Menghilangkan-Ketombe-dengan-Bahan-Alami

Kuning telur mengandung biotin yang dapat membantu mengobati ketombe. Biotin merupakan vitamin yang dapat membantu merangsang produksi kolagen untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Supaya tidak bau amis, kamu bisa mencampurkan kuning telur dengan bubuk kunyit. Dengan menambahkan kunyit kamu dapat menambah khasiat dari kuning telur. Hal ini karena kunyit mengandung senyawa anti bakteri jahat di kulit kepala, Ladies.

Untuk menggunakannya, campurkan 1 butir kuning telur dengan 2 sendok makan bubuk kunyit. Aduk campuran bahan tersebut hingga seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala dan rambut sembari dipijat perlahan. Diamkan selama satu jam lalu bilas hingga benar-benar bersih. 

3. Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe: Teh Hijau

Cara-Menghilangkan-Ketombe-dengan-Bahan-Alami

Teh hijau mengandung antioksidan yang bersifat antijamur dan menutrisi kulit kepala Ladies. Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu dengan menyediakan dua kantong teh hijau lalu seduh dengan air panas. Diamkan selama 20 menit sampai suhu teh turun dan sari teh hijau keluar sempurna. Setelah dingin, tuang sari teh hijau ke dalam botol spray lalu semprotkan ke kulit kepala.

Selain itu, ampas kantong teh hijau juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya dengan membuka kantong teh hijau lalu ambil daun-daunnya. Aplikasikan daun-daun teh hijau ke kulit kepala lalu pijat perlahan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air mengalir.

4. Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe: Minyak Kelapa

Cara-Menghilangkan-Ketombe-dengan-Bahan-Alami

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang mampu melindungi rambut dari bahaya radikal bebas. Bahkan kandungan antioksidan dan asam lemak tak jenuh dalam minyak ini mampu menutrisi rambut hingga ke akarnya. Tidak hanya itu, minyak kelapa mengandung senyawa yang bersifat antibakteri sehingga mampu menekan pertumbuhan patogen di kulit kepala.

Sebelum keramas, Ladies bisa mengoleskan minyak kelapa dari kulit kepala hingga ujung rambut sembari dipijat. Setelah itu, diamkan selama 30-1 jam lalu bilas menggunakan shampoo seperti biasa. 

5. Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe: Pisang

Cara-Menghilangkan-Ketombe-dengan-Bahan-Alami

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan membuat masker pisang. Buah yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk menutrisi kulit kepala dan rambut. Selain itu, buah pisang mengandung senyawa yang bersifat antimikroba yang membantu membersihkan kulit kepala. 

Untuk menghilangkan ketombe, kamu hanya perlu menghaluskan buah pisang lalu tambahkan beberapa sendok minyak kelapa murni (VCO). Aduk kedua bahan hingga berbentuk seperti pasta.

Oleskan pasta pisang ke kulit kepala hingga ujung rambut lalu diamkan10 sampai 15 menit. Setelah itu, kamu bisa keramas seperti biasa dan bilas dengan air bersih.  

Itulah lima cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Jika Ladies sudah mencoba ramuan ini dan berhasil, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit kepala, ya.

Baca Juga:

8 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama dan Sehat

7 Warna Ombre Rambut yang Cocok Bagi Kulit Sawo Matang

Wajib Tahu! 7 Rekomendasi Vitamin untuk Mengatasi Rambut Rontok