5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Benar, Cukup di Rumah Aja!

0
51

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Karang gigi merupakan plak atau penumpukan sisa makanan serta minuman pada gigi. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat merusak gigi secara permanen. Jadi, sudah sewajarnya kita menghilangkan karang gigi untuk menjaga kesehatan gigi, Ladies.

Sebelum berkembang lebih parah, ada baiknya kita membiasakan diri membersihkan karang gigi sendiri di rumah. Berikut beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan, Ladies.

1. Menyikat Gigi Dua Kali dalam Satu Hari

Cara-Menghilangkan-Karang-Gigi

Sebenarnya cara paling mudah menghilangkan karang gigi adalah dengan rutin menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan setelah sarapan dan sebelum tidur. Saat menyikat gigi, usahakan menjangkau seluruh bagian gigi. Mulai dari bagian kanan, kiri, depan, dan belakang.

Perlu diperhatikan pula untuk menyikat dengan gerakan memutar atas dan bawah. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut. Jangan menyikat terlalu keras untuk mencegah kerusakan enamel gigi, Ladies.

2. Menyikat Lidah

Cara-Menghilangkan-Karang-Gigi

Dilansir dari HelloSehat, 50% bakteri dalam mulut ternyata berasal dari lidah, loh. Bakteri tersebut juga rentan menimbulkan karang gigi jika jumlahnya terlalu banyak. Nah, sudah sewajarnya kita juga menjaga kebersihan lidah dengan menyikatnya.

Gosok lidah perlahan dari pangkal paling dalam dan tarik ke depan. Ulangi gerakan ini sampai kita merasa lidah lebih bersih. Namun, jangan melakukan gerakan ini dengan menggosok bolak-balik ya, lakukan satu per satu secara perlahan, Ladies.

3. Menggunakan Obat Kumur

Cara-Menghilangkan-Karang-Gigi

Obat kumur dapat menjadi salah satu produk untuk menghilangkan karang gigi, loh. Produk ini dapat membantu membersihkan plak dan kotoran sisa makanan yang ada pada permukaan gigi. Selain itu, obat kumur memberikan aroma lebih segar pada napas kita.

Gunakan obat kumur setelah selesai menyikat gigi. Pastikan gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol dan sudah terdaftar BPOM agar lebih aman, Ladies.

4. Memakai Baking Soda

Cara-Menghilangkan-Karang-Gigi

Baking soda dapat membantu menghilangkan karang gigi tanpa harus merusak enamel gigi. Baking soda memiliki kandungan antimikroba yang membuatnya mampu mencegah kerusakan gigi. Selain itu, baking soda efektif menjaga gigi kehilangan kalsium.

Gosoklah gigi dengan baking soda saat menyikat gigi. Nah, buat yang masih ragu, sejauh ini baking soda dinilai aman kok dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara-Menghilangkan-Karang-Gigi

Makin banyak mengonsumsi air putih, makin besar pula produksi air liur dalam mulut kita. Air liur punya fungsi merontokkan karang gigi atau sisa-sisa makanan pada gigi. Pada air liur juga terdapat enzim yang bermanfaat melawan bakteri di mulut.

Air putih sendiri memang memiliki banyak kebaikan buat tubuh. Jadi, tidak ada salahnya rajin minum air putih dalam sehari. Sebisa mungkin penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan air putih tersebut.

Selain rajin menghilangkan karang gigi sendiri di rumah, jangan lupa tetap rutin kontrol ke dokter gigi tiap enam bulan sekali, Ladies. Ingat, rawat kesehatan gigi seperti kita menjaga kesehatan fisik dan mental kita!

Baca Juga:

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Propolis bagi Kesehatan dan Kecantikan!

Ternyata Ini 5 Penyebab Bibir Hitam yang Jarang Diketahui

Baik untuk Kesehatan, Ini Dia 5 Manfaat Bawang Merah yang Super Ajaib!