5 Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris, Praktis Dilakukan

0
80

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Saat layar HP bergaris, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis. Panik dan sedih itu pasti, tapi harus tetap berpikir logis, biar tahu apa penyebab layar HP bergaris dan bagaimana cara mengatasinya.

Umumnya, garis pada layar HP bisa horizontal atau vertikal saja, namun tidak menutup kemungkinan bisa keduanya. Untuk itulah kita wajib tau cara atasi layar hp bergaris dengan 5 langkah praktis berikut ini.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Cara-Mengatasi-Layar-Hp-Bergaris

1. Restart HP

Jika layar HP bergaris karena ada sistem yang eror atau habis rooting, cobalah untuk melakukan restart HP kemudian masuk ke safe mode. Safe mode ini berfungsi untuk membantu kita melacak dan menemukan masalah-masalah pada sistem operasi. Adapun langkah-langkah melakukan restart-nya:

  • Tekan tombol power pada HP Ladies sampai ada pop up di layar.
  • Tekan lagi lalu tahan tombol power off hingga pop up lain muncul.
  • Klik OK untuk mulai melakukan root HP dan  mengaktifkan fitur safe mode.

Jika langkah ini tidak membuat Ladies menemukan safe mode, coba cari di web resmi HP Ladies untuk mengetahui cara mengaktifkan safe mode.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Bagi pengguna Android, Ladies dapat mengatasi layar HP bergaris dengan mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengunduh Dead Pixels Test and Fix, yang dapat mendeteksi jika ada pixel yang rusak. Cara menggunakan aplikasi ini sebagai berikut:

  • Segera unduh aplikasi Dead Pixels Test and Fix di Play Store.
  • Buka aplikasi, lalu klik Check Dead Pixels and Fix Dead Pixels agar aplikasi mulai mengecek sekaligus memperbaiki jika ada pixel di HP yang rusak.

Jika benar ada pixel di layar HP yang rusak, aplikasi akan mulai bekerja dengan menghilangkan titik-titik yang menjadi garis pada layar sampai semua teratasi dan berhasil diperbaiki.

3. Keringkan HP

Meskipun HP terkini diklaim tahan air, nyatanya beberapa kondisi tertentu tetap menyebabkan kayar HP tetap rusak, loh. Untuk itu Ladies perlu siaga untuk mengeringkan layar dan socket pada HP jika HP terendam air dengan hair dryer.

Bila layar HP masih bergaris karena terendam air meskipun telah dikeringkan, bisa coba lakukan langkah berikut:

  • Matikan HP lalu lepas casing belakang HP.
  • Timbun HP ke dalam wadah berisi beras secukupnya selama 2 sampai dengan 3 hari.
  • Kemudian pasang kembali casing HP dan nyalakan untuk mengecek apakah layar HP masih bergaris atau tidak.

4. Matikan Show Pointer Location

Opsi developer atau opsi pengembang ini adalah laman yang dapat Ladies gunakan untuk mengatur settingan HP lebih lengkap dan terperinci. Di sinilah ada pengaturan Show Pointer Location yang dapat dimatikan untuk  membantu menghilangkan garis pada layar HP.

Langkah-langkah yang harus Ladies lakukan:

  • Buka menu Settings/Pengaturan dan scroll ke bawah hingga menemukan opsi About/Tentang, lalu klik.
  • Cari Nomor Bentukan dan klik beberapa kali hingga muncul pesan Anda telah jadi pengembang.
  • Tekan tombol Back/Kembali, lalu buka menu Opsi Pengembang dan nonaktifkan opsi Tampilan Petunjuk.
  • Selesai! Garis-garis pada layar HP akan menghilang.

Perlu diingat, garis yang dapat dihilangkan dengan cara ini adalah garis putih, vertikal, horizontal. Sementara itu, warna-warni ataupun garis-garis lainnya yang disebabkan oleh eror pada sistem HP, tidak dapat diperbaiki dengan cara ini. Jadi, Ladies bisa servis HP ke counter pusat.

5. Ganti LCD

Jika semua cara di atas telah Ladies lakukan namun layar HP tetap bergaris, berarti kerusakan ada pada hardware. Cara satu-satunya adalah membawanya ke tukang servis untuk mengganti layar.

Sebaiknya lakukan survei terlebih dulu, karena harga penggantian layar LCD beragam dan terkadang bisa cukup mahal. Bahkan terkadang harganya sebanding dengan harga HP baru dengan spek yang tidak kalah oke.

Semoga terbantu ya Ladies dengan penjelasan lima cara atasi layar hp bergaris ini. Tetap harus hati-hati, supaya HP tetap berada dalam kondisi terbaik.

Baca Juga:

Cara Menghubungkan HP ke TV Mudah & Lengkap, Nggak Ribet!

Nggak Usah Panik! Begini Cara Mengatasi Hp Disadap

Sstt! Begini Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan