5 Cara Mengatasi Biang Keringat Biar Nggak Ganggu Aktivitas

0
49

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Biang keringat merupakan kondisi munculnya ruam kecil berwarna kemerahan yang menimbulkan gatal pada kulit. Hal ini disebabkan adanya penyumbatan pada kelenjar keringat. Pada umumnya, biang keringat memang lebih rentan dialami bayi, tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa merasakannya.

Biang keringat biasanya menimbulkan rasa gatal dengan sensasi panas. Selain itu, ruam biang keringat juga bisa bertambah luas jika kebersihannya tidak terjaga. Untuk mengatasi kondisi ini, berikut lima cara mengatasi biang keringat yang bisa dilakukan di rumah. Simak sampai habis ya, Ladies!

1. Pakai Kompres Dingin

Cara-Mengatasi-Biang-Keringat

Cara mudah yang dapat dilakukan ketika muncul biang keringat adalah dengan mengompres area tersebut menggunakan es atau air dingin. Namun, sebelum mengompres, pastikan kain yang digunakan sudah bersih dan steril, Ladies. 

Letakkan kain yang sudah dibasahi ke area yang mengalami biang keringat. Setelah itu, diamkan selama sepuluh menit. Cara ini cukup efektif mengurangi ruam berlebih dan mencegahnya agat tidak bertambah parah. 

2. Pemberian Calamine

Cara-Mengatasi-Biang-Keringat

Untuk meredakan rasa gatal, biasanya dokter akan menyarankan penderita biang keringat mengoleskan calamine pada area ruam. Calamine sendiri berbentuk lotion dan salep yang mudah diaplikasikan ke kulit.

Sebelum mengoleskan ke area yang kena ruam, kita harus mengocok kemasannya terlebih dahulu. Setelah itu, keluarkan lotion secukupnya pada kapas bersih. Setelah itu, oleskan perlahan pada area kulit yang mengalami ruam, lalu biarkan lotion tersebut mengering.

3. Memakai Pakaian yang Tidak Terlalu Ketat

Cara-Mengatasi-Biang-Keringat

Ladies, menggunakan pakaian ketat dapat menyebabkan kelenjar keringat tersumbat, sehingga bakteri mudah menempel pada kulit. Akhirnya, kulit mengalami iritasi lalu muncul ruam biang keringat. Oleh karena itu, untuk mengurangi dan mencegah biang keringat, sebaiknya kita memilih pakaian yang longgar.

Pakaian longgar membuat sirkulasi udara lancar, sehingga keringat tubuh cepat kering, sehingga bakteri tidak menempel pada kulit. Hal ini sangat penting dilakukan terutama bagi orang-orang yang padat aktivitias dan mudah berkeringat saat kondisi panas.

4. Obat Steroid Oles

Cara-Mengatasi-Biang-Keringat

Selain calamine, kita juga bisa menggunakan obat steroid oles untuk mengatasi biang keringat. Obat ini mengandung seyawa yang bersifat anti inflamasi yang efektif mengurangi kemerahan pada kulit. Namun, penggunaan obat ini harus berada di bawah pengawasan dokter, Ladies.

Salah satu jenis obat steroid yang umum digunakan untuk mengatasi ruam biang keringat adalah hidrokortison. Oleskan obat ini dengan tipis pada area yang ruam, lalu ulangi satu hingga dua kali sehari.

5. Gunakan Gel Lidah Buaya

Cara-Mengatasi-Biang-Keringat

Selain menggunakan obat oles, Ladies juga bisa menggunakan bahan alami untuk meredakan ruam biang keringat. Salah satu bahan alami yang efektif mengatasi biang keringat adalah lidah buaya.

Lidah buaya memberikan efek sejuk pada area yang gatal. Selain itu, lidah buaya mengandung senyawa antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi kulit.

Untuk menggunakannya, kita dapat mengambil daging lidah buaya lalu menghaluskannya. Setelah itu, oleskan pada area yang terkena biang keringat. Jika ingin lebih praktis, Ladies bisa menggunakan gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Namun, pastikan produk tersebut tidak mengandung ppewangi dan alkohol tambahan ya. 

Itulah lima cara mengatasi biang keringat yang bisa Ladies lakukan di rumah. Bagaimana pun juga, akan jauh lebih aman jika mengatasi biang keringat dengan rekomendasi yang tepat dari dokter.

Baca Juga:

6 Cara Mengencangkan Miss V Secara Alami, Simak Yuk Ladies!

Nggak Perlu Operasi, Ini Cara Menghilangkan Ambeien Secara Alami

5 Penyebab Bintik Merah pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya